PERKEMBANGAN
LOGO DALAM ERA 4.0
Perencaan untuk
membuka suatu usaha atau bisnis memang bukan masalah yang mudah.
Banyak
faktor-faktor yang sangat mempengaruhi mulai dari perkembangan teknologi dan
persaingan pasar yang kian ramai. Ramai nya pelaku-pelaku usaha atau usahawan, memaksa kita untuk melakukan inovasi dan kreatifitas dalam
segala bidang yang ingin di
geluti. Mengetahui banyak referensi merupakan
hal yang wajib untuk di lakukan sehingga produk dapat terus berinovasi dan
berkembang.
Untuk
mengetahui pasar, kita dapat mengenali
kompetitor hingga menilai potensi pasar.
Menurut
Soelarko dan kawan-kawan di dalam bukunya yang berjudul How to They Think, logo
adalah sebuah tanda yang secara langsung memang tidak menjual. Namun memberikan
sebuah identitas, di mana akhirnya menjadi alat pemasaran yang signifikan.
Identitas produk merupakan sebuah keterangan atau adanya gambaran data mengenai
produk yang dihasilkan. Keterangan yang dimaksud adalah dari segi visual maupun
non visual, yang ditampilkan oleh produk itu sendiri. Misalnya saja sebuah
produk minuman kemasan seperti lah Fanta, Sprite dan lain-lain, maka yang dimaksud dengan
identitas produk dari minuman kemasan tersebut adalah, bentuk botol, warna
botol, aneka tulisan dalam botol, logo dan merek dari produk itu sendiri.
Dengan adanya identitas seperti ini, maka orang akan jauh lebih
mudah mengenal produk
tersebut.
Dengan adanya logo, dapat membantu kita dalam membedakan sebuah jasa atau produk dari kompetitornya.
Secara menyeluruh bisa memunculkan citra positif dan dapat dipercaya bagi calon
target pasar ketika membeli produk terebut.
Pada saat ini sangat terlihat jelas pada bidang fashion
seperi beberapa merek desainer terkemuka Supreme yang hanya memakai logo font bertuliskan “Supreme“ pada setiap produk dan kemasan produk serta mampu menaikan
gengsi dari para pemakainya dan di kenal sebagai brand yang ekslusif. Semuanya ini dikarenakan oleh kebiasaan manusia yang lebih
mudah untuk mengingat sebuah gambar atau simbol dalam mengenali sesuatu yang
baru.
Bagi para perusahaan yang telah
menyadari pentingnya logo dalam kemasan produk untuk tujuan memudahkan pemasaran
maka perusahaan tersebut menjadi logo mereka sebagai salah satu media promosi
untuk mengenalkan brand perusahaan kepada konsumen dan calon konsumen.
- Logo mudah diingat oleh target market
- Logo harus berbeda dari para pesaing
- Logo harus bersifat abadi atau lama berubah
- Logo mudah diaplikasikan pada media yang akan dipakai pada kemasan
Jika materi
tentang logo sudah faham dapat melanjutkan pada proses pembuatan branding
Berkaitan dengan teknologi saat ini dalam proses produksi brand pada saat ini
software-software seperti software Corel draw, Adobe photohop, Adobe
illustrator sudah sangat support dan mendukung dalam pembetukan sebuah logo dan
brand identity lainnya. Mengkutip dari wikipedia arti dari Industri
4.0 adalah nama tren
otomasi dan pertukaran data terkini
dalam teknologi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.