.

Selasa, 27 September 2016

Riview Jurnal : Proses dan Pengendalian Kualitas Produksi



A.    Judul Penelitian
Proses Produksi Dan Pengendalian Kualitas Produksi Cat Plastic Coating Di PT PROPAN RAYA ICC

B.     Nama Penulis (lengkap dengan asal institusinya)
Muhammad Ary Budi Yuwono dan Agus Selamet Riyadi, Program Studi Teknik Industri Universitas Mercubuana Jakarta.


C.     Nama Jurnal (lengkap dengan Volume, No, Bulan, Tahun, Institusi Penebit, dan link jurnal)
Jurnal PASTI Volume IX No 2, 193 – 202, Pada : http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/pasti/article/view/483/424

D.    Latar Belakang Masalah
 Di era perdagangan bebas seperti saat ini dimana terjadi persaingan yang ketat maka perusahaan dituntut untuk dapat melakukan strategi didalam bersaing.Faktor penting yang harus diperhatikan adalah jalannya proses produksi yang benar sesuai dengan SOP dan cara pengujian kualitas produk yang sesuai dengan metode pengujian yang ditetapkan oleh perusahaan, sehingga kualitas produk dapat dipertahankan bahkan dapat lebih ditingkatkan lagi. Perusahaan yang tidak mampu memanage proses produksinya akan menyebabkan banyak waktu terbuang sia-sia dan bahkan kualitas produk yang dihasilkan tidak sesuai dengan spesifikasi yang ditetapkan oleh perusahaan.
Kualitas Produksi Cat Plastic Coating pada PT Propan Raya ICC”. Proses produksi produk Plastic Coating di PT Propan Raya sering mengalami masalah sehingga kualitas produk yang dihasilkan tidak sesuai dengan spesifikasi yang dikehendaki. Oleh karena itu, penulis melakukan pengamatan terhadap proses produksi Plastic Coating dan pengujian kualitasnya, sehingga dapat diketahui masalah-masalah yang sering terjadi selama proses produksi maupun masalah yang berkaitan dengan kualitas produk.

E.     Masalah/ Pertanyaan Penelitian
 Pelayanan terhadap customer merupakan modal utama agar perusahaan tetap survive dalam menjalankan usahanya. Dengan kata lain, jika kebutuhan pelanggan terpenuhi maka perusahaan akan tetap exist untuk menjalankan usahanya. Untuk dapat tetap exist perusahaan harus dapat menjaga kualitas produknya agar sesuai dengan permintaan pelanggan. Dari sekian banyak jenis produk cat yang dihasilkan PT Propan Raya, penulis hanya mengambil produk cat plastik yaitu Plastic Coating. Berdasarkan uraian diatas maka penulis memilih judul penelitian “ Proses Produksi dan Pengendalian

F.      Tujuan Penelitian
 Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari dan mengamati proses produksi, pengujian produk dan masalah yang sering terjadi pada produk Plastic Coating. Adapun pembatasan masalah untuk penelitian ini adalah pengamatan proses produksi hanya untuk produk cat type PLC (PLC-2921-05 Colour) di PT Propan Raya. Data yang diambil adalah data untuk bulan Oktober 20013 sampai dengan Desember 20013 dari bagian Quality Control.

G.    Metode
Kualitas dari sebuah produk atau jasa dapat dievaluasi dengan beberapa cara.Salah satunya yaitu dengan menggunakan delapan dimensi kualitas oleh David A. Garvin, The MIT. Dimana delapan dimensi kualitas tersebut adalah : (1) Performansi (Performance) yaitu seberapa tingkat suatu produk dapat melakukan fungsinya sesuai dengan yang diharapkan, hal ini tentunya berkaitan terhadap aspek fungsional dari produk tersebut. (2) Fitur (Features) yang dimaksud adalah apa yang dapat diberikan dari sebuah produk berkaitan dengan pilihan-pilihan yang dimilikinya dan bagaimana pengembangannya. (3) Keandalan (Reliability) yaitu seberapa tingkat seringnya suatu produk mengalami kegagalan dalam menjalankan fungsinya. (4) Kesesuaian (Conformance) yaitu apakah produk yang dibuat sudah memenuhi keinginan/permintaan dari konsumen dan standar awal yang telah ditetapkan sebelumnya. (5) Umur pemakaian (Durability) yaitu berapa lama suatu produk dapat bertahan/digunakan sesuai dengan fungsi pada awal produk tersebut diciptakan. (6) Kemudahan untuk diperbaiki (Serviceability) yaitu kemudahan dalam memperbaiki produk tersebut apabila terjadi kerusakan, hal ini juga menyangkut biaya perbaikannya. (7) Estetika (Aesthetics) yaitu bagaimana nilai secara estetika bentuk atau kemasan produk tersebut terhadap nilai-nilai moral yang berkembang dimasyarakat dan (8) Kualitas yang dipersepsikan (Perceived Quality) yaitu kualitas dinilai secara subyektif oleh konsumen terhadap reputasi/nama baik dari produsen produk tersebut.

