Abstrak dan Kata
Kunci
Industri
merupakan kegiatan ekonomi yang mengolah bahan mentah atau
bahan baku menjadi bahan yang berkualitas tinggi, jadi industri merupakan salah
satu kegiatan produksi.
Banyak industri yang ada di Indonesia, salah satunya industri sepatu. Industri sepatu merupakan salah satu sumber devisa negara, yaitu produk non migas yang bisa ditujukan untuk permintaan lokal dan ekspor. Industri sepatu mempunyai peluang dan prospek pasar yang baik dan efektif.
Banyak industri yang ada di Indonesia, salah satunya industri sepatu. Industri sepatu merupakan salah satu sumber devisa negara, yaitu produk non migas yang bisa ditujukan untuk permintaan lokal dan ekspor. Industri sepatu mempunyai peluang dan prospek pasar yang baik dan efektif.
Sektor
industri, terutama industri alas kaki atau sepatu di Indonesia mempunyai
kekhasan sendiri, mulai dari industri yang padat karya, produksinya berdasarkan
atas order yang diterima dan bahkan sebagian bahan bakunya harus diimpor dari
luar, ada juga yang mesin produksinya menggunakan middle technology.
Semakin
meningkatnya jumlah penduduk, gaya hidup yang konsumtif dan kesadaran
masyarakat akan pentingnya kesehatan kaki, membuat permintaan sepatu juga
semakin mengalami peninggkatan. Kondisi ini mendorong perusahaan-perusahaan
atau industri sepatu semakin bersaing untuk menciptakan produk yang berkualitas
tinggi, bahkan menimbulkan tumbuhnya merk nasional walau produk lokal.
Kegiatan
produksi sepatu untuk menghasilkan produk berkualitas memerlukan perencanaan
dan pengendalian produksi yang baik, sehingga produk yang dihasilkan memberikan
nilai manfaat yang tinggi bagi konsumen.
BAB 2. I S
I
Produk adalah segala sesuatu yang ditawarkan ke
pasar untuk mendapatkan perhatian, dibeli dan untuk memenuhi dan memuaskan
kebutuhan konsumen. Saat ini, salah satu produk yang sangat trendy di
masyarakat adalah sepatu. Sepatu adalah suatu jenis alas kaki yang digunakan
untuk melindungi kaki. Biasanya, sepatu dikelompokan berdasarkan fungsinya
yaitu sepatu olahraga, sepatu sekolah, sepati kerja, sepatu jalan, dan
lain-lain.
Industri sepatu tanah air telah mengeluarkan banyak
produk sepatu, tetapi banyak yang menggunakan merk nasional agar terlihat
seperti produk luar. Mereka juga bertujuan menciptakan produk berkualitas agar
bisa bersaing dengan produk luar negeri.
Banyak
cara yang dilakukan oleh perusahaan untuk menciptakan sepatu berkualitas dan
yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Mulai dari perencanaan hingga
pengendalian produksi. Perencanaan adalah awal bagi kita untuk menentukan
produk apa yang akan diciptakan, berapa banyak, kapan produk tersebut akan
selesai dan sumber-sumber yang diperlukan. Perencanaan akan membuat tujuan yang
telah ditetapkan dapat segera tercapai, jadi tujuan perencanaan harus jelas,
tegas dan mudah dimengerti. Perencanaan juga merupakan fungsi memilih sasaran perusahaan
secara kebijaksanaan, program dan pemilihan langkah-langkah apa yang harus
dilakukan, siapa yang melakukan dan kapan aktivitasnya dilaksanakan. Salah satu masalah yang
dihadapi dalam perecanaan produk sepatu ketika sumber-sumber yang diperlukan
dalam pembuatan sepatu tidak terpenuhi, target yang hendak disasar belum jelas
dan terkadang target akhir dari pembuatan sepatu tidak tepat atau sering
terlambat. Jadi perencanaan produksi sepatu harus dibuat sedetail mungkin dan
mempertimbangkan banyakl hal, agar sepatu yang dihasilkan berkualitas dan
selesai tepat pada target waktu.
Perencanaan produksi
terkadang mengalami perubahan, jadi setiap yang direncanakan harus bersifat
luwes. Sifat
luwes ini membuat pelaksanaan kegiatan produksinya harus dimonitor dan
dikendalikan terus menerus dan disesuaikan dengan kondisi yang ada namun
perencanaan harus tetap pada tujuan yangditetapkan. Untuk menghasilkan satu
produk yang berkualitas, dibutuhkan pengendalian dalam proses produksinya,
begitu juga dalam proses pembuatan produksi sepatu.
Dalam perencanaan dan pengendalian produksi sepatu lokal
(Indonesia), perusahaan juga mempertimbangkan berbagai kompetitor atau pesaing
dari luar. Masyarakat sering berpikir bahwa produk luar lebih berkualitas,
karena hal itu saat perencanaan produksi perusahaan akan menetapkan merk apa
yang diberikan untuk produk terbaru yang mampu menyaingi produk luar. Jadi, tak
heran ketika banyak sepatu dengan kualitas tinggi menggunakan merk luar atau
internasional tapi produk lokal bahkan banyak di ekspor dan dikenal secara
global. Hal ini bisa dilihat dari produk sepatu lokal yang diberi merk Piero
padahal merupakan produk lokal.
Kesimpulan dan Saran
Dalam perencaan suatu produk harus dipikirkan dan dibuat dengan
tepat dan ketat namun tidak kaku, yaitu dapat dirubah bila diperlukan dan
kemungkinan perubahan tidak menimbulkan kesulitan. Informasi yang baik akan
menimbulkan tujuan perencanaan yang baik dan pengendalian akan kegiatan
tersebut akan berjalan dengan teratur. Jadi, jika ingin menciptakan suatu
produk tetaplah kumpulkan informasi sebanyak mungkin tentang hal yang
dibutuhkan masyarakat dan lakukan perencanaan yang matang dan pengendalian
kegiatan produksi yang sempurna untuk menghasilkan produk berkualitas.
Daftar Pustaka
C09-FEBRI
BalasHapusPada proses pembuatan sepatu diharapkan bagi produsen pembuatan sepatu untuk memproduksi dengan model sendiri tanpa mencontek model dari luar. Karena dengan menciptakan suatu produk tetaplah kumpulkan informasi sebanyak mungkin tentang hal yang dibutuhkan masyarakat dan lakukan perencanaan yang matang dan pengendalian kegiatan produksi yang sempurna untuk menghasilkan produk berkualitas.