.

Sabtu, 12 Maret 2016

Panel Surya Transparan ?

Panel surya sendiri merupakan sebuah perangkat yang memanfaatkan prinsip fotovoltaik, dimana perangkat ini memanfaatkan energy sinar Matahari sebagai sarana untuk menghasilkan energy yang mana biasanya dikonversikan sebagai energy listrik.

Panel surya dirancang untuk mudah menyerap energy dari sinar matahari, oleh sebab itu desain dari panel surya yang sekarang beredar dipasaran rata-rata berwarna hitam agar proses penyerapan sinar matahari jauh lebih efisien.
Panel surya sendiri memiliki beberapa kelebihan antara lain:
1.       Proses maintenance yang mudah
2.       Endurance pemakaian yang mencapai jangka waktu 15-20 tahun.
3.       Energy Alternatif pengganti bahan bakar fosil

Penulis yakin bahwa banyak dari kita yang sudah pernah melihat panel surya. Kita acap kali mengenal panel surya sebagai sebuah papan berwarna hitam yang diletakan diatas atap gedung-gedung maupun diatas lampu penerangan jalan.

Jika dilihat dari fungsinya panel surya memang sangat berguna, akan tetapi tidak dapat dimanfaatkan secara effisien dikarenakan desain yang terlalu monoton serta hanya bias ditaruh ditempat tertentu saja, sehingga saat ini panel surya masih memerlukan lahan yang luas untuk dimanfaatkan sebagai energy alternative.
Akan tetapi pernakah terbayang oleh anda jikalau desain panel surya yang rigid itu bisa mengalami transformasi desain sehingga menyerupai kaca?

Peneliti di Michigan State University baru-baru mengembangkan panel surya “ Transparan ” atau yang disebut dengan Transparent Luminescent Solar Concentrator (TLSC).

Pada mulanya panel surya ini dianggap mustahil untuk dikembangkan karena sifat dari benda transparan yang tidak bisa menyerap cahaya, akan tetapi peneliti menggunakan konsentrator surya bercahaya transparan (TLSC), yang berisi garam organik yang menyerap panjang gelombang tidak terlihat, spesifiknya untuk sinar ultraviolet dan sinar inframerah. Cahaya ini kemudian dipandu menuju sel surya fotovoltaik tradisional yang mampu menjebak energi dan mengubahnya menjadi listrik.
Panel surya transparan ini dapat dimanfaatkan sebagai sarana energy alternatif yang lebih effisien karena dapat dimanfaatkan dimana saja, termasuk dijadikan sebagai jendela gedung perkantoran sehingga listrik dikantor-kantor tidak memerlukan supply dari PLN ataupun diaplikasikan sebagai layar handphone untuk batrai handphone yang lebih panjang durasi pemakaiannya



Daftar Pustaka











Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.