.

Rabu, 09 Maret 2016

Manfaat Sianida Si Racun Kopi



Oleh : ZIEYA CERIENOVINKAI

Belakangan ini banyak diperbincangkan mengenai sianida yang menyebabkan seorang wanita kehilangan nyawa setelah meminum kopi yang telah dicampur dengan benda tersebut.
Tetapi tidak mungkin sesuatu diciptakan hanya memiliki kegunaan yang negative, oleh karenanya artikel ini akan membahas mengenai sisi lain sianida yang sedang popular. Jadi apa itu sianida ?


 Sianida merupakan senyawa yang mengandung siano (CN) dari sebuah atom karbon (C) yang terikat tiga dalam atom nitrogen (N). 



Sianida dapat berbentuk padat cair maupun gas. Sianida padat biasanya berbentuk seperti kristal garam (KCN) merupakan senyawa yang mudah larut dalam air, dalam bentuk cairan tak berwarna, dan sangat beracun bila terhirup, tertelan maupun terpapar pada kulit. Keracunan yang disebabkan oleh sianida bergantung pada kadar, rute dan lamanya waktu terpapar. 


Menghirup gas sianida menyebabkan efek yang paling mematikan karena gas ini akan terperangkap dalam tubuh dan bekerja mencegah sel sel tubuh untuk menggunakan oksigen.

Lalu mengapa senyawa ini ada padahal sangat beracun ? Jadi sebenarnya kegunaan utama sianida adalah pada pertanian, electroplating serta pertambangan.   Sianida pada pertanian digunakan sebagai insektisida mitisida atau fumigasi. Tetapi untuk menggunaan sianida ini agar berhati hati karena akan mengkontaminasi tanaman yang sedang tumbuh disekitarnya, dilansir dari beberapa media sianida terdapat juga dalam almond, kacang lima, sorgum, batang bamboo dan singkong. Tak hanya itu, sianida juga ditemukan pada biji aprikot, ceri, apel, dan peach. Masing-masing kandungan bahan kimia dalam biji tersebut dimetabolisme menjadi sianida. Namun, jumlah sianida yang diproduksi masih dinilai wajar karena kandungannya yang sangat rendah.  


Sementara itu pada singkong, sianida dihasilkan oleh senyawa yang bernama sianogen atau disebut linamarin. Ahli biologi tanaman, seorang Profesor dari Ohio State University, Richard Sayre mengatakan linamarin dihasilkan dari tanaman singkong yang tidak diproses secara sempurna. Untuk itu proses yang tepat dari tanaman singkong adalah dikeringkan, direndam di dalam air, dicuci dengan air atau dipanggang maupun dibakar. Agar mengurangi kadar linamarin dalam singkong secara efektif.  




Pada bidang pertambangan sianida berguna untuk proses ekstraksi emas atau sering disebut dengan (penggilingan, penghancuran, penggumpalan) yang dilanjutkan dengan proses kimia untuk mendapatkan emas secara murni. Satu lagi kegunaan sianida adalah untuk membantu proses elektroplating atau pelapisan agar logam logam tidah mudah terkorosi. Sehingga dapat kita simpulkan segala sesuatu apabila dilakukan dan digunakan secara bijak akan menjadi sesuatu yang bermanfaat dan menghasilkan. Cermat dalam menentukan ya!



Referensi :

Amier. 2016. Sianida Racun Pembunuh dalam 15 menit. http://www.detikbuzz.com/11758/apa-itu-sianida-racun-pembunuh-dalam-15-menit/. Diakses 09 Maret 2016. 19:00 WIB
  

Direktorat Pengawasan Produk dan Bahan Berbahaya
Deputi Bidang Pengawasan Keamanan Pangan dan Bahan Berbahaya, Badan POM. http://www.enviro.bppt.go.id/sipop/B3/NatriumSianida.htm. Natrium Sianida. Diakses 09 Maret 2016, 19:15 WIB.

PT. Karkoon Mandiri Jaya. 2016. http://sodiumsianida.com/. Diakses 09 Maret 2016. 21:00 WIB.

Wahyuni, Tri. 2016. Sianida, Pestisida Alami Yang Mengancam Jiwa. Jakarta. http://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20160112145455-262-103754/sianida-pestisida-alami-yang-bisa-mengancam-jiwa/. Diakses 09 Maret 2016, 17:20 WIB

Widayanto, Tri Hamid, Ibnu ari Swasemba, Miftah Khairi Zufron. 2015. KARAKTERISASI ELEKTROKIMIA LARUTAN ELEKTROLIT  RENDAH SIANIDA UNTUK ELEKTROPLATING PERAK DEKORATIF RAMAH LINGKUNGAN. Surakarta. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/6605/K96.pdf?sequence=1. Diakses 09 Maret 2016. 20:20 WIB.

1 komentar:

  1. ada ngga yang meneliti berapa batas maksimal konsumsi kolak singkong yang notabene tidak dikeringkan terlebih dahulu, kei? :v

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.