.

Kamis, 26 Maret 2020

KEUNIKAN BAHASA INDONESIA DI MATA DUNIA


KEUNIKAN BAHASA INDONESIA
DI MATA DUNIA


(Sumber: Penulis,2020)


ABSTRAK

Bahasa Indonesia sudah lama didaulat sebagai bahasa persatuan di negeri ini. Seluruh rakyat Indonesia pastilah mengenal bahasa ini. Meskipun masih ada beberapa kalangan yang menganggap bahasa Indonesia masih kalah keren dibandingkan dengan bahasa lain seperti bahasa Inggris. Namun dibalik kesederhanaan bahasa Indonesia, ternyata menyimpan berbagai macam hal yang mungkin belum kamu ketahui. Bersiap-siaplah untuk berbangga, karena fakta-fakta berikut ini nyata pada bahasa Indonesia.
Kata Kunci: Keunikan, Bahasa Indonesia, Di Mata Dunia


PENDAHULUAN

Bahasa telah lama menjadi alat komunikasi yang digunakan oleh rakyat Indonesia, sesuai dengan perintah presiden Indonesia yang menyatakan bahwa bahasa Indonesia adalah bahasa Indonesia. Perubahan demi perubahan terjadi semasa Indonesia yang dahulu dikenal Nusantara mulai didatangi oleh orang-orang Eropa terutama penjajahan Belanda. Kita patut bangga karena dapat berbahasa Indonesia, Bahasa Indonesia adalah bahasa no 1 di Negara kita, bukan hanya sekedar bahasa resmi negara ini tetapi ada hal-hal yang menarik dari Bahasa Indonesia itu sendiri di Mata dunia.


PEMBAHASAN

Bahasa Indonesia yang menduduki peringkat ke 26 di dunia dan Terbesar Ketiga di Asia Menulis ensiklopedia bebas di internet semakin digemari masyarakat Indonesia. Bahkan ensiklopedia bebas berbahasa Indonesia, Wikipedia Indonesia, telah menjadi ensiklopedia elektronik terbesar ketiga setelah Wikipedia berbahasa Jepang dan Mandarin. “Wikipedia Indonesia kini berada di peringkat 26 dari 250 Wikipedia berbahasa asing di dunia. Sedangkan di tingkat Asia kita berada di peringkat tiga, setelah Jepang dan Mandarin,” ujar Ivan Lanin, penggiat jumlah bertambahnya jumlah, di Jakarta, Selasa.
Selain itu, bahasa Indonesia juga mendunia di dunia maya. Buktinya, kata dia, wikipedia berbahasa Indonesia telah menduduki peringkat 26 dari 250 wikipedia berbahasa asing di dunia dan peringkat 3 di Asia setelah bahasa Jepang dan Mandarin. Menurut Wahyu, berdasarkan penelitian, saat ini bahasa Indonesia menjadi bahasa ketiga yang paling banyak digunakan dalam postingan blog di wordpress. "Tidak banyak yang tahu bahwa bahasa Indonesia juga menjadi bahasa resmi kedua di Vietnam sejak tahun 2007 dan masuk 10 besar bahasa yang paling diminati di seluruh dunia," tuturnya kepada HARIAN NASIONAL di Jakarta, Senin (20/12).
Wacana bahasa Indonesia menjadi bahasa ASEAN disampaikan Guru Besar Linguistik, Universitas Mataram, Prof Dr Mahsun dalam Gelar Wicara Internasionalisasi Bahasa Indonesia di Universitas Negeri Jakarta. Dia mengatakan itu wajar karena bahasa Indonesia berasal dari negara dengan penduduk sekitar 250 juta. Menurut Mahsun, bahasa Indonesia memang hanya memiliki 90.000 kosa kata tetapi mempunyai strategi gramatikal untuk menciptakan kata baru sehingga merupakan bahasa yang kaya. "Misalnya dari kata hati banyak dikembangkan menjadi mata hati, jatuh hati, patah hati, dan lainnya. Atau dari kata anak berkembang lagi menjadi peranakan, kekanakan, kanak-kanak, dan sebagainya," ujar Mahsun.


KESIMPULAN

Banyak ahli bahasa berpendapat bahwa bahasa Indonesia sangat berpotensi menjadi bahasa internasional. Bahkan, Collins (2005) telah menunjukkan betapa potensialnya bahasa Indonesia (Melayu) menjadi bahasa dunia (internasional) dilihat dari sejarahnya. Di samping itu, saat ini sudah banyak ahli atau komunitas sarjana dari mancanegara yang mengkhususkan diri mempelajari bahasa Indonesia/Melayu (lihat Collins 2005:xvii; lihat juga penyumbang tulisan dalam Moriyama dan Manneke Budiman, 2010).

Selain itu, kepotensialan bahasa Indonesia menjadi bahasa internasional dapat dilihat dari beberapa faktor yang mendukung dan atau yang memengaruhinya. Secara garis besar, faktor tersebut dapat dibagi menjadi dua kelompok, yakni yang berasal dari bahasa itu sendiri atau biasanya disebut dengan istilah faktor intrabahasa dan faktor yang berasal dari luar bahasa atau biasa disebut dengan  istilah faktor ekstrabahasa. Pengelompokan itu sebenarnya tidak dapat dipisahkan secara tegas karena antara faktor intrabahasa dan faktor ekstrabahasa kadang-kadang hadir bersama-sama. Pengelompokan itu akan memudahkan cara pandang kita terhadap potensi bahasa Indonesia menuju bahasa internasional.


DAFTAR PUSTAKA

Sugono, Dendy. "BAHASA INDONESIA MENUJU BAHASA INTERNASIONAL." FON: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 11.2 (2017).  Diakses http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/lamanbahasa/content/bahasa-indonesia-menuju-bahasa-internasional Pada 26 Maret 2020
Sugono, D. (2017). BAHASA INDONESIA MENUJU BAHASA INTERNASIONAL. FON: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,11. Diakses http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/lamanbahasa/content/bahasa-indonesia-menuju-bahasa-internasional Pada 26 Maret 2020
Darmayanti, Nani. Bahasa Indonesia. PT Grafindo Media Pratama, 2006. Diakses https://www.kabarrantau.com/bahasa-indonesia-memiliki-keunikan-dan-kehebatan-dunia-internasional/ Pada 26 Maret 2020

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.