.

Kamis, 10 Maret 2016

Melirik Logam Tajam Yang Cantik


Yang namanya mahasiswa tuh emang banyak tugas, terus kenapa dijadiin alasan baru bisa membuat artikel?, nah di postingan blog gw kali ini gw akan membahas sesuatu yang nggak biasa, gw akan mencoba membagikan sedikit pendapat gw tentang seni dalam melapisi logam pada pisau. Loh apa hubunganya seni dengan pisau, apa Cuma gurauan?,


Yuk mari.. langsung cekidot aja.., di postingan kali ini gw akan menjelaskan sedikit teknik yang digunakan dalam finishing logam pada pisau, mulai dari ada yang pake batu, kaca, sampai keramik,dll, dsb, dan lanjut ke yang pertama..

Mirror Polished Finish : pengerjaan finishing mirror polished finish dilakukan degan tangan, pemolesan ini dilakukan hingga permukaan pisau manjadi licin dan reflektif menggunakan bahan green stone dan cairan metal polished, selain memberikan tampilan yang baik dan memukau, teknik finishing ini dapat memperkuat daya tahan permukaan pisau dari korosi serta memberikan kelancaran pada pisau saat memotong objek tertentu, pengerjaan ini membutuhkan waktu yang lama dan ketelitian yang tinggi hingga mengakibatkan harga pisau melonjak mahal.


Mirror Polished Finish



Blasted Finish : Adalah teknik finishing yang menggunakan bahan abrasif/kasar seperti kaca, manik manik, atau keramik, teknik finishing ini dilakukan dengan cara melancarkan tekanan yang tinggi kepada logam pisau dengan cara menggiling logam pisau bersamaan dengan bahan bahan tersebut atau dengan cara menembakan material keramik, kaca, manik dengan tekanan yang tinggi. teknik finishing ini mengakibatkan permukaan logam pisau memiliki permukaan yang non-reflektif seperti pisau berkarat yang cantik. (jika anda tahu, tanpa finishing bahkan stainless steel dapat berkarat dalam 1 hari jika dibiarkan dalam udara yang sangat lembab)


Blasted Finish



Coated Finish : Seperti namanya, coating berarti lapisan atau malapisi, pelapisnya biasanya memiliki warna black, dark earth, grey. coated finish mengurangi refleksi pada pisau, itu harga yang harus dibayar jika ingin memiliki pisau dengan daya tahan terhadap karat dan keausan tinggi. namun semua pelapis coated finish dapat tergores peeled off setelah pemakaian yang cukup keras. umumnya pelapis yang digunakan adalah jenis DLC (Diamond Like Carbon). teknik coated finish ini dapat memperpanjang umur pisau dan sangat cocok dengan jenis baja karbon yang rentan akan korosi. teknik finishing ini sangat efisien untuk mengurangi waktu pewrawatan pisau dengan micro oil atau semacamnya.


Coated Finish



Stonewashed Finish : mungkin namanya sedikit terdengar aneh (mencuci dengan batu?), stonewash/stonewashed finish, adalah teknik finishing logam pisau yang mirip dengan bead blast finish (baca bagian 2), cara kerja teknik ini adalah dengan cara memasukan logam pisau ke dalam alat penggiling dan mencampurkanya dengan batu obsidian halus yang sudah diberi sedikit pelumas, lalu di giling dalam waktu yang lama. tujuanya adalah agar pisau memiliki permukaan dengan scratch/goresan halus yang dapat memperkuat permukaan pisau dari goresan ringan hingga berat, bahkan dari air dan udara lembab yang dapat menyebabkan karat.


Stonewashed Finish



Memang.., jika di didalami sedalam dalam dalamnya lagi, masih banyak seni finishing pisau dengan berbagai macam cara, seperti anodize, acid wash, acid stonewash, satin, smokewash, dll.
untuk pembahasan selanjutnya, belum bisa saya tampilkan sekarang, you know well what that mean?, it will cost more time, jadiii..., buat yang masih penasaran tungguin aja next unfamiliar post dari saya ya sobat mercu tercinta. wassallam....


Sumber : 

http://www.stormthecastle.com/blacksmithing/blacksmithing-a-knife/stock-removal-method-of-knifemaking-part-5.htm

bladehq.com

knifeworks.com

indonesian blades group on facebook

http://www.knifemaking.com/category-s/8.htm

http://www.knifeart.com/finbyalel.html

http://www.knifenetwork.com/forum/showthread.php?t=53769


Written by : 

Raden Entada Shainandra / 41614120004 / Teknik Industri



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.