.

Selasa, 26 Maret 2019

Musik bagi Ibu Hamil


Ditulis oleh Muhammad Fachri Indrianto.

Assalamualaikum wr.wb. bagaimana kabar para pembaca sekalian. Sehat sehat ya pastinya, aamiin. Kali ini saya akan membahas tentang Manfaat Musik bagi Janin.
Para pembaca pastinya sering banget kan dengerin musik, kalo  saya sendiri musik udah jadi salah satu kebutuhan sehari hari banget. Rasanya tuh tanpa music sehari aja rasanya gelap banget hari hari berlalu. Biasanya sih saya mendegarkan musik ketika berangkat ke kampus, pas belajar, makan, bahkan saat baru bangun tidur, udah seperti temen deh, kemana mana harus ada. Nah, tapi kalian para pembaca tau gak sih manfaat music selain bikin hari hari kita lebih berwarna? Mugkin para pembaca belum tahu ya kalau music sangat bermanfaat bagi ibu yang sedang mengandung janin di rahimnya. Mau tahu kenapa kok bisa music ermanfaat bagi ibu mengandung? Yuk kita Rundown satu persatu.

-          Musik
Sebelum kita membahas bagaimana bisa musik berpengaruh bagi ibu yang sedang mengandung, kita harus tahu dulu apa itu pengertian music terlebih dahulu. Secara umum, musik adalah suara yang mengandung irama, lagu, dan keharmonisan yang di hasilkan dari alat / benda yang mengeluarkan nada dan irama. Musik menurut para ahli “ilmu pengetahuan serta seni mengenai kombinasi ritmik dan beberapa nada, baik vokal ataupun instrumental yang mencangkup melodi serta harmoni sebagai ekspresi dari segala sesuatu hal yang menginginkan diungkapkan terlebih dalam segi emosional.” – David Ewen.
Menurut Adjie Esa Poetra “ musik adalah sebuah bunyi yang teratur, bukan saja bersifat moral normatif, melainkan juga diakui selaras yang berdasarkan penghitungan para ahli ilmu fisika “. Bagaimana, udah kebayang belum kenapa musik berperan dalam kehamilan? Kalua belum yuk kit lanjut bahasan kita.

-          Musik Bagi Ibu Mengandung
Di zaman yang sudah semakin maju ini banyak sekali ibu yang sedang mengandung janin menggunakan musik sebagai salah cara mereka merelaksasikan diri dan juga ada juga beberapa yang menggunakanya sebagai terapi pada saat masa kehamilan. Karena menurut beberapa riset musik bisa meningkatkan kecerdasan anak, meningkatkan daya ingat, dan ada beberapa juga yang bilang musik bisa anak yang ada di dalam kandungan pintar dalam hitung-hitungan.
Guru besar fakultas psikologi Universitas Indonesia, Bapak Dr. Utami Munandar mengatakan “ mengatakan ada tiga jenis stimulus yang bisa dilakukan ibu hamil untuk janinnya: Pertama, stimulus fisik-motorik yang dilakukan melalui mengelus-elus perutnya. Kedua, stimulus kognitif yang dilakukan melalui bercerita dan berbicara dengan janin. Ketiga, stimulus afektif dengan menyentuh perasaan anak.” Menurutnya musik klasik adalah bagian dari Stimulus tersebut.
Para ahli di Jepang, AS dan negara-negara Eropa meyakini bahwa musik klasik akan merangsang perkembangan sel-sel otak janin.” - Alexander Haryanto - 14 Agustus 2018
Jadi tidak bisa kita ragukan lagi bahwa musik memang benar benar bisa membantu proses berkembang si janin dalam hal kecerdasan dan daya ingat nantinya. Biasanya para ibu di sarankan mendengarkan musik klasik terutama karya dari seorang legendaris musik Mozart sebagai terapi saat mengandung janin. Maka dari itu ada yang dinamakan “Mozart Effect”.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh sebuah kelompok di University of California itu menunjukkan mahasiswa yang mendengarkan Mozart selama beberapa menit sebelum melakukan tes terlihat lebih baik dari mereka yang tidak mendengarkan Mozart.” – the telegraph.

Nah, udah terbukti bahwa music sangat berpengaruh bagi ibu mengandung, terutama ketika mendengarkan music klasik yang bisa membantu tumbuh kembang janin dalam hal kecerdasan dan daya ingat. Sekian topik pembahasan saya kali ini. Mohon maaf jika terselip kata kata yangmenyinggung.
Wassalamualaikum wr.wb.

Daftar Pustaka
-          David Ewen, Pengertian Musik. Dalam : https://www.zonareferensi.com/pengertian-musik/
-          Adjie Esa Poetra, Defini Musik menurut para Ahli. Dalam : https://www.zonareferensi.com/pengertian-musik/
-          Dr. Utami Munandar, Musik bagi Ibu Hamil. Dalam : https://tirto.id/benarkah-musik-klasik-bermanfaat-untuk-ibu-hamil-cSq2
-          Alexander Haryanto, 14 Agustus 2018, Musik untuk rangsangan sel sel otak janin. Dalam : https://tirto.id/benarkah-musik-klasik-bermanfaat-untuk-ibu-hamil-cSq2
-          The Telegraph, Penelitian lagu karya Mozart. Dalam : https://tirto.id/benarkah-musik-klasik-bermanfaat-untuk-ibu-hamil-cSq2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.