.

Rabu, 28 September 2016

Review Jurnal




A.    Judul Penelitian:
Pengaruh Limbah Industri Tahu Terhadap Kualitas Air Sungai Di Kabupaten Klaten

B.     Penulis:
Kesuma, Darajatin Diwani ( Fakultas Geografi UGM)
Widyastuti, Margaretha ( Fakultas Geografi UGM)

C.     Jurnal Bumi Indonesia Volume 2, Nomor 1, Tahun 2013. Dalam Link:

D.    Latar Belakang Masalah
Penelitian ini bertujuan menganalisis kualitas air limbah cair tahu, menganalisis kualitas air sungai yang disebabkan oleh limbah industri tahu, dan menganalisis pengaruh limbah cair limbah tahu terhadap air sungai. Metode pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Hasil analisis menunjukkan limbah cair tahu tanpa pengolahan di IPAL untuk parameter suhu, TSS, COD dan pH melebihi baku mutu, sedangkan limbah tahu yang diolah di IPAL mengandung kadar BOD dan COD yang melebihi baku mutu limbah. Kondisi kualitas air sungai dari titik sebelum bercampur limbah tahu menuju ke titik setelah bercampur limbah tahu mengalami penurunan kualitas yang ditunjukkan adanya parameter kimia dan fisika yang melebihi baku mutu. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa limbah cair tahu berpengaruh pada menurunnya kualitas air sungai di daerah penelitian.

E.     Metode
Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode survei yang didukung dengan data sekunder. Data primer diperoleh dari pengukuran langsung di lapangan, sedangkan data sekunder diperoleh dari beberapa instansi terkait maupun
studi pustaka.

F.      Hasil Dan Pembahasan
1.      Kualitas air limbah tahu pada sampel limbah yang tidak mengalami proses pengolahan di IPAL telah melebihi baku mutu untuk parameter suhu, TSS, COD dan pH berdasarkan Peraturan Daerah Propinsi Jawa Tengah No.10 tahun 2004. Kualitas air limbah tahu pada sampel yang diambil di IPAL telah melebihi baku mutu untuk kadar BOD dan COD.

2.      Kualitas air sungai di daerah penelitian telah terindikasi adanya pencemaran limbah industri tahu karena sifat fisik dan sifat kimia yang terkandung dalam sampel air sungai telah melebihi baku mutu kualitas air menurut Peraturan Pemerintah No. 82 tahun 2001.


3.       Limbah tahu memberikan pengaruh terhadap air sungai dibuktikan dari meningkatnya kadar amonia, BOD, dan COD dari saat sebelum air sungai bercampur dengan limbah tahu hingga titik percampuran air sungai dengan air limbah tahu.


G.    Review Jurnal
      Secara Keseluruhan Jurnal ini sudah sangat bagus dengan data-data yang di paparkan penjelasan metode dan hubungan metode dengan beberapa tujuan jurnal ini di buat. Tetapi jurnal ini memiliki beberapa kekurangan juga salah satunya mungkin seperti Tidak di jelaskan secara detail apa itu COD,BOD,TSS. Jadi mungkin untuk selanjutnya bisa di sempurnakan lagi agar para pembaca dapat lebih mengerti hasil penelitian yang sudah di lakukan ini.

H.    Abstrak
      The amis of this study are to analyse the tofu liquid waste quality, to analyze the water quality of river which caused by industrial waste water, and to analyze the effect of liquid waste that produces by tofu industry. The water sampling method of liquid waste and river use purposive sampling. Laboratory result of liquid waste water indicate that the parameters of temperature, TSS, COD and pH exceeded the waste water quality standard, while the tofu waste that is threated at the Waste Water Treatment Instalation (IPAL) contain the exceed level of BOD and COD from the quality standards of waste. River water quality conditions from the mixed waste before until after sampling point of mixed with tofu waste show a decline in the quality of chemical and physical parameters. Those parameter exceed the water quality standards. Based on the result of the research, it can be conclude the liquid waste give an effect on decreasing of river water quality.

I.       Daftar Pustaka
Effendy, H. 2003. Telaah Kualitas Air Bagi Pengelolaan Sumberdaya dan Lingkungan Perairan. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
Keputusan Menteri Negara Kependudukan dan Lingkungan Hidup No. 02/MENKLH/1988 tentang Pedoman Penetapan Baku Mutu Lingkungan
MetCalf and Eddy. 1972. Waste Water Engineering Collection Treatment Disposal, MC graw – Hill Book Company, London.
Peraturan Daerah Propinsi Jawa Tengah No. 10 tahun 2004 tentang Baku Mutu Air Limbah.

Peraturan Pemerintah Nomor 20 tahun 1990 tentang Pengendalian Pencemaran Air.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.