.

Senin, 14 Maret 2016

Manfaat Posisi tidur miring ke Kanan

Tidur sangat dibutuhkan untuk mengembalikan stamina tubuh. Posisi tidur berpengaruh terhadap kesehatan. Rasulullah Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam menganjurkan kepada para pengikut beliau untuk tidur berbaring pada sisi badan bagian kanan.
Dalam sunnah Rasulullah, posisi tidur diusahakan agar kepala menghadap ke utara dan kaki mengarah ke selatan, sehingga tubuh tidak menolak arus medan magnet, konstan mengaliri sekujur tubuh dari kutub magnetik utara menuju ke selatan dan berpengaruh baik terhadap sistem syaraf kita.

Sunnah Rasulullah mendahulukan posisi tidur di atas sisi sebelah kanan (rusuk kanan sebagai tumpuan) dan berbantal dengan tangan kanan, tidak mengapa apabila setelahnya berubah posisinya di atas sisi kiri (rusuk kiri sebagai tumpuan). Hal ini berdasarkan hadits Rasulullah: “Berbaringlah di atas rusuk sebelah kananmu,” (HR Al-Bukhari No. 247 dan Muslim No. 2710). Demikian adab tidur yang dianjurkan Rasulullah, mengawali posisi miring ke kanan. Di balik sunnah Nabi ini ternyata banyak sekali hikmah dan manfaat yang bisa bisa di ambil dari sisi kesehatan.

Ukuran paru-paru sebelah kiri lebih kecil daripada paru-paru sebelah kanan. Karena itu, jantung menahan beban yang lebih sedikit dan lever pun berada dalam kondisi stabil dan tidak menggantung. Lambung juga berada dalam kondisi nyaman. Posisi seperti ini membantu mempercepat proses pengosongan lambung.

New York Times, Selasa (26/10/2010) melansir, pada umumnya dokter akan menyarankan orang tidur miring sehingga gaya gravitasi bisa terjaga untuk menjaga isi perut.Berikut Manfaat Tidur Menghadap Ke Sebelah Kanan menurut Penjelasan Medis :
  • Mengistirahatkan otak sebelah kiri
·         Mengurangi beban jantung
·         Mengistirahatkan lambung
·         Meningkatkan pengosongan kandung empedu dan pankreas
·         Meningkatkan waktu penyerapan zat gizi
·         Mengistirahatkan kaki kiri
·         Mengurangi Rasa Tegang pada bagian Punggung


Referensi :
4-     Adrian, 2013. Dampak posisi tidur berdasarkan Penelitian ilmiah http://dimazziv.blogspot.co.id/2013/03/dampak-posisi-tidur-berdasarkan.html



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.