.

Rabu, 16 Maret 2016

CFC BERBAHAYA BAGI ATMOSFER BUMI


Hubungan Penggunaan CFC dengan Penipisan  Lapisan Ozon.
Sebenarnya penipisan ozon ini dipicu dari tingginya pemakaian CFC, namun guna menormalkan kembali kondisi ozon, diperlukan kerja sama yang baik dari semua pihak.  Tindakan yang dapat kita lakukan saat ini demi memelihara lapisan ozon, misalnya mulai mengurangi atau tidak menggunakan lagi produk-produk rumah tangga yang mengandung zat-zat yang dapat merusak lapisan pelindung bumi dari sinar UV ini


(http://sainsforhuman.blogspot.co.id/2014/01/pengaruh-freon-atau-cfc-mesin-pendingin.html)

Apabila penggunaan freon terus meningkat, maka proses penipisan lapisan ozon juga akan terus berlangsung. Dengan sendirinya jumlah radiasi sinar ultra violet ke permukaan bumi meningkat dan membahayakan kehidupan makhluk hidup. Bahaya radiasi sinar ultra violet ini tidak jauh berbeda dengan bahaya yang ditimbulkan oleh radiasi bahan nuklir
.
Kerusakan lapisan ozon yang sering di gunakan untuk menunjukan berkurang nya atau hilangnya lapisan ozon yang terdapat pada lapisan atmosfir. Di negara indonesia, manifestasi pemanasan global, yakni terganggunya siklus hidro-logis yang telah merusak sebagian besar sumber daya air (SDA) di indonesia.


(http://www.customsclearance.asia/2014_09_01_archive.html)

Apabila bumi masih terus memanas, pada jangka waktu yang panjang akan terjadi pengurangan air tawar di muka bumi ini secara drastis, sehingga kelaparan pun akan meluas di bumi ini. Udara akan sangat panas, jutaan orang berebut air dan makanan. Napas tersenggal oleh asap dan debu. Rumah-rumah di pesisir terendam air air laut. Luapan air laut akan semakin meluas, sehingga akhirnya menelan seluruh pulau. Hidrofluorokarbon atau HCFC, yang lebih sedikit menyebabkan kerusakan lapisan ozon bila dibandingkan CFC, digunakan sementara sebagai pengganti CFC.


(http://pujiikhwan.blogspot.co.id/2011/04/pemanasan-global.html)
CFC merupakan gas gabungan dari tiga senyawa organik , yaitu adalah karbon, khlor, flour. Atau sering dipakai untuk kaleng aerosol. CFC sangat berperan dalam pemanasan global karena pada zat ini di lepaskan di udara maka dapat mengubah lapisan ozon dan dapat juga menipiskan lapisan ozon ini berguna untuk melindungi bumi dan mkhluk hidup dari paparan radiasi ultra violet B (UV-B).

Oleh karena itu, diperlukan upaya meningkatkan kesadaran dan partisipasi aktif masyarakat dalam program perlindungan lapisan ozon, pemahaman mengenai penanggulangan penipisan lapisan ozon, memperkenalkan bahan, proses, produk, dan teknologi yang tidak merusak lapisan ozon. Bila tidak, maka proses penipisan ozon akan semakin meningkat dan mungkin saja akan menyebabkan lapisan ini tidak dapat dikembalikan lagi ke bentuk aslinya.


Daftar Pustaka

Achmad, Rukaesih. 2004. Kimia Lingkungan. Yogyakarta: Penerbit ANDI
http://www. LAPISAN OZON MENIPIS AKIBAT PEMAKAIAN CFC (CLOROFLUOROCARBON) (Bagian II) « Ozon-SILAMPARI.htm
http://www.mercubuana.ac.id
Supriadi, Dedi, Sutrisno. 2007. Ilmu Pengetahuan Alam SMK Kelas X. Bogor : Yudhistira
http://sainsforhuman.blogspot.co.id/2014/01/pengaruh-freon-atau-cfc-mesin-pendingin.html
http://jumajuma27.blogspot.co.id/2013/02/dampak-penggunaan-chlorofluorocarbon.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.