.

Jumat, 11 Maret 2016

Manfaat Senam Pagi Bagi Kesehatan


 

Kebanyakan kita beranggapan olahraga itu menyehatkan karena mampu membakar kalori. Padahal lebih dari itu, masih banyak manfaat yang belum kita ketahui. Berikut 7 manfaat senam pagi yang di himpun dari berbagai sumber.
1. Senam Pagi Dapat Meningkatkan Kecerdasan Otak
 
Penelitian yang dilakukan Nihon Fukushi University di Handa mengungkapkan bahwa dengan senam pagi mampu mempengaruhi kecerdasan otak kita dan memiliki intelektualitas yang tinggi. 
2    2. Menghilangkan Rasa Sakit Kepala
  
      Penelitian menemukan bahwa rasa sakit kepala terjadi akibat tidur terlalu lama, karena neuro transmitter (sistem saraf) otak akan terganggu jika kita tidur terlau lama akibatnyakepala menjadi terasa pusing. Dengan senam pagi membantu untuk mengatur intensitas tidur anda, dengan tidur secukupnya dan tidak berlebihan maka membantu kita untuk terhindar dari sakit kepala.
      3. Mecegah Penyakit Alzheimer
Sebuah studi penelitian di University of South California yang menemukan fakta bahwa dengan latihan treadmill dan jogging di pagi hari mampu meningkatkan kekuatan otak dan membuat otot lebih tahan terhadap kelelahan, yang juga membuat kita terhindar dari penyakit Alzheimer.
      4. Olahraga Pagi Menyehatkan Jantung
Berolahraga dapat mempengaruhi aktivitas jantung. Dengan menigkatnya hormone adrenalin saat berolahraga pagi dapat membuat jantung berdetak lebih cepat, hal itu baik untuk menjaga fungsi jantung. Selain itu dengan berolahraga maka metabolisme tubuh kita akan meningkat. Pertumbuhan sel-sel baru akan lebuh cepat dan sel-sel tua akan mati dengan gerakan-gerakan yang kita lakukan.
    
      5. Terhindar Dari Resiko Obesitas
Penelitian Lara Carison PhD. di American College of Sport Medicine, menemukan bahwa saat olahraga pagi tubuh mengeluarkan hormone yang mampu mengurangi nafsu makan.
  
      6. Terhindar Dari Stress
Pada saat bekerja kita akan merasa mudah penat, hingga membuat hubungan social kita terganggu. Menurut paka analisis bahwa dengan berolahraga dapat meningkatkan kenyamanan kita untuk berkomunikasi dengan anggota keluarga, teman hingga pasangan. Hal itu bisa bisa menghindarkan orang tersebut menjadi stress.
      7. Membantu Membentuk Tubuh Ideal
Aktivitas fisik di pagi hari dapat menyebabkan tubuh kita melepaskan hormone endorphin yang bisa membuat kita memilih menu makanan yang lebih sehat , dengan begitu sangat mendukung kita yang sedang menjalani program diet. 
Referensi:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.