.

Rabu, 25 Maret 2020

BAHASA INDONESIA DAN PERKEMBANGANNYA DI ERA SAAT INI



BAHASA INDONESIA DAN PERKEMBANGANNYA DI ERA SAAT INI
Oleh: Ridwan Arifin (@J09-RIDWAN)


(Sumber: Penulis, 2020)


ABSTRAK

Bahasa merupakan cara manusia untuk berkomunikasi dengan sesamanya, berbagai macam daerah bahkan negara memiliki bahasanya masing-masing, saat ini Bahasa Inggris menjadi bahasa pemersatu antar Negara karena merupakan bahasa internasional, Di Negara kita sendiri yaitu negara Indonesia banyak sekali memiliki bahasa karena Negara Indonesia memiliki beragai macam suku bangsa yaitu diantaranya Jawa, Sunda, Minang, Batak, dan lain – lain, yang memiliki bahasa daerahnya masing – masing. Walaupun seperti itu di Negara Indonesia juga memiliki bahasa pemersatu yaitu Bahasa Indonesia. Sudah dijelaskan juga dalam Bhinneka Tunggal Ika mengapa Bahasa Indonesia disebut bahasa pemersatu. Artikel ini akan membahas tentang perkembangan dan ragam bahasa Indonesia.

Kata kunci: Perkembangan, Bahasa Indonesia .

PENDAHULUAN

Perkembangan era digitalisasi / era industri 4.0 saat ini semakin pesat, hal ini dampak dari semakin berkembangnya teknologi sehingga komunikasi antar sesama manusia yang bertempat jauh kini semakin mudah karena difasilitasi oleh media sosial, media sosial menyediakan berbagai macam sarana untuk berkomunikasi secara online, bahkan media sosial saat ini seperti sudah menjadi kebutuhan wajib bagi sebagian besar kalangan orang. Proses komunikasi interpersonal dalam dunia nyata ke dalam dunia maya dimana setiap akun membuat kesan tentang dirinya masing – masing, Menurut (Mansyur, 2018) media sosial pada praktiknya menggunakan bahasa sebagai medium utama untuk saling beriteraksi. Bahasa menjadi persyaratan mutlak agar komunikasi antar penggunanya dapat berjalan lancar. Di Indonesia media sosial seperti Facebook, Instragram, Twitter dan lain – lain menjadi paling popular digunakan semua lapisan masyarakat untuk berkomunikasi atau sekedar unjuk diri.
                                                                             

PERMASALAHAN

Penggunaan bahasa setiap bangsa atau Negara menjadi suatu identitas diri. Tak terkecuali di Indonesia bahasa Indonesia menjadi bahasa identitas Negara Indonesia. Pada pekembangan zaman saat banyak sekali kalangan muda di Negara Indonesia yang menggunakan sarana media sosial untuk berkomunikasi, hal tersebut terkesan baik karena mampu menghubungkan manusia yan juah jaraknya namun juga memiiki sisi buruk karena justru menurunkan tingkat literasi/minat baca di Indonseia. Penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar serta sesuai kaidah kini semakin sulit kita dengar, mungkin hanya di tempat pendidikan saja kita dapat temui Bahasa Indonesia yang baik dan benar serta sesuai dengan kaidah kebahasaannya, Kecendrungan lain yang sering ditemui dikalangan remaja saat ini ialah banyak remaja yang berusaha mampelajari bahasa asing namun bahasa Indonesia sendiri seakan terlupakan, Dalam kehidupan sehari-hari remaja saat ini pun seakan mempunyai bahasa sendiri, bahasa Indonesia namun versi gaul.

PEMBAHASAN

Bahasa Indonesia merupakan bahasa pemersatu Negara Indonesia, Bahasa Indonesia yang baik dan benar seharusnya sudah tertuang didalam jiwa dan darah anak muda hal ini sudah ditanamkan dari zaman dahulu oleh pemuda – pemuda bangsa yang tersampaikan dalam sumpah pemuda yang isinya: Pertama: Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia, Kedua: Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia, Ketiga: Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia. Sudah sangat jelas tertuang pada sumpah pemuda point ketiga bahwa Bahasa Indonesia sangat berharga dalam bangsa Indonesia ini, sudah sepatutnya para pemuda – pemuda bangsa ini menjaga serta melestarikan bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai tempat, Pendidikan Bahasa Indonesia yang baik dan benar bukan hanya bisa dipelajari di tempat pendidikan saja seperti sekolah, maupun universitas, peran serta orang tua juga menjadi hal penting dalam pendidikan berbahasa terutama Bahasa Indonesia, karena peran serta orang tua dan lingkungan lah yang membentuk karakter kita dalam berbahasa Indonesia yang baik dan benar.

KESIMPULAN

Dalam menghadapi era digitalisasi / era industri 4.0 saat ini penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar sangat diperlukan sebagai identitas diri bangsa agar tidak hilang, para pemuda diharapkan mempelajari dan mampu melestarikan penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Peran keluarga serta lingkungan termasuk upaya dalam melestarikan penggunaan Bahasa Indonesia selain tempat pendidikan. Sudah selayaknya kita sebagai pemuda bangsa melestarikan penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, kalau bukan kita yang melestarikannya siapa lagi.

DAFTAR PUSTAKA

Mansyur,  Umar. 2016.  Bahasa  Indonesia  dalam  Belitan  Media  Sosial: Dari  Cabe-Cabean
Hingga Tafsir Al-Maidah  51. In  Prosiding Seminar  Nasional & Dialog Kebangsaan
dalam Rangka Bulan Bahasa 2016 (pp.  145155). Fakultas Ilmu Budaya Universitas
Hasanuddin. https://osf.io/preprints/inarxiv/7vpjh/ (Diakses tanggal 24 Maret 2020).

Indriani, Nur Hikmah. Marzuki, Nur Rofifah. Zulqifa, Nur Fadhila. 2018. Perubahan Bahasa Indonesia Masyarakat Akibat Pengggunaan Media Sosial Yang Berlebihan Dengan Mengikuti Tren Westrenisasi. 

Arief, Rifqi. 2013. Bahasa Indonesia di Era Teknologi dan Globalisasi. Dalam: https://www.kompasiana.com/abaone94/552866b1f17e616e498b45bc/bahasa-indonesia-di-era-teknologi-dan-globalisasi (Diakses tanggal: 24 Maret 2020).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.