.

Rabu, 27 Maret 2019

Teknologi IoT

Teknologi hari ini semakin terus berkembang dan juga seringnya kita dengar istilah industri 4.0 sehingga banyak pihak yang mulai berlomba-lomba menciptakan teknologi baru yang dapat mengubah kebiasaan manusia ditambah dengan penggunaan internet yang sudah dianggap sebagai bagian kehidupan sehari-hari.
Istilah Internet of Things atau disingkat IoT sering kita dengar dalam dunia teknologi saat ini tapi taukah kita apa pengertian dari Internet of Things itu sendiri?
Menurut "Burange & Misalkar,2015" Internet of Things adalah struktur di mana objek, orang disediakan dengan identitas eksklusif dan kemampuan untuk pindah data melalui jaringan tanpa memerlukan dua arah antara manusia ke manusia yaitu sumber ke tujuan atau interaksi manusia ke komputer.
Sedangkan menurut "Sulaiman & Widarma,2017" Internet of Things adalah segala aktifitas yang pelakunya saling berinteraksi dan dilakukan dengan memanfaatkan internet.

Internet of Things memungkinkan setiap perangkat yang terhubung dengan koneksi internet dapat saling berkomunikasi dengan bantuan Artificial Intelligence (AI). Dengan penggunaan internet yang yang dirasa seperti menjadi bagian hidup dari manusia di seluruh dunia, membuat teknologi ini akhirnya dapat diterapkan dibanyak bidang, sebagai contohnya : 

1. IoT di Bidang Pendidikan
IoT sangat bermanfaat bagi dalam penggunaan e-learning, menyediakan kebutuhan akses untuk pembelajaran secara elektronik yang terintegrasi dengan cloud computing dosen akan dengan mudah mengakses bahan-bahan ajar, mengambil bahan ajar di cloud, bahkan dosen dapat mengunggah bahan ajar ke cloud sehingga dapat digunakan untuk keperluan mahasiswa.

2. IoT di Bidang Kesehatan
Sebuah perangkat kesehatan berbentuk jam tangan dapat memiliki informasi tentang kesehatan kita secara langsung dengan bantuan sensor, hal ini digunakan untuk mendapatkan informasi kesehatan user sehingga dapat melakukan tindakan preventif yang sebelumnya tidak dapat dilihat secara langsung dalam tubuh manusia.

3. IoT di dalam Rumah
Smart Home dengan menggunakan smart card berbasis RFID sebagai pengunci elektronik. Saat smart card dipindai oleh  sistem, maka sistem akan segera merespon dengan memonitor beberapa parameter seperti buka pintu, tirai dan lampu.

Daftar Pustaka :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.