H.    Hasil Penelitian
 Analisis data bertujuan untuk mengetahui berapa persentase Problem Batch yang sering terjadi selama periode bulan Oktober- November 2013 dan masalah yang paling dominan sering muncul dari produk ini, serta mencari akar permasalahannya. Metode yang dipakai dalam analisis data menggunakan 2 dari 7 Tools yang ada, yaitu: Diagram Pareto yaitu berupa grafik batang yang berfungsi untuk memperlihatkan factor yang paling signifikan dari suatu masalah dan diagram Sebab-akibat / Fishbone digunakan untuk mengidentifikasi berbagai penyebab yang mungkin dari suatu dampak masalah.
Analisis sebab – akibat berguna untuk mengidentifikasi kemungkinan berbagai macam penyebab masalah yang timbul dalam Problem BatchPLC-2921-05 Colourselama bulan Oktober- November 2013, dan juga dapat digunakan untuk menentukan akar masalah yang paling berpengaruh terhadap masalah penyimpangan warna. Di dalam analisis sebab – akibat perlu dilakukan analisis awal dan analisis pengembangan.

I.       Review/ Komentar
 Masalah yang sering terjadi pada proses produksi cat plastik jenis PLC-2921-05 Colour adalah masalah warna out spek yang disebabkan oleh warna pigment tidak stabil. Warna pigment tidak stabil disebabkan oleh tidak konsistennya kualitas kedatangan bahan baku pigment untuk membuat bahan pewarna dari pihak pemasok.Meningkatkan kualitas pelayanan produk yang dihasilkan dengan tetap menjaga konsistensi kualitas bahan baku maupun kualitas produk jadi, Meningkatkan kualitas produk dengan selalu melakukan perbaikan kualitas secara terus – menerus dan memperbaiki dan meningkatkan kualitas warna pigment sehingga warna pigment menjadi lebih stabil.

J.       Abstrak Jurnal
 Kualitas dapat didefinisikan sebagai derajat kepuasan, kesempurnaan atau kesesuaian dengan harapan dan tujuan penggunaannya. Pengedalian kualitas sangat diperlukan, karena didalamnya terdapat alat pemecahan masalah yang baik yang berguna dalam mencapai stabilitas proses dan memperbaiki kapabilitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses produksi dan pengendalian kualitas produksi produk plastic coating di PT propan Raya ICC dengan menggunakan metode diagram pareto dan diagram sebab-akibat. Pengumpulan data diperoleh dari data pengujian produk PLC-2921-05 Colour dari bagian QC selama periode bulan Oktober - November 2013. Analisis data bertujuan untuk mengetahui berapa persentase Problem Batch yang sering terjadi selama periode bulan Oktober - November 2013 dan masalah yang paling dominan sering muncul dari produk ini, serta mencari penyebab permasalahannya.Dari hasil pengolahan data dapat disimpulkan bahwa masalah yang sering terjadi pada proses produksi cat plastik jenis PLC- 2921-05 Colour adalah masalah warna out spek yang disebabkan oleh warna pigment tidak stabil. Warna pigment tidak stabil disebabkan oleh tidak konsistennya kualitas kedatangan bahan baku pigment untuk membuat bahan pewarna dari pihak pemasok.

K.    Daftar Pustaka
             Anonim. 2007. Company Profile PT. Propan Raya ICC. Diakses dari http://www.propanraya.com.

Annual Book of ASTM Standart. 1999. ASTM International, USA.

Adidarma, H. 1998. Pengetahuan Dasar Wood Finishing.Tangerang: Propan Raya.

Budiyanto, A. 2008. Analisis Problem Batch Cat Type NC(Nitrocellulose) Di PT. Propan Raya. I.C.C, (Kerja Praktek). Jakarta: Universitas Indonusa Esa Unggul.

Burhana, R. 1998. Quality Safe Guard, Bagian IV. Tangerang: Propan Raya.

Gaspersz, V. 2001. Metode Analisis untuk Peningkatan Kualitas. Jakarta: Gramedia.

Suseno, M. 2004. Diktat Kuliah Pengendalian Kualitas. Jakarta. Universitas Indonusa Esa Unggul.

Susilo, J. 2007. Program Kelompok Kendali Mutu PT. Propan Raya ICC, Tangerang.

Turner, G.P.A. 1980. Introduction to Paint Chemistry and Principles of Paint Technology, Second Edition. London: Chapman and Hall Ltd.

Turner, G.P.A. 1980. Introduction to Paint Chemistry and Principles of Paint Technology, Second Edition. London: Chapman and Hall Ltd.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.