.

Rabu, 28 September 2016

Review Jurnal: Perbaikan Sistem Kerja Untuk Meningkatkan Produktivitas Karyawan




A. Judul Penelitian
PERBAIKAN SISTEM KERJA UNTUK MENINGKATKAN  PRODUKTIVITAS KARYAWAN

B. Nama Penulis
Iva Mindhayani (Jurusan Teknik Industri, Universitas Widya Mataram Yogyakarta)
Hari Purnomo  (Jurusan Teknik Industri, Universitas Islam Indonesia Yogyakarta)

C. Nama Jurnal
Jurnal PASTI Volume X No 1, 98 –  107, Dalam Link http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/pasti/article/view/675/578

D. Latar Belakang Masalah
Persaingan industri mebel yang semakin ketat menuntut perusahaan untuk melakukan perbaikan secara berkelanjutan agar bisa bertahan disituasi yang semakin kompleks dan tidak menentu. Salah satu tindakan yang bisa dilakukan perusahaan  dengan membuat sistem kerja baru yang lebih baik dan ergonomis. Sistem kerja yang baik merupakan salah satu faktor penting dalam kemajuan sebuah perusahaan dan merupakan kunci utama keberhasilan dalam rangka meningkatkan produktivitas, meminimalisir terjadinya kecelakaan kerja, penyakit akibat kerja dan efisiensi perusahaan.

E. Rumusan Masalah
Permasalahan produktivitas di PT Zamrud Java Teak sebabkan komponen sistem kerja belum dikelola secara optimal sehingga menyebabkan produktivitas menurun. Tuntutan akan pekerjaan dan komponen sistem kerja yang ada memungkinkan banyaknya masalah yang dihadapi, sehingga menyebabkan kelelahan pekerja yang berdampak pada menurunnya tingkat produktivitas.

F. Tujuan Penelitian
perbaikan sistem kerja dengan melakukan perbaikan beberapa aspek. Perbaikan dilakukan dengan melibatkan secara aktif pekerja dengan konsep partisipatori. Konsep partisipatori yang masuk dalam lingkup makro ergonomi ditujukan agar pengguna merasa memiliki rancangan yang dibuat dan karyawan bisa bekerja dengan nyaman serta perusahaan akan mendapatkan keuntungan baik jangka pendek maupun jangka panjang.

G. Metode
1. Rancangan Penelitian Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimental dan memakai rancangan penelitian sama subjek (Treatment by subject design ), yaitu perlakuan dikenakan pada subjek yang sama. Populasi dan sample dalam penelitian ini adalah pekerja bagian revisi di PT. Zamrud Java Teak yang berjumlah 13 Orang.

2. Variabel Penelitian Variabel penelitian dalam penelitian ini terdiri dari 3 variabel antara lain: (a) variabel bebas adalah perbaikan sistem kerja dengan makro ergonomi; (b) variabel tidak bebas adalah tingkat produktivitas karyawan; dan (c) variabel intervening dalam penelitian ini yaitu tingkat kelelahan, keluhan muskuloskeletal dan risiko cidera. 

3. Metode Pengumpulan Data Pengumpulan data dilakukan dengan cara sebagai berikut: (a) observasi yaitu dengan melakukan pengamatan langsung di lapangan untuk mengetahui kondisi nyata dari sistem kerja yang menjadi objek penelitian; (b) wawancara langsung terhadap karyawan pada bagian revisi dan manager produksi. Materi wawancara berkaitan dengan keluhan– keluhan yang dirasakan pekerja; (c) menyebarkan kuesioner dengan materi kuesioner adalah kelelahan, keluhan muskuloskeletal dan risiko cidera; (d) pengukuran produktivitas berdasarkan hasil produk berupa side table yang selesai direvisi.

4. Prosedur Penelitian Prosedur penelitian yang akan dilakukan dalam penelitian ini antara lain :
a. Tahap Persiapan
b. Tahap Pengumpulan Data
c. Tahap penelitian
d. Tahap Analisis

H. Hasil Penelitian
Berdasarkan aspek ergonomi beberapa kondisi sistem kerja yang belum mengikuti kaidah ergonomi pada proses produksi adalah: (a) suhu udara yang cukup tinggi mencapai 32,50C ; (b) tingkat kebisingan yang mencapai ± 95 dB ; (c) pencemaran udara oleh debu yang dihasilkan dari proses produksi ; (d) kondisi organisasi kerja yang kurang baik ; (e) penggunaan tenaga otot yang cukup besar ; (f) beban kerja yang cukup berat dan adanya keluhan muskuloskeletal; (g) layout kerja yang tidak ergonomis. Pekerjaan yang banyak melibatkan aktivitas fisik mempunyai potensi mengalami kelelahan, gangguan muskuloskeletal dan risiko cidera. Berdasarkan permasalahan tersebut maka perlu dilakukan perbaikan sistem kerja dengan pendekatan makro ergonomi yang melibatkan partisipan dalam pengambilan keputusan. Ergonomi partisipatori merupakan salah satu metode dasar makro ergonomi yang mengikutsertakan pekerja dalam mendesain.


