.

Selasa, 12 Maret 2019

Inovasi Ojek Konvensional Melalui Aplikasi berbasis Ojek Online di Indonesia

Oleh : Ghina Rahayu (@H10-Ghina)

Teknologi bukan lagi sebagai pelengkap bisnis, tetapi sudah menjadi urat nadi sebuah bisnis (Muhammad, 2016). Berbicara mengenai persaingan bisnis, saat ini bukan hanya berbicara mengenai kompetisi bisnis dalam negeri, tetapi juga persaingan dengan kompetitor luar negeri yang berawal dari Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang dimulai awal 2016 ini.
Sekalipun kemajuan tersebut masih dalam perjalanannya, tapi sejak sekarang sudah dapat diperkirakan terjadinya berbagai perubahan di bidang komunikasi. Perubahan-perubahan yang kelak terjadi, terutama disebabkan berbagai kemampuan dan potensi teknologi komunikasi tersebut, yang memungkinkan manusia untuk saling berhubungan dan memenuhi kebutuhan komunikasi mereka secara hampir tanpa batas (Nasution, 1989).
Kata Kunci : Teknologi, Ojek online

Perkembangan teknologi komunikasi yang cukup pesat memberikan perubahan sosial masyarakat. Banyak bisnis mulai bermunculan dengan memanfaatkan perkembangan teknologi komunikasi tersebut, salah satunya adalah kemunculan bisnis penyedia layanan jasa transportasi Ojek Online. Adanya Ojek Online ternyata memberikan solusi dan menjawab berbagai kekhawatiran masyarakat akan layanan transportasi umum. Kemacetan ibukota dan ketakutan masyarakat dengan keamanan transportasi umum sudah dijawab dengan kehadiran Ojek Online yang memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi penggunanya. Kehadiran Ojek Online yang menerapkan teknologi komunikasi tepat guna di saat masyarakat membutuhkan sarana transportasi aman dan bisa menjadi solusi saat macet merupakan fokus penelitian yang dianggap perlu dikonstruksikan dalam penelitian ini.
Teknologi komunikasi juga bisa dikatakan tepat guna jika penggunaannya memang sesuai (tepat guna) dengan kebutuhan dan kondisi yang ada pada masa kini. Terlebih lagi, dengan penggabungan layanan transportasi dengan kecanggihan teknologi Internet sehingga masyarakat lebih mudah melakukan pemesanan, mengetahui rate biaya transportasi, lokasi tujuan dan identifikasi driver yang merupakan suatu bentuk inovasi baru dalam dunia bisnis transportasi. Dengan berbagai kelebihan-kelebihan yang ditawarkan Ojek Online ternyata membawa perubahan yang signifikan terhadap kehidupan sosial masyarakat. Fenomena Ojek Online menjadi booming dan sangat popular terutama pada bisnis jasa transportasi.
Perkembangan teknologi saat ini yang paling signifikan terlihat adalah perkembangan komunikasi yang bahkan dapat memberikan perubahan sosial di dalam masyarakat. Disini dapat dikatakan bahwa teknologi komunikasi merupakan suatu penerapan ilmu pengetahuan untuk memecahkan masalah-masalah yang berkaitan dengan komunikasi. Teknologi komunikasi juga dijelaskan juga sebagai “alat perangkat keras, struktur organisasi dan nilai-nilai sosial yang digunakan, untuk mengumpulkan, memproses, dan mempertukarkan informasi dengan orang lain” (Rogers : 1986).
Menurut Cahya (2018) pada keterangan yang dirilis ilmuOne Data, konsultan digital analytics dengan data yang mengacu pada comScore yang dimuat pada berita IDN Times, per Desember 2017 tercatat sebanyak 15,73 juta orang menggunakan aplikasi transportasi online di ponsel Android. Mayoritas pengguna Go-Jek berusia antara 25-34 tahun. Rata-rata penggunaan 69,5 menit per orang. Sedangkan, Grab paling banyak dikunjungi orang berusia 35 tahun ke atas. Namun, penggunanya didominasi usia 24-34 tahun dengan durasi pemakaian 64,4 menit per orang.
Perbedaan system sosial karena pengaruh dari adanya inovasi ojek online
1.      Sebelum adanya inovasi ojek online
·         Pemesanan secara konvensional
·         Keterbatasan tempat dan waktu untuk menggunakan transportasi umum
·         Masalah kemacetan menjadi hambatan transportasi umum
·         Kurangnya keamanan transportasi umum
2.      Setelah adanya inovasi ojek online
·   Pemesanan secara online menggunakan aplikasi ojek online yang diinstal di dalam smartphone penggunanya
·       Dimana saja dan kapan saja masyarakat dapat mengakses dan menggunakannya
·      Solusi transportasi ketika kemacetan
·      Keamanan transportasi ojek online terjamin

DAFTAR PUSTAKA
Anindhta, Wiratri., Arisanty, Melisa., Rahmawati, Devie. 2016. ANALISIS PENERAPAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI TEPAT GUNA PADA BISNIS TRANSPORTASI OJEK ONLINE. Jurnal komunikasi, budaya dan media. 712 – 729. Dalam http://journal.bakrie.ac.id/index.php/INDOCOMPAC/article/view/1638/pdf
Roesdijanto, dkk, 2016. Transformasi Ojek Tradisional ke Ojek Online. Jurnal studi manajemen dan bisnis. 3(1). 76 – 79. Dalam http://journal.trunojoyo.ac.id/jsmb/article/view/2571/2101
Ramadoni, Faisal. 2017. Jumlah Pengguna Tranportasi Online Hampir Mencapai 50% dari Total Pengguna Internet. Dalam https://teknojurnal.com/jumlah-pengguna-tranportasi-online-hampir-mencapai-50-dari-total-pengguna-internet/
Cahya, Putriana. 2018. Makin Ketat, Begini Persaingan Tiga Transportasi Online Terbesar di Indonesia. Dalam https://www.idntimes.com/business/economy/putriana-cahya/persaingan-tiga-transportasi-online-terbesar/full
Noor Rouzni, Achmad. 2016. Perkembangan Teknologi dan Fenomena Ojek Online. Dalam https://inet.detik.com/business/d-3142905/perkembangan-teknologi-dan-fenomena-ojek-online

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.