Kualitas Jasa
Menurut (Kotler,
2005:486) Jasa adalah setiap tindakan atau kegiatan yang ditawarkan oleh suatu
pihak kepada pihak lain, yang pada dasarnya tidak terwujud dan tidak mengakibatkan kepemilikan apapun.
Produksinya
dapat dikaitkan atau tidak dengan suatu produk fisik.
Jasa adalah
produk yang tidak dapat dilihat yang kita beli dan gunakan tetapi tidak pernah
memiliki (Solomon, 2003:7).
Jasa
mencakup semua aktivitas ekonomi yang hasilnya bukanlah produk atau konstruksi
fisik, yang secara umum konsumsi dan produksinya dilakukan pada saat bersamaan,
dan nilai tambah yang diberikannya dalam bentuk (kenyamanan, hiburan,
kecepatan, dan kesehatan) yang secara prinsip tidak berwujud pada pembeli
pertamanya (Zeithaml, 2003:3).
Strategi Kualitas Jasa.
Menurut
Tjiptono (2000:132) stretegi kualitas jasa atau layanan mencakup empat hal
berikut:
1. Atribut
layanan pelanggan
Adalah
penyampaian layanan atau jasa harus tepat waktu, akurat, dengan perhatian dan
keramahan.
2.
Pendekatan untuk penyempurnaan kualitas jasa
Merupakan
aspek penting dalam rangka menciptakan kepuasan pelanggan. Faktor biaya, waktu
menerapkan program, dan pengaruh layanan pelanggan. Ketiga faktor ini merupakan
inti pemahaman dan penerapan suatu sistem yang responsive terhadap pelanggan
dan organisasi untuk pencapaian kepuasan optimum.
3. Sistem
umpan balik untuk kualitas layanan pelanggan
Umpan balik
sangat dibutuhkan untuk evaluasi dan perbaikan berkesinambungan. Informasi
umpan balik harus difokuskan pada hal-hal berikut: memahami persepsi pelanggan
terhadap perusahaan, jasa perusahaan dan para pesaing; mengukur dan memperbaiki
kinerja perusahaan; mengubah bidang-bidang terkuat perusahaan menjadi faktor
pembeda pasar; mengubah kelemahan menjadi peluang berkembang, sebelum pesaing
lain melakukannya; mengembangkan sarana komunikasi internal agar setiap orang
tahu apa yang mereka lakukan; dan menunjukkan komitmen perusahaan pada kualitas
dan para pelanggan.
4.
Implementasi
Sebagai
bagian dari proses implementasi, manajemen harus menentukan cakupan kualitas
jasa dan tingkat layanan pelanggan sebagai bagian dari kebijakan organisasi.
Faktor Faktor yang perlu diperhatikan
Dalam
meningkatkan kualitas jasa, banyak faktor yang perlu dipertimbangkan dan upaya
tersebut juga berdampak luas terhadap organisasi secara keseluruhan.
Faktor
–faktor yang perlu diperhatikan dalam meningkatkan kualitas pelayanan jasa
adalah:
- Mengidentifikasi determinan utama kualitas jasa
Langkah
pertama yang harus dilakukan adalah melakukan riset untuk mengindentifikasi
determinan jasa yang paling penting bagi pasar sasaran dan memperkirakan
penilaian yang diberikan pasar sasaran terhadap perusahaan dan pesaing
berdasarkan determinan-determinan tersebut.
Dengan
demikian dapat diketahui posisi relatif perusahaan di mata pelanggan
dibandingkan para pesaing, sehingga perusahaan dapat memfokuskan upaya
peningkatan kualitasnya pada determinan-determinan tersebut.
- Mengelola harapan pelanggan
Semakin
banyak janji yang diberikan, maka semakin besar pula harapan pelanggan yang
pada gilirannya akan menambah peluang tidak dapat terpenuhinya harapan
pelanggan oleh perusahaan.
- Mengelola bukti (evidence) kualitas jasa
Pengelolaan
bukti kualitas jasa bertujuan untuk memperkuat persepsi pelanggan selama dan
sesudah jasa diberikan. Oleh karena itu jasa merupakan kinerja dan tidak dapat
dirasakan sebagaimana halnya barang, maka pelanggan cenderung memperhatikan
fakta-fakta tangibles yang berkaitan dengan jasa sebagai bukti kualitas.
- Mendidik konsumen tentang jasa
Pelanggan
yang lebih terdidik akan dapat mengambil keputusan secara lebih baik. Oleh
karenanya kepuasan mereka dapat tercipta lebih tinggi.
- Mengembangkan budaya kualitas
Kualitas
merupakan sistem nilai organisasi yang menghasilkan lingkungan yang kondusif
bagi pembentukan dan penyempurnaan kualitas secara terus menerus. Budaya
kualitas terdiri dari filosofi, keyakinan, sikap, norma, nilai, tradisi,
prosedur, dan harapan yang meningkatkan kualitas.
- Menciptakan automating quality
Adanya
otomatisasi dapat mengatasi variabilitas kualitas jasa yang disebabkan kurangya
sumberdaya manusia yang dimiliki
- Menindaklanjuti jasa
Menindaklanjuti
jasa dapat membantu memisahkan aspek-aspek jasa yang perlu ditingkatkan.
Perusahaan perlu mengambil inisiatif untuk menghubungi sebagian atau semua
pelanggan untuk mengetahui tingkat kepuasan dan persepsi mereka terhadap jasa
yang diberikan. Perusahaan dapat pula memberikan kemudahan bagi para pelanggan
untuk berkomunikasi, baik menyangkut kebutuhan maupun keluhan mereka.
- Mengembangkan sistem informasi kualitas jasa
Sistem
informasi kualitas jasa merupakan suatu sistem yang menggunakan berbagai macam
pendekatan riset secara sistematis untuk mengumpulkan dan menyebarluaskan
informasi kualitas jasa guna mendukung pengambilan keputusan. Informasi
dibutuhkan mencakup segala aspek, yaitu data saat ini dan masa lalu,
kuantitatif dan kualitatif, internal dan eksternal, serta informasi mengenai
perusahaan dan pelanggan. (Tjiptono, 2004:88-93).
Sumber:
Kotler,
Philip. 2005. Manajamen Pemasaran, Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks. Kelompok
Gramedia.
Salomon, R.
Michael dan Stuart, W. Elnora. 2003. Marketing Real People, RealChoices,
International Edition. Prentice Hall. New Jersey.
Tjiptono,
Fandy. 2005. Pemasaran Jasa, Edisi pertama. Malang: Bayu Media Publishing.
Tjiptono,
Fandy. 2000. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus@C06-AHMAT, TUGAS TC03. Dalam meningkatkan kualitas jasa yang merupakan kepuasan dari pelanggan kita harus memperhatikan strategi dan faktor pengelolaanya. Kepuasan customer merupakan puncak dari kualitas jasa, semakin customer puas maka semakin baik pula kualitas jasa. Namun dalam memberikan kepuasan customer yang bermacam - macam dan berbeda tipe kita harus mengevaluasi data - data customer. Jasa seperti apa yang harus kita berikan untuk customer.
BalasHapus@C06-AHMAT, TUGAS TC03. Dalam meningkatkan kualitas jasa yang merupakan kepuasan dari pelanggan kita harus memperhatikan strategi dan faktor pengelolaanya. Kepuasan customer merupakan puncak dari kualitas jasa, semakin customer puas maka semakin baik pula kualitas jasa. Namun dalam memberikan kepuasan customer yang bermacam - macam dan berbeda tipe kita harus mengevaluasi data - data customer. Jasa seperti apa yang harus kita berikan untuk customer.
BalasHapus@C13-ROHADI,Tugas Tc06 (Kuis)
BalasHapusPerkembangan bidang jasa dalam dunia industri memang sangat pesat, untuk itu sesuai yang di angkat dalam artikel di atas sangat bagus, inovasi dan perkembangan yang pesat baiknya di imbangi dengan peningkatan kualitas jasa yang pro aktif, berbobot,fariatif,moderen ,good savety, DNA yang lainnya sehingga akan menghasilkan karya jasa sesuai kebutuhan pasar seiring perkembangan jaman
Untuk pemilihan artikel judul dan penyusunan kalimat sudah lumayan bagus sesuai kriteria tugas terimakasih