FOKUS DAN KEPUASAN
PELANGGAN
Beberapa factor yang mempengaruhi kepuasan pelangan
a.
Kualitas produk, yaitu pelanggan akan merasa puas bila hasil mereka menunjukkan
bahwa produk yang mereka gunakan
berkualitas.
b. Kualitas pelayanan atau jasa, yaitu pelanggan akan merasa puas bila mereka mendapatkan pelayanan yang baik atau sesuai dengan yang diharapkan.
c. Emosi, yaitu pelanggan akan merasa bangga dan mendapatkan keyakinan bahwa orang lain akan kagum terhadap dia bila menggunakan produk dengan merek tertentu yang cenderung mempunyai tingkat kepuasan yang lebih tinggi. Kepuasan yang diperoleh bukan karena kualitas dari produk tetapi sosial atau self esteem yang membuat pelanggan merasa puas terhadap merek tertentu.
d. Harga, yaitu produk yang mempunyai kualitas yang sama tetapi menetapkan harga yang relatif murah akan memberikan nilai yang lebih tinggi kepada pelanggan.
e. Biaya, yaitu pelanggan yang tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan atau tidak perlu membuang waktu untuk mendapatkan suatu produk atau jasa cenderung puas terhadap produk atau jasa tersebut.
b. Kualitas pelayanan atau jasa, yaitu pelanggan akan merasa puas bila mereka mendapatkan pelayanan yang baik atau sesuai dengan yang diharapkan.
c. Emosi, yaitu pelanggan akan merasa bangga dan mendapatkan keyakinan bahwa orang lain akan kagum terhadap dia bila menggunakan produk dengan merek tertentu yang cenderung mempunyai tingkat kepuasan yang lebih tinggi. Kepuasan yang diperoleh bukan karena kualitas dari produk tetapi sosial atau self esteem yang membuat pelanggan merasa puas terhadap merek tertentu.
d. Harga, yaitu produk yang mempunyai kualitas yang sama tetapi menetapkan harga yang relatif murah akan memberikan nilai yang lebih tinggi kepada pelanggan.
e. Biaya, yaitu pelanggan yang tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan atau tidak perlu membuang waktu untuk mendapatkan suatu produk atau jasa cenderung puas terhadap produk atau jasa tersebut.
@B24-SEPTI
BalasHapusFokus dan Kepuasan Pelanggan ini biasanya diperuntukan untuk seorang sales dan marketing di sebuah perusahaan, tidak hanya pada kualitas produk suatu barang tapi juga harus membangun kepuasan atau serving self kepada customer . Cara diatas sangat membantu kita untuk dipelajarinya
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus@B11-AZIZ
BalasHapussetiap perusahaan sebaiknya sangat memperhatikan kepuasan pelanggan karena itu yang menjadi tolak ukur kesuksesan suatu perusahaan, jika banyak konsumen yang puas terhadap pelayanan perusahaan tersebut maka semakin banyak konsumen-konsumen lainya yang berdatangan.
tetapi penjelasan artikelnya sangat singkat.
@B21-DJARWOTO
BalasHapusArtikel ini hanya menjelaskan bagaimana meningkatkan kepuasan pelanggan.Sebaiknya dijelaskan pula bagaimana mempertahankan kepuasan pelanggan
Fokus dan Kepuasan Pelanggan ini biasanya diperuntukan untuk seorang sales dan marketing di sebuah perusahaan, tidak hanya pada kualitas produk suatu barang tapi juga harus membangun kepuasan atau serving self kepada customer . Cara diatas sangat membantu kita untuk dipelajarinya
BalasHapusSaran : Sebaiknya dijelaskan juga bagaiman mempertahankan kepuasan pelanggan
@B14-Haelis
BalasHapusSaat ini konsumen sangat peka terhadap kualitas suatu barang. Kepuasan konsumen menjadi hal penting bagi setiap perusahaan. Dengan kualitas produk atau jasa yang baik bisa membuat konsumen terpuaskan.
Akan tetapi artikel ini terlalu singkat dalam menjelaskan setiap elemen yang ada. Semoga penulis bisa menambahkan penjelasan tentang artikel ini.
Terimakasih