Sekarang ini sudah banyak orang yang memiliki handphone canggih namun belum memanfaatkannya dengan maksimal. Hampir semua handphone canggih saat ini sudah dilengkapi dengan koneksi internet dan memiliki fitur layanan perbankan yang disebut dengan mobile banking. Layanan perbankan melalui handphone ini akan membuat hidup Anda lebih simple dalam segala hal perbankan.
Mobile Banking adalah layanan yang disediakan oleh bank atau lembaga keuangan lain yang memungkinkan para pelanggannya untuk melakukan transaksi keuangan dari jarak jauh menggunakan perangkat seluler seperti smartphone atau tablet.
Fitur - Fitur Mobile Banking :
- M-info ( saldo , mutasi, dan lainnya )
- M-Transfer ( Transfer antar bank, Transfer antar Rekening, Inbox, dan lainnya )
- Virtual Account
- M-Payment ( Pembayaran : Asuransi, Internet, Pinjaman dan lainnya )
- M-Commerce ( Isi ulang Pulsa , PLN Prabayar dan lainnya )
Apasih bedanya Mobile Banking dengan i-Banking ( Internet Banking ) ?
simplenya , Mobile Banking itu di akses dari aplikasi dan internet banking diakses dari website resmi masing - masing nasabah dan sistemnya beda-beda setiap bank
Cara Kerja
Untuk menggunakan mobile banking, nasabah harus mendaftarkan diri terlebih dahulu ke bank. Nasabah dapat memanfaatkan layanan mobile banking dengan cara mengakses menu yang telah tersedia pada aplikasi yang terinstal di ponsel. Apabila nasabah menggunakan mobile banking melalui aplikasi yang terinstal di ponsel, nasabah harus mengunduh dan menginstal aplikasi pada telepon seluler terlebih dahulu. Pada saat membuka aplikasi tersebut, nasabah harus memasukkan User-ID dan password untuk login, kemudian nasabah dapat memilih menu transaksi yang tersedia dan diminta memasukkan OTP saat menjalankan transaksi.
Kelebihan Mobile Banking
- Lebih mudah diakses meski dalam koneksi internet lambat
- Jangkauan koneksi lebih luas dari internet banking
- Fitur sederhana dan mudah dimengerti
- Biaya yang dikenakan umumnya lebih rendah dari internet banking
- Aman dan meminimalisasi risiko penipuan
- Memudahkan nasabah dalam menjangkau bank
- Dapat diakses 24 jam sehari, 7 hari seminggu
Kekurangan Mobile Banking
- Rentan akan penipuan yang disebut “smishing” (pengguna mobile banking menerima SMS atau telepon palsu yang menanyakan detil rekening bank dari seorang hacker yang menyamar sebagai institusi keuangan)
- Fitur keamanan melalui koneksi yang terenkripsi bisa di-hack saat smartphone dicuri
- Dibutuhkannya smartphone canggih untuk mengaksesnya
https://en.wikipedia.org/wiki/Mobile_banking
https://www.bca.co.id/Individu/Produk/E-Banking/BCA-Mobile
https://www.shinhan.co.id/article-listings/read/pengertian-mobile-banking
https://www.moneysmart.id/banyak-digunakan-orang-sudah-tahu-kelebihan-dan-kekurangan-m-banking-ini/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.