Teknologi bukan lagi sebagai pelengkap bisnis,
tetapi sudah menjadi urat nadi sebuah bisnis (Muhammad, 2016). Berbicara
mengenai persaingan bisnis, saat ini bukan hanya berbicara mengenai kompetisi
bisnis dalam negeri, tetapi juga persaingan dengan kompetitor luar negeri yang
berawal dari Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang dimulai awal 2016 ini.
Sekalipun kemajuan tersebut masih dalam perjalanannya, tapi sejak sekarang sudah dapat diperkirakan terjadinya berbagai perubahan di bidang komunikasi. Perubahan-perubahan yang kelak terjadi, terutama disebabkan berbagai kemampuan dan potensi teknologi komunikasi tersebut, yang memungkinkan manusia untuk saling berhubungan dan memenuhi kebutuhan komunikasi mereka secara hampir tanpa batas (Nasution, 1989).
Sekalipun kemajuan tersebut masih dalam perjalanannya, tapi sejak sekarang sudah dapat diperkirakan terjadinya berbagai perubahan di bidang komunikasi. Perubahan-perubahan yang kelak terjadi, terutama disebabkan berbagai kemampuan dan potensi teknologi komunikasi tersebut, yang memungkinkan manusia untuk saling berhubungan dan memenuhi kebutuhan komunikasi mereka secara hampir tanpa batas (Nasution, 1989).
Kata Kunci : Teknologi,
Ojek online
Perkembangan
teknologi komunikasi yang cukup pesat memberikan perubahan sosial masyarakat.
Banyak bisnis mulai bermunculan dengan memanfaatkan perkembangan teknologi
komunikasi tersebut, salah satunya adalah kemunculan bisnis penyedia layanan
jasa transportasi Ojek Online. Adanya Ojek Online ternyata memberikan solusi
dan menjawab berbagai kekhawatiran masyarakat akan layanan transportasi umum.
Kemacetan ibukota dan ketakutan masyarakat dengan keamanan transportasi umum
sudah dijawab dengan kehadiran Ojek Online yang memberikan kemudahan dan
kenyamanan bagi penggunanya. Kehadiran Ojek Online yang menerapkan teknologi
komunikasi tepat guna di saat masyarakat membutuhkan sarana transportasi aman
dan bisa menjadi solusi saat macet merupakan fokus penelitian yang dianggap
perlu dikonstruksikan dalam penelitian ini.
Teknologi
komunikasi juga bisa dikatakan tepat guna jika penggunaannya memang sesuai
(tepat guna) dengan kebutuhan dan kondisi yang ada pada masa kini. Terlebih
lagi, dengan penggabungan layanan transportasi dengan kecanggihan teknologi
Internet sehingga masyarakat lebih mudah melakukan pemesanan, mengetahui rate
biaya transportasi, lokasi tujuan dan identifikasi driver yang merupakan suatu
bentuk inovasi baru dalam dunia bisnis transportasi. Dengan berbagai kelebihan-kelebihan
yang ditawarkan Ojek Online ternyata membawa perubahan yang signifikan terhadap
kehidupan sosial masyarakat. Fenomena Ojek Online menjadi booming dan sangat
popular terutama pada bisnis jasa transportasi.
Perkembangan
teknologi saat ini yang paling signifikan terlihat adalah perkembangan
komunikasi yang bahkan dapat memberikan perubahan sosial di dalam masyarakat.
Disini dapat dikatakan bahwa teknologi komunikasi merupakan suatu penerapan
ilmu pengetahuan untuk memecahkan masalah-masalah yang berkaitan dengan
komunikasi. Teknologi komunikasi juga dijelaskan juga sebagai “alat perangkat
keras, struktur organisasi dan nilai-nilai sosial yang digunakan, untuk
mengumpulkan, memproses, dan mempertukarkan informasi dengan orang lain” (Rogers
: 1986).
Menurut Cahya (2018) pada keterangan yang dirilis ilmuOne Data,
konsultan digital analytics dengan data yang mengacu
pada comScore yang dimuat pada berita IDN Times, per Desember 2017 tercatat sebanyak 15,73 juta orang
menggunakan aplikasi transportasi online di ponsel Android. Mayoritas
pengguna Go-Jek berusia antara 25-34 tahun. Rata-rata penggunaan 69,5 menit per
orang. Sedangkan, Grab paling banyak dikunjungi orang berusia 35 tahun
ke atas.
Namun, penggunanya didominasi usia 24-34 tahun dengan durasi pemakaian 64,4
menit per orang.
Perbedaan
system sosial karena pengaruh dari adanya inovasi ojek online
1. Sebelum
adanya inovasi ojek online
·
Pemesanan secara konvensional
·
Keterbatasan tempat dan waktu untuk
menggunakan transportasi umum
·
Masalah kemacetan menjadi hambatan
transportasi umum
·
Kurangnya keamanan transportasi umum
2. Setelah
adanya inovasi ojek online
· Pemesanan secara online menggunakan
aplikasi ojek online yang diinstal di dalam smartphone penggunanya
· Dimana saja dan kapan saja masyarakat
dapat mengakses dan menggunakannya
· Solusi transportasi ketika kemacetan
· Keamanan transportasi ojek online terjamin
DAFTAR
PUSTAKA
Anindhta,
Wiratri., Arisanty, Melisa., Rahmawati, Devie. 2016. ANALISIS PENERAPAN
TEKNOLOGI KOMUNIKASI TEPAT GUNA PADA BISNIS TRANSPORTASI OJEK ONLINE. Jurnal komunikasi, budaya dan media. 712
– 729. Dalam http://journal.bakrie.ac.id/index.php/INDOCOMPAC/article/view/1638/pdf
Roesdijanto,
dkk, 2016. Transformasi Ojek Tradisional ke Ojek Online. Jurnal studi manajemen
dan bisnis. 3(1). 76 – 79. Dalam http://journal.trunojoyo.ac.id/jsmb/article/view/2571/2101
Ramadoni,
Faisal. 2017. Jumlah Pengguna Tranportasi Online Hampir Mencapai 50% dari Total
Pengguna Internet. Dalam https://teknojurnal.com/jumlah-pengguna-tranportasi-online-hampir-mencapai-50-dari-total-pengguna-internet/
Cahya,
Putriana. 2018. Makin Ketat, Begini Persaingan Tiga Transportasi Online
Terbesar di Indonesia. Dalam https://www.idntimes.com/business/economy/putriana-cahya/persaingan-tiga-transportasi-online-terbesar/full
Noor
Rouzni, Achmad. 2016. Perkembangan Teknologi dan Fenomena Ojek Online. Dalam https://inet.detik.com/business/d-3142905/perkembangan-teknologi-dan-fenomena-ojek-online
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.