.

Kamis, 30 April 2020

Menanggulangi COVID-19

Menanggulangi COVID-19


COVID-19 atau yang sering disebut Virus Corona, adalah Virus mematikan dari keluarga corona, COVID-19 pertama kali muncul di Wuhan China pada desember 2019 akhir. Virus ini dianggap mematikan karena penyebaran Virus ini dari satu manusia ke manusia lainnya sangatlah mudah dan efeknya dapat menyebabkan kematian, gejala seseorang tekena Virus ini adalah antara lain Demam tinggi yang sangat tiba-tiba, sesak napas, badan letih lesu sepanjang hari, bahkan ciri ciri yang paling baru adalah sesorang yang terkena Virus ini adalah Kulit memerah dan gatal gatal. Sejak munculnya kasus pertama dari penyakit ini, Sampai sekarang seluruh dunia mengalami penyeberan yang terus meningkat dari hari ke hari, begitu juga di Indonesia, penyebaran di Indonesia sendiri dimulai pada awal maret pada tahun 2020 ini, dan tentu saja, tidak lama kemudian kasus terus bertambah dan berkembang pesat. 

Menurut data yang dilaporkan pada laman data Johns Hopkins University, Indonesia merupakan negara yang memliki fatality-rate atau tingkat kematian yang sangat menjulang tinggi, bahkan presentase kematian yang dimiliki oleh Indonesia merpukan presentasi tertinggi di negara ASEAN sebesar 8.78% dari total kasus sebesar 5923 kasus yang terkonfirmasi (diakses pada : 4/17/2020 10:38:19 p.m.). Kematian yang tinggi ini disebabkan juga dari sisi pasien tersebut yang memiliki penyakit kronis dan untuk penyebarannya salah satunya adalah pasien yang tidak jujur terhadap penyakit tersebut,  itulah kenapa Indonesia memiliki tingkat kematian yang sangat tergolong tinggi. 

Menurut saya cara untuk meminimalisir angka positif COVID-19 di Indonesia ada beberapa cara, yang pertama adalah untuk tidak keluar rumah dan berinteraksi dengan orang sekitar dengan jarak yang dekat, yang kedua karakteristik Virus ini adalah mudah sekali mati ketika kita memakai sabun, jadi diwajibkan untuk mencuci tangan setiap saat, yang ketiga adalah, jaga daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi multivitamin serta makanan yang matang dan sehat.Pemerintah saat ini sudah memberlakukan hamper seluruh masyarakat Indonesia agar mereka bekerja dari rumah, guna meminimalisir penyebaran Virus ini. Cara penyebaran Virus ini sangat berkaitan pada kehidupan manusia saat ini, yaitu dengan berjabat tangan, menyentuh benda yang sebelumnya sudah ada virus yang menempel Ketika seseorang bersin atau batuk, lalu mereka dengan tidak sengaja menyentuh mata, hidung atau mulut mereka, yang menyebabkan virus masuk lewat 3 faktor itu, Menurut WHO (World Health Organization) jika seseorang mengalami tanda-tanda terjangkit virus ini, disarankan untuk langsung mengunjungi dokter, atau untuk mengkarantina diri selama 14 hari, karena Virus ini tidak akan bertahan lama di tubuh manusia dan hanya akan tinggal selama 14 hari di tubuh manusia.

Daftar Pustaka :

Admin Website ALMI, 2020. OVERLOOKED FACTS BEHIND INDONESIA’S HIGH COVID-19 DEATH RATE. ALMI

Graham Readfearn, 2020, How did coronavirus start and where did it come from? Was it really Wuhan’s animal market?, The Guardian

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.