.

Selasa, 12 Maret 2019

PERKEMBANGAN LOGO DALAM ERA 4.0




PERKEMBANGAN LOGO DALAM ERA 4.0

Perencaan untuk membuka suatu usaha atau bisnis memang bukan masalah yang mudah.
Banyak faktor-faktor yang sangat mempengaruhi mulai dari perkembangan teknologi dan persaingan pasar yang kian ramai. Ramai nya pelaku-pelaku usaha atau usahawan, memaksa kita untuk melakukan inovasi dan kreatifitas dalam segala bidang yang ingin di geluti. Mengetahui banyak referensi merupakan hal yang wajib untuk di lakukan sehingga produk dapat terus berinovasi dan berkembang.

Untuk mengetahui pasar, kita dapat mengenali kompetitor hingga menilai potensi pasar.
Menurut Soelarko dan kawan-kawan di dalam bukunya yang berjudul How to They Think, logo adalah sebuah tanda yang secara langsung memang tidak menjual. Namun memberikan sebuah identitas, di mana akhirnya menjadi alat pemasaran yang signifikan.

Identitas produk merupakan sebuah keterangan atau adanya gambaran data mengenai produk yang dihasilkan. Keterangan yang dimaksud adalah dari segi visual maupun non visual, yang ditampilkan oleh produk itu sendiri. Misalnya saja sebuah produk minuman kemasan seperti lah Fanta, Sprite dan lain-lain, maka yang dimaksud dengan identitas produk dari minuman kemasan tersebut adalah, bentuk botol, warna botol, aneka tulisan dalam botol, logo dan merek dari produk itu sendiri. Dengan adanya identitas seperti ini, maka orang akan jauh lebih mudah mengenal produk tersebut. 
Dengan adanya logo, dapat membantu kita dalam membedakan sebuah jasa atau produk dari kompetitornya. Secara menyeluruh bisa memunculkan citra positif dan dapat dipercaya bagi calon target pasar ketika membeli produk terebut.
Pada saat ini sangat terlihat jelas pada bidang fashion seperi beberapa merek desainer terkemuka Supreme yang hanya memakai logo font bertuliskan “Supreme“ pada setiap produk dan kemasan produk serta mampu menaikan gengsi dari para pemakainya dan di kenal sebagai brand yang ekslusif. Semuanya ini dikarenakan oleh kebiasaan manusia yang lebih mudah untuk mengingat sebuah gambar atau simbol dalam mengenali sesuatu yang baru.
Bagi para perusahaan yang telah menyadari pentingnya logo dalam kemasan produk untuk tujuan memudahkan pemasaran maka perusahaan tersebut menjadi logo mereka sebagai salah satu media promosi untuk mengenalkan brand perusahaan kepada konsumen dan calon konsumen.
  1. Logo mudah diingat oleh target market
  2. Logo harus berbeda dari para pesaing
  3. Logo harus bersifat abadi atau lama berubah
  4. Logo mudah diaplikasikan pada media yang akan dipakai pada kemasan
Jika materi tentang logo sudah faham dapat melanjutkan pada proses pembuatan branding Berkaitan dengan teknologi saat ini dalam proses produksi brand pada saat ini software-software seperti software Corel draw, Adobe photohop, Adobe illustrator sudah sangat support dan mendukung dalam pembetukan sebuah logo dan brand identity lainnya. Mengkutip dari wikipedia arti dari Industri 4.0 adalah nama tren otomasi dan pertukaran data terkini dalam teknologi.

Di era teknologi yang sangat maju ini Para pelaku usaha sekarang harus memanfaatkan sosial media dalam proses marketing karena hampir pada saat ini setiap manusia memiliki gadget yang di mana setiap gadget memiliki sosial media yang setiap hari di akses, mengkutip dari stucel.com Lebih dari 79.000.000 orang di Indonesia adalah pengguna aktif sosial media. 


Web

Jurnal
Yenata, Herawati. 2011. Pengaruh Tingkat Ketertarikan pada Desain Logo dan Nama Merek Terhadap Brand Image https://core.ac.uk/download/pdf/35389457.pdf?repositoryId=886

Buku
Soelarko, 2011, How to They Think



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.