oleh : fera fitria
Dalam
dunia bisnis online tentunya bidang TI (Teknologi Informasi) sangatlah berperan
dan memberikan pengaruh yang begitu pekat di dalamnya. Di Indonesia, bisnis
online sudah sangat menjamur dan bahkan sudah berkembang begitu pesat, misalnya
dalam hal penjualan produk-produk barang ataupun jasa yang ditawarkan. Saat ini
toko butik pun bisa saja tidak harus memiliki tempat atau wujud nyata dimana
kita bisa berkunjung dan memilih barang-barang yang diinginkan di sana. Kini
hanya tinggal membuka sebuah halaman website, kemudian kita dapat langsung
melihat-lihat dan memilih barang apa saja yang ingin kita beli dan dalam waktu
yang singkat barang tersebut sudah dapat kita terima. Begitulah dunia bisnis
online yang sudah begitu banyak memberikan kemudahan bagi para konsumen maupun
para pengusaha. Namun dalam bahasan saya kali ini yaitu mengenai pengaruh dan
peranan Teknologi Informasi terhadap perkembangan bisnis online di Indonesia.
Laohapensang (2009:508) menyatakan bahwa ada tiga faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen pada bisnis online shop yaitu :
· sikap (attitude)
· norma subyektif (subjective
norm)
· persepsi kontrol
perilaku (perceived behavioral control)
1. Dampak Positif
Dampak positif bagi
generasi muda Indonesia dengan adanya Online Shop antara lain:
- · Generasi muda akan semakin kreatif dalam berbisnis, karena dengan adanya Online Shop persaingan bisnis akan semakin luas, tidak hanya di dalam negeri persaingan bisnis bahkan sampai ke luar negeri.
- · Dapat menghasilkan pebisnis-pebisnis muda, dengan modal yang murah dan mudahnya menjalankan bisnis ini maka akan menarik para generasi muda untuk mulai dapat berbisnis.
2.
Dampak Negatif
Selain menghasilkan dampak
positif berkembangnya Online Shop juga menimbulkan dampak negatif, yaitu:
- Meningkatkan perilaku konsumtif, kemudahan berbelanja yang ditawarkan Online Shop membuat kegiatan transaksi jual-beli semakin meningkat. Ini secara tidak langsung telah menciptakan paham baru yaitu konsumerisme.
- Menimbulkan sifat boros, dengan timbulnya paham konsumerisme maka akan timbul sifat boros karena barang yang dibeli tidak hanya barang yang dibutuhkan melainkan juga yang diinginkan.
- Menyebabkan konsumen berpikir praktis, dengan kelebihan-kelebihan yang ada membuat para konsumen yang mayoritas para remaja menginginkan hasil tanpa adanya proses.
- sulit besosialisasi, karena kegiatan berbelanja di Online Shop dapat dilakukan hanya dengan melalui gadget.
Media yang sering digunakan
untuk Online Shop adalah :
Blog
Situs Web
Media sosial
Mereka
yang mengerti bisnis dapat melihat peluang yang baik pada dunia bisnis online.
Karena banyak keunggulan atau keuntungan di dalam bisnis secara online. Para
pe-bisnis tersebut tidak perlu mencari kios atau tempat untuk melakukan bisnis,
berbisnis online hanya dengan komputer dan koneksi internet, tidak perlu
membayar karyawan, dan masih banyak lagi keuntungannya. Jadi, Teknologi
Informasi (TI) sangat berperan penting di dalam perkembangan bisnis online di
Indonesia yang juga dapat meningkatkan perekonomian di negara ini.
sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.