.

Kamis, 12 Maret 2020

PROGRAM ANALISIS PERANCANGAN INTERIOR OFFICE


PROGRAM ANALISIS PERANCANGAN INTERIOR OFFICE 

( Studi Kasus: Kantor Wijaya Kusuma Contractor (WKC), Cikini, Kec. Menteng Jakarta Pusat )
Oleh: Putri Nur Damarwati ( J34-PUTRI )














LATAR BELAKANG

Pada saat ini perkembangan kantor di Indonesia sangatlah cukup beragam, mulai dari kantor pemerintah hingga kantor kantor swasta lainnya. Setiap perusahaan, memiliki kantor sebagai tempat pengurusan Administrasi, penjualan, dan sebagainya.
Perkembangan penataan dalam kantor (Interior) pada suatu bangunan saat ini merupakan suatu hal yang selalu menjadi pertimbangan dan direncanakan dengan baik dan tepat supaya menghasilkan sebuah karya desain yang dapat diterima dan dinikmati masyarakat luas serta memiliki nilai lebih sendiri dari karya desain yang sudah ada sebelumnya. Tata interior kantor yang sesuai dengan konsep juga dapat mempengaruhi hasil kerja karyawan itu sendiri, maka dari itu interior kantor dapat diciptakan dengan melihat serta mengakomodir segala kebutuhan karyawan yang bisa disesuaikan dengan jenis pekerjaan yang dilakukan oleh karyawan tersebut.
Saya memilih tema futuristic tropical Homestyle Comfort Design ini karena dari kantor PT. WKC mencerminkan bahwa kantor ini bekerja sebagai kantor kontraktor sipil dan pemilihan tema futuristic Tropical Homestyle Comfort Design ini dapat menciptakan sebuah ruangan yang dapat memunculkan suasana yang asri dan suasana baru, mencerminkan masa depan, luas, kebebasan, dan alami.

RUMUSAN MASALAH

1.     Bagaimana merancang interior office yang sesuai dengan citra dari perusahaan?
2.     Bagaimana cara menciptakan tema dan konsep gaya baru office yang sesuai terhadap citra dari perusahaan tersebut?
3.     Bagaimana cara menciptakan sirkulasi ruang kantor yang efektif?
4.     Bagaimana merencanakan dan merancang pengorganisasian ruang, pola hubungan antar ruang, pola, sirkulasi, tema, dan unsur-unsur interior yang nyaman dan komunikatif bagi orang yang berada didalamnya sesuai dengan kegiatan dan fungsi?

RUANG LINGKUP PERENCANAAN

1.     Merancang interior office dengan gaya dan menerapkan tema yang sesuai dengan citra, dan image sebagai pemecahan interior baik layout, interior system dan elemen estetis.
2.     Merencanakan perancangan desain interior kantor wkc dengan nuansa alam.
3.     Merancang sirkulasi ruang kantor yang efektif dan efisien.
4.     Merancang pengorganisasian ruang, pola hubungan antar ruang, pola sirkulasi, dan mengelompokan ruang-ruang sesuai kebutuhan orang-orang yang berada didalamnnya.

RUANG LINGKUP PERENCANAAN

Berdasaekan rumusan masalah ruangan yang akan didesain yaitu:
1.     Lobby receptionist
2.     Ruang direktur
3.     Ruang general manager
4.     Ruang manager IT
5.     Ruang manager pemasaran
6.     Ruang manager kontruksi
7.     Ruang manager produksi
8.     Ruang manager keuangan
9.     Ruang staff IT
10.  Ruang staff Prencanaan
11.  Ruang Arsitek
12.  Ruang drafter dan ruang logistic
13.  Ruang administrasi
Bagian yang akan dirancang:
1.     Floor
2.     Wall
3.     Celling
4.     Furniture
5.     Accessories

               
                     
                      
                      
                       .                 
                     
         KONSEP CITRA RUANG              
          Saya memilih tema futuristic Tropical Homestyle Comfort Design ini karena makna dari logo dan citra dari kantornya            sendiri mencerminkan bahwa kantor ini bekerja sebagai kantor kontraktor sipil dan pemilihan tema futuristic Tropical            Homestyle Comfort Design ini dapat menciptakan sebuah ruangan yang dapat memunculkan suasana yang nyaman,                mencerminkan masa depan, luas, kebebasan, dan alami.
          Pada ruangan tersebut akan menjadi ruangan yang sangat membuat clien atau karyawan sangat bersemangat, kreatif                dan nyaman dengan diaplikasikan nya tema Tropical Homestyle Comfort Design.

         KONSEP WARNA & BENTUK
  
         Warna Sangat Berpengaruh Dalam Merancang Suatu Kantor Karena Efek Yang Timbul Dari Warna Memiliki Kesan-             Kesan Tertentu. Pada Konsep Warna Yang Akan Diterapkan Pada Office Akan Menerapkan Warna-warna                              Netral/Monochrome Yang Mengacu Pada Kesan Alami Dan Hightect Dapat Dihadirkan Dengan Warna- Warna Dingin.           Serta Adanya Penggunaan Material Dari Besi Dan Kayu, Yang Terpenting Keseluruhan Komposisi Memberikan Kesan           Energic Namun Tetap Homestyle. Office.
         Ruang-ruang Yang Membutuhkan Ketenangan, Konsentrasi Dan Relaksasi Menggunakan Warna-warna Dingin. Yang             Saya Terapkan Pada Desain Office Ini Menggunakan Perpaduan Warna Netral/Monochrome Gradasi Hitam                             Monochrome Dan Warna Dari Tema Futuristic Tropical Homestyle Comfort Design Warna Dingin Sangat Cocok                   Dipergunakan Untuk Office Yang Aktif, Dinamis Sehingga Memberikan Kesan Ketenangan, Nyaman Dan Sejuk                     Dalam Office.

          KONSEP BAHAN & MATERIAL

          Untuk dapat mendukung tema desain yang berdesign futuristic Tropical Homestyle Comfort Design maka material                  utama yang digunakan dalam perancangan interior office ini adalah pemilihan material yang mencirikan material                    alami  dan modern (design terbaru) antara lain material – material yang dihasilkan melalui hasil proses industri seperti            Penggunaan material gypsum board, clear glass, finishing hpl, kayu solid, material laminated, acrylic,dan stone granit,            besi. Memadukan material – material ini pada material dinding, ceiling, dan lantai.
  
          KONSEP PENCAHAYAAN

          Penerapan sistem pencahayaan pada interior office ini dibagi dalam beberapa bentuk, yaitu: Penerangan Setempat                   (Local Lighting) Pencahayaan yang digunakan yaitu pencahayaan buatan dengan menggunakan lampu downlight yang          diletakkan pada armatur pada ceiling di tiap tiap ruangan. Beberapa lampu jenis spotlight juga diletakkan pada promosi          material tertentu yang mengarah langsung pada barang-barang yang dipamerkan. Penggunaan lampu LED sebagai                  general light dari proyek ini. Pada ruangan yang bersifat public menggunakan general lighting dengan menggunakan              jenis armatur downlight dengan alumunium reflector dan menggunakan jenis lampu TL 40 watt dan 30 watt. 



                          
                          















    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.