I. Review/Komentar
 Sistem kerja banyak melibatkan faktor manusia dan alat atau mesin. Faktor – faktor yang mengkombinasikan manusia dan alat tersebut merupakan tahapan kerja yang sudah tetap sehingga menghasilkan suatu sistem kerja yang konsisten dan hasil kerja yang berkualitas. Seiring dengan perkembangan zaman sistem kerja semakin kompleks tidak hanya meliputi manusia dan alat saja. Sistem kerja di industri manufaktur memiliki sistem yang kompleks mencakup manusia, mesin dan  organisasi. Hal ini juga terjadi pada sistem kerja di industri mebel yang banyak melibatkan aktivitas fisik dan penggunaan tenaga otot yang besar. Penggunaan tenaga otot secara terus menerus serta getaran yang ditimbulkan oleh alat atau mesin dalam jangka waktu yang lama berpotensi menimbulkan kelelahan, keluhan sistem muskuloskeletal, risiko cidera dan berdampak pada menurunnya produktivitas.

J. Abstrak Jurnal
 Karyawan perusahaan mebel khususnya dibagian produksi banyak melibatkan kegiatan fisik, yang dapat menimbulkan kelelahan, gangguan muskuloskeletal dan risiko cidera. Kelelahan pada pekerja menyebabkan menurunnya performansi dan berdampak pada menurun produktivitas. Pengamatan awal pekerja bagian produksi di perusahaan mebel di Yogyakarta, merasakan pegal–pegal dan sakit di beberapa bagian tubuh seperti pergelangan tangan, punggung,  leher dan kaki setelah selesai bekerja. Untuk itu, perlu dicari solusi yang tepat untuk mengatasi hal tersebut agar pekerja merasa nyaman dalam beraktivitas. Pada pembahasan ini dilakukan perbaikan sistem kerja  dengan pendekatan makro ergonomi untuk menurunkan kelelahan, keluhan muskuloskeletal, risiko cidera dan meningkatkan produktivitas karyawan. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan sama subjek (treatment by subject). Hasil penelitian dengan uji beda  menunjukkan bahwa kelelahan, keluhan muskuloskeletal dan risiko cidera terjadi penurunan secara signifikan dengan nilai probabilitas 0,000 dan 0,008 (p < 0,05) dengan tingkat penurunan kelelahan  sebesar 25,07 %, keluhan muskuloskeletal sebesar 10,91 %, risiko cedera sebesar 7,27%. Sedangkan untuk produktivitas terjadi peningkatan secara signifikan dengan nilai probabilitas sebesar 0,000 (p<0,05) dengan tingkat peningkatan produktivitas sebesar 36,96 %.


J. Daftar Pustaka
Aprianto. H. 2012. Analisis Faktor Penyebab Cumulative Trauma Disorders menggunakan Metode Quick Exposure Checklist Pada Profesi penjahit. Di akses tanggal 29 Juli 2013. Tersedia di http://publication.gunadarma.ac.id.

Gregory, D.E., Milosavljevic, S., Callaghan, J.P. 2006. Quantifying Low Back Peak and Cumulativr Loads in Open and Senior Sheep Shearers in New Zealand: Examining the Effects of a Trunk Harness. Ergonomics. 49,968-981.

Hadi, S. 1982. Metodologi Research. Jilid IV Cetakan Pertama. Yogyakarta. Yayasan Penerbitan Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada.
 
Haskari, A.F., Herdoin, S dan Saulia, L. 2008. Perancangan Model Faktor Ergonomi Makro Terhadap Produktivitas Sistem Kerja Pada Pabrik Gula. IPB. Bogor.

Hendrick, H.W. 2002a. Good Ergonomic is Economics. Prosiding International Seminar on Ergonomics and Sport Physiology; Denpasar, 14-17 Oktober. PP 16-27.

Hendrick, H.W. 2002b. Macroergonomics : A Systems Approach to Improving Organizational Effectiveness. Proceeding, Kongres Nasional XI dan Seminar Ilmiah XIII Ikatan Ahli Ilmu Faal Indonesia dan International Seminar on Ergonomics and Sports Physiology. PP 27-41.

Ilman, A., Yuniar., Helianty, Y. 2012. Rancangan Perbaikan Sistem Kerja dengan Metode Quick Exposure Check (QEC) di bengkel Sepatu X Cibaduyut. Reka Integra Jurnal Online Institut Teknologi Nasional. No.2 Vol.1. Desember.

