.

Senin, 23 Maret 2020

Perkembangan bahasa dan budaya dalam dunia bisnis


Perkembangan bahasa dan budaya dalam dunia bisnis



Abstrak
Di zaman modern ini, bisnis merupakan praktisi umum yang kita kenal sejak kecil, yang melekat dalam diri kita, dan di zaman sekarang merupakan pilihan utama dalam mencari atau menciptakan usaha, itu karena dunia bisnis itu sendiri, adalah lapangan untuk mencari keuntungan sebanyak-banyaknya dari segi materi yang dapat kita lihat, akan tetapi peran bahasa yang baik dan benar sangat diperlukan disini, demi mencapainya mufakat yang adil dan benar.

Pendahuluan
            Seperti yang kita ketahui, kita adalah mahkluk sosial yang memerlukan komunikasi satu sama lain untuk mencapai pemahaman yang sama. Jika tidak ada nya komunikasi diantara kita dengan yang lain, yang ada kita menemukan kesalah pahaman dimana-mana, maka dari itu, komunikasi atau berbahasa yang baik dan benar adalah satu proses yang wajib kita ketahui dalam berbisnis. Dari proses tersebut lah kita dapat berdampingan dengan perusahaan, ataupun kolega-kolega, yang akan kita temui dalam berbisnis nantinya.
Pembahasan
Bahasa Indonesia merupakan bahasa permersatu bangsa indonesia, yang dapat memberi jalan bagi siapa saja untuk memahai isi dari ide atau pemikiran orang lain yang terutama di Indonesia kita ini. Seperti yang kita ketahui Bahasa indonesia sudah digunakan sebagai bahasa pemersatu bangsa sejak Indonesia merdeka di zaman dahulu, dan bisa disebut juga sebagai bahasa yang mengembangkan, dan menjembatani kebudayaan dan ilmu pengetahuan, yang kita miliki saat ini, dan merupakan revoulusi, atau solusi dari keanekaragamannya budaya kita. Tentu saja dalam dunia bisnis, keragaman budaya dan bahasa merupakan hal esensi dalam berbahasa komunikasi, itu menunjukkan bahwa kita memilik karakter bahasa dan budaya kita masing-masing, berdasarkan latar belakang kita. Dengan ragamnya budaya dan bahasa yang kita miliki saat ini, kita juga dapat salaing bertukar budaya dari satu suku dengan lainnya, baik dari jalur bisnis maupun kerjasama yang kita ketahui. Dalam berbisnis, tentu saja bahasa Indonesia tak luput dari pembahasan kita. Jika anda pernah mendengar bisnis pariwisata, bisnis tersebut, sangat bergantung sekali dengan bahasa, karena dalam bisnis tersebut, bahasa dimuat dengan sedemikian rupa karena hal tersebut menyakut paut kan dengan turis, baik domestik, maupun luar negeri.
            Dapat kita ketahui juga bahwa bahasa dalam komuikasi sendiri menurut para ahli (Clato & Carrol)  yang dikutip dari laman https://www.zonareferensi.com/pengertian-bahasa/ Mereka mengatakan
“Bahasa pada dasarnya adalah pernyataan pikiran seseorang dengan perantaraan onomata (nama benda atau sesuatu) dan rhemata (ucapan) yang merupakan cermin dari ide seseorang dalam arus udara lewat mulut” dan Carrol juga menyebut : “Bahasa adalah sebuah sistem berstruktural mengenai bunyi dan urutan bunyi bahasa yang sifatnya manasuka, yang digunakan, atau yang dapat digunakan dalam komunikasi antar individu oleh sekelompok manusia dan yang secara agak tuntas memberi nama kepada benda-benda, peristiwa-peristiwa, dan proses-proses dalam lingkungan hidup manusia. “ , Akan tetapi secara umum, bahasa berfungsi sebagai wadah untuk berkumunikasi, dan berkereasi dalam segi ucapan yang kita ucapkan, baik dalam kehidupan sehari-hari dan kehidupan berbisnis seperti yang kita bahas dalam pembahasan kali ini.
            Adapun manfaat kita memahami bahasa dan berkomunikasi dalam berbisnis, seperti yang dikatakan Rosenbaltt (1982:7) “pengertian komunikasi bisnis menurut beliau ini dikemukakan dalam sebuah pernyataan komunikasi bisnis merupakan pertukaran ide, opini, informasi, instruksi dan sejenisnya, yang disajikan secara personal ataupun nonpersonal melalui simbol atau tanda untuk mencapai tujuan perusahaan.” , Curtis (1992:6) juga menyinggung perihal yang sama mengenai bagaimana komunikasi dalam berbisnis dan berkata “komunikasi dalam organisasi bisnis yang di tunjukan untuk menyelesaikan masalah dan mengambil keputusan. Menurutnya semakin tinggi kedudukan seseorang dalam suatu bisnis, maka dia semakin bergantung pada keahlian orang lain dalam membuat suatu keputusan dan memecahkan masalah”, Konsep yang sama dapat kita lihat juga menurut ahli Katz (1994:4)  “Komunikasi Bisnis didefinisikan sebagai adanya pertukaran ide, pesan, dan konsep yang berkaitan dengan pencapaian serangkaian tujuan komersil. Komunikasi bