.

Senin, 23 Maret 2020

Perkembangan dan ragam bahasa Indonesia di bidang teknologi


Perkembangan dan ragam bahasa Indonesia di bidang teknologi


Abstrak

Bahasa itu terus berkembang, berkembang seiring dengan perkembangan zaman. Hal ini tidak terkecuali pada Teknologi yang merupakan suatu kebutuhan akan masyarakat Indonesia. Di era Teknologi Informasi dan Komunikasi saat ini, bahasa ini Indonesia mengalami perkembangan yang pesat. Perkembangan tersebut memicu perubahan utama di dalam bahasa Indonesia.

Kata kunci : Bahasa, perkembangan, teknologi

Pendahuluan

Di era modern  ini, Teknologi memegang kendali atas zaman modern. Dominasi IT pada setiap kehidupan manusia tergambar dalam kehidupan keseharian manusia saat ini, seperti penggunaan smartphone, sosial media, komputer, dan bahkan sampai Artificial intelligent atau kecerdasan buatan. Dalam menggunakan berbagai media informasi tersebut, teknologi didominasi oleh Bahasa inggris, tidak banyak teknologi yang menggunakan Bahasa Indonesia sebagai Bahasa operasionalnya, tetapi dengan seiring berkembangnya zaman, perlahan lahan Bahasa Indonesia mulai di pakai disegala teknologi yang ada

Pembahasan

Ragam bahasa adalah variasi pemakaian bahasa. Bachman (1990, dalam Angriawan, 2011:1), menyatakan bahwa ragam bahasa adalah variasi bahasa menurut pemakaian, yang berbeda-beda menurut topik  yang dibicarakan, menurut hubungan pembicara, kawan bicara, orang yang dibicarakan, serta menurut medium pembicara. Dengan kata lain, ragam bahasa adalah variasi bahasa yang berbeda-beda yang disebabkan karena berbagai faktor yang terdapat dalam masyarakat, seperti usia, pendidikan, agama, bidang kegiatan dan profesi, latar belakang budaya daerah, dan sebagainya.

Bahasa Indonesia adalah bahasa utama yang dapat membantu perbedaan penggunaan bahasa di dalam kehidupan di Indonesia. Selain itu, bahasa Indonesia digunakan sebagai alat pengembangan kebudayaan dan ilmu pengetahuan dan teknologi. Seiring perkembangan zaman menuju dunia global, teknologi pun semakin maju.

Sebagai bagian dari masyarakat global, masyarakat Indonesia juga tidak terlepas dari pengaruh langsung perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi ini. Aspek yang berkaitan adalah aspek kebahasaan, bahasa Indonesia yang telah mengalami perkembangan yang pesat saat ini. Pengaruh asing ini sangat besar kemungkinannya terjadi pada era Teknologi ini. Batas antarnegara yang sudah tidak jelas dan tidak ada lagi, serta pengaruh alat komunikasi yang begitu canggih perlahan telah menciptakan pergeseran drastis dalam penggunaan bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari. Perubahan-perubahan itu tidak hanya terjadi di dalam bahasa percakapan sehari-hari di dalam kehidupan nyata dan di dunia maya, tetapi juga terjadi secara perlahan di dunia sastra Indonesia.

Kesimpulan

Bangsa Indonesia dengan bahasa Indonesia sebagai identitas diri adalah salah-satu yang turut dipengaruhi oleh kehadiran Teknologi Informasi dan Komunikasi. Perubahan yang terjadi pada bahasa Indonesia dalam kaitannya dengan pesatnya perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah perubahan fundamental yang meliputi keberlangsungan penggunaan bahasa Indonesia di dalam kehidupan sehari-hari. Rusyana, (1984:152) menyatakan bahwa dalam membina masyarakat akademik, penggunaan bahasa yang tidak baik dan tidak benar akan menimbulkan masalah. Penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar dianggap mempunyai peranan dalam menuju arah pembangunan masyarakat yang diinginkan

Daftar pustaka


Marsudi, Siti Zahrok, dan Usman Arief 2013 “Kesadaran Pemakai Bahasa Indonesia Di Era Teknologi” https://www.researchgate.net/publication/316924767_KESADARAN_PEMAKAI_BAHASA_INDONESIA_DI_ERA_TEKNOLOGI diakses pada 22 Maret 2020 pukul 14.00.

Rifqi Arief 2015 “Bahasa Indonesia di Era Teknologi dan Globalisasihttps://www.kompasiana.com/abaone94/552866b1f17e616e498b45bc/bahasa-indonesia-di-era-teknologi-dan-globalisasi diakses pada 22 Maret 2020 pukul 13.30.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.