Irawan, I. 2010. Definisi Sistem Kerja. Di akses tanggal 05 september 2015. Tersedia di http://iwanirawanumc2009.blogspot.co.id.

Josephus, J. 2009. Intervensi Ergonomi Pada Proses Penangkapan Ikan Dengan Pukat Cincin Meningkatkan Kinerja dan Kesejahteraan Nelayan Di Amurang kabupaten Minahasa  Selatan Propinsi Sulawesi Utara. (Disertasi) Program Doktor Ilmu kedokteran Universitas Udayana. Diakses tanggal 03 September 2013. Tersedia di http://www.pps.unad.ac.id.

Karsh, B.T., Brown, R. 2010. Macroergonomics and Patient Safety: The Impact Of level On Theory, measurement, Analysis and Intervention In Patient Safety Research. Applied Ergonomics xxx, 1-8.

Khandan, M., Vosoughi, S., dan Maghsoudipour, M. 2012. Evaluation of Safety Factors – a Macroergonomics Approach : a Case Study in Iran. Iranian Rehabilitation Journal. Vol 10, February 2012.

Kleiner, B.M. 2006. Macroergonomics: Analysis and Design of Work System Design, Aplied Ergonomics, 37, 81-89.

Manuaba, A. 2007. A Total Approach In Ergonomics Is A Must To Attain Humane, Competitive And Sustainable Work Systems And Products. J. Human Ergol., 36: 2330.

Mindhayani, I dan Purnomo, H. 2013. Identifikasi Faktor – Faktor Yang Berpengaruh Dalam Peningkatan Produktivitas. Seminar Teknologi Simulasi, TEKNOSIM. ISBN : 978-979-97986-8-8, D-31–D-36.

Mustafa, S.A., Kamaruddin, S., Othman, Z., Mokhtar, M. 2009. Ergonomics Awareness andidentifying Frequently Used Ergonomics programs in Manufacturing Industries Using Quality Function Deployment. American Journal of Scientific Research. ISSN 1450-223X Issue 3, pp.51-66.

Moody, H., Esau, C. 2011. Cultural Change Through Ergonomics – a Case Study Of Participation In a Manufacturing Environment. HFESA 47th Annual Converance. Ergonomics Australia-Special Edition.

Nasution, S. 2012. Metode Research (Penelitian Ilmiah). Cetakan Ke-13. Jakarta: Bumi Aksara.
 
Nugraha, H.A., Astuti, M., Rahman, A. 2013. Analisis Perbaikan Kerja Operator Menggunakan Metode RULA Untuk Mengurangi Risiko Musculoskeletal Disorders (Studi Kasus pada Bagian Bad Stock Warehouse PT. X Surabaya). Jurnal Rekayasa dan Manajemen Industri. Vol 1, No 2. P.229-240.

Purnomo, H. 2012. Perancangan Sistem Kerja Berkelanjutan: Pendekatan Holistik Untuk Meningkatkan Produktivitas Pekerja. Pidato Pengukuhan Guru Besar Teknik Industri Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta, 11 April.

Purnomo, H., Manuaba, A., Adiputra, N. 2007. Sistem Kerja Dengan Pendekatan Ergonomi total Mengurangi Keluhan Muskuloskeletal, kelelahan Dan beban kerja Serta meningkatkan Produktivitas Pekerja Industri Gerabah Di Kasongan, Bantul. Artikel. Universitas Udayana Denpasar, Bali.

Robertson, M.M., 2001. Macroergonomics: A Work System Design Perspective. Proceeding of The SELF-ACE Conference – Ergonomic For Changing Work, 1, 6777.

Sukapto, P. 2008. Penerapan Model Participatory Ergonomics dengan Model Amell dalam menurunkan Kecelakaan Kerja (Studi Kasus di Pabrik Pembuatan Outsole di Banjaran, Bandung). Proceeding. National Conference On Applied Ergonomics 2008. Yogyakarta, 29 Juli. PP 117-122.

Surya, R., Z. 2012. Perbaikan Sistem Kerja Berbasis Ergonomi Partisipatori Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Karyawan (Studi Kasus pada UMKM Aneka Bambu di Sentra Kerajinan Bambu Desa Tirtoadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman). (Tesis) Magister Teknik Industri UII. 

Tirtayasa, K., Adiputra, I.N., Djestawana, IG.G., 2003. The Change of Working Posture in Manggur Decrease Cardiovascular Load and Muskuloskeletal Complaint Among Baliness Gamelan Craftsmen. Journal Human Ergol, 32, 71-76.

Wade, C., Davis, J., Marzilli, T.S., Weimar, W.H., 2006. Information processing Capacity While Wearing Personal Protective Eyewear. Ergonomics, 49, 921-933.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.