.

Sabtu, 30 Maret 2019

Sistem Informasi Manufaktur


Sistem Informasi Manufaktur
Image result for sistem informasi manufaktur
Sistem Informasi adalah sebuah sistem yang mengumpulkan, mengolah, menyimpan, menganalisis data, dan menyebarkan informasi untuk tujuan tertentu (Rainer, Turban, dan porter,2003). O’Brien (2005) menjelaskan bahwa sistem informasi adalah kombinasi yang terorganisir dari orang , perangkat keras, perangkat lunak, jaringan komunikasi dan sumber data dalam mengumpulkan, mengolah, dan menyebarkan informasi dalam suatu organisasi. UK Academy of Information System (UKAIS) mendefinisikan sistem informasi sebagai suatu alat yang digunakan orang dan organisasi untuk mengumpulak , mengolah, menyimpan dan menyebarkan informasi dengan dukungan teknologi (Ward,2002). 
Manufaktur merupakan sebuah proses merubah bahan baku menjadi suatu produk. Proses ini meliputi perancanggan produk, pemilihan material dan tahap tahap proses dimana produk tersebut akan dibuat. Definisi Manufaktur sendiri secara umum adalah suatu aktifitas yang kompleks yang melibatkan berbagai variasi sumber daya dan aktifitas perancangan produk, pemasaran, pembelian, mesin dari perkakas,penjualan perancangan proses dan lain”

Sistem Informasi manufaktur adalah suatu sistem berbasis komputer yang bekerja dalam hubunganya dengan sistem informasi fungsional lainya untuk mendukung manajemen perusahaan dalam pemecahan masalah yang berhubungan dengan manufaktur produk perusahaan yang pada dasarnya tetap bertumpu pada imput, proses, dan output. Sistem ini digunakan untuk mendukung fungsi produksi yang meliputi seluruh kegiatan yang terkait dengan perencanaan dan pengendalian proses untuk untuk memproduksi barang atau jasa. 

Sistem Pemrosesan Manufaktur
Sistem Informasi Manufaktur (SIM) merupakan kerangka kerja Sistem Informasi Manajemen (SIM)  secara keseluruhan. SIM lebih menekankan kepada informasi informasi yang terkait dengan proses produksi yang terjadi dalam sebuah produksi, mulai dari input bahan mentah hingga output barang jadi, dengan mempertimbangkan semua proses yang terjadi.

1.    Input Data Informasi
Input data berupa data internal dan eksternal, data internal merupakan data intern keseluruhan yang mendukung proses pengolahan data menjadi informasi yang berguna. Data ini meliputi Sumber daya manusia (SDM), material.. mesin, dan lainya. Sedangkan Data Eksternal perusahaan merupakan data yang berasal dari luar perusahaan (environtment) yang mendukung proses pengolahan data menjadi informasi yang berguna  Contoh Data Eksternal adalah Data pemasok(supplier), kebijakan pemerintah tentang UMR, listrik, dan lain”

2.    Sub Sistem Input
Sub Sistem Input Terdiri dari:

  • Sistem Informasi Akuntansi

Sistem Informasi Akuntansi mengumpulkan data intern yang menjelaskan operasi manufaktur dan data lingkungan yang menjelaskan transaksi perusahaan dengan pemasoknya.

  • Sub Sistem Intelijen Manufaktur

Sub sistem intelijen manufaktur membuat manajemen manufaktur tetap mengetahui perkembangan terakhir mengenai sumber sumber pekerja, material dan mesin.

  • Sub Sistem Industrial Engineering

Industrial Engineering merupakan analisis sistem yang terlatih khusus yang mempelajari operasi manufaktur dan membuat saran saran perbaikan 

Pengendalian Sistem Informasi Manufaktur
Pengendalian Sistem Informasi manufaktur terdiri atas dua yaitu:

Pengendalian Mesin
Pengendalian Mesin adalah penggunaan komputer untuk mengendalikan gerakan mesin, dikenal juga sebagai Numerical Control

     Pengendalian Proses.
Pengendalian Proses adalah penggunaan komputer untuk mengendalikan proses fisik yang berlangasung. Pengendalian proses dengan komputer biasanya digunakan untuk mengendalikan proses fisik dalam minyak, pabriksemen, pabrik kimia dan lain”.

Beberapa Contoh Sistem Manufaktur
Industry Barang Keperluan Rumah Tangga: Contoh Perusahaan Manufaktur ini banyak sekali jenisnya, ada yang berksala kecil maupun ada yang berskala besar. Misalnya Industri pembuatan piring, gelas sendok, dan sebagainya. Kemudian ada industri mebel atau furniture dan keperluan interior lainya.

Kelebihan Sistem Informasi Manufaktur Di dalam Perusahaan
  •          Perusahaan lebih cepat menerima informasi yang akurat dan terpercaya
  •          Manufaktur menggunakan komputer sebagai alat prosesnya
  •          Hasil produksi perusahaan lebih cepat dan tepat waktu karena sistem informasi
  •          Arsip Lebih terstruktur karena menggunakan database.

Daftar Pustaka :

James.A.O’Brien. 2005. Introduction to Information Systems, 12th edition, New                                           York : McGraw-Hill Irwin.
Perks,C., & Beveridge, T. 2003. Guide to IT Enterprise Architecture, New York : Springer-Verlag.
Setiawan, EB., Perancangan Strategis Sistem Informasi IT Telkom untuk menuju World Class University, Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI), 2009.
Surendro, K., Implementasi Tata Kelola Teknologi Informasi, Bandung : Informatika, 2009.
Surendro, K., Setiawan, EB., Pemodelan Bisnis dalam EAP (Studi Kasus STT Telkom), Prosiding KNSI, 2005.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.