.

Jumat, 11 Maret 2016

Pentingnya SOP Dalam Pekerjaan




Di setiap perusahaan pastinya memiliki S.O.P nya tersendiri, Apa itu S.O.P?  SOP yang kepanjangan dari standard Operating Procedures adalah panduan hasil kerja yang di inginkan serta proses kerja yang harus di laksanakan. Di perusahaan saya tersendiri pun juga menerapkan sistim SOP untuk para karyawannya, guna kita dapat melaksanakan pekerjaan dengan baik dan mengikuti prosedur yang sudah di buat oleh setiap depertemen atau perusahaan yang kita jalani. 

Tujuan dibuatnya SOP adalah supaya pegawai atau pekerja dapat menjaga konsisten dan tingkat kinerja nya dan juga agar setiap karyawan dapat mengetahui dengan jelas peran dan fungsi tiap tiap posisi dalam organisasi.

Perusahaan seharusnya wajib untuk memiliki SOP, agar bisnis atau pekerjaannya lancar maka perusahaan harus menerapkan sebuah prosedur standar untuk pekerjaannya. Dengan menerapkan SOP banyak keuntungan yang di dapat oleh perusahaan atau depertemen tersebut.

Contoh beberapa keuntungan yang mereka dapat:

  1. Dengan menerapkan SOP di Perusahaan dapat mengurangi kesalahan dalam pekerjaan kita, karena setiap intruksi pekerjaan kita sudah di buat dan tersusun dgn jelas.
  2. SOP juga akan meningkatkan efisiensi dan efetivitas pelaksaan tugas dan tanggung jawab individual dan organisasi keseluruhan.
  3. Dapat menciptakan ukuran standar kinerja dan juga dapat membantu mengevaluasi usaha yang di lakukan.
  4. memudahkan proses pemberian tugas dan tanggung jawab

Meski banyak keuntungan yang di dapat dengan mengikuti SOP berlaku tapi banyak juga karyawan  tidak mau mengikuti SOP yang dibuat di perusahaany, dan SOP hanya menjadi SOP belaka, jika karyawan tidak mengikuti SOP kemungkinan disebabkan oleh 2 faktor yaitu di karenakan ia tidak tahu bagaimana melaksanakan prosedur kerja atau ia tidak mau melaksanakannya.

Untuk mengatasi 2 faktor karywan yang tak menikuti sop tersebut ada cara yang baik untuk memperbaikinya. Faktor yang pertama dapat diatasi dengan diberikan pelatihan dan bekal pengetahuan mengenai pentingnya SOP, untuk mengatasi factor ke 2 dapat  dilakukan dengan metode coaching.

Metode Coaching dapat dilakukan dengan cara:
1. memetakan masalah kinerja secara professional
2. mendiskusikan penyebab  masalah
3. mengenali dan mencatat solusi
4. mengembangkan rencana kerja secara spesifik
5. mengelola dan menjadwalkan sesi tindak lanjut

Refrensi:
  1. http://smeindonesia.org/manfaat-tujuan-dan-fungsi-sop/465/
  2. http://rajapresentasi.com/2009/09/tahapan-dalam-melakukan-coaching-kepada-bawahan/
  3. http://actdimensi.com/sop-hanyalah-sop-detail-13283
  4. http://www.intisolusindojaya.com/blog/bisnis/21-sop
  5. http://taufikamsyah.wordpress.com/2013/02/18/pengertian-sop/
Published By: Jefris Okdean
41614120069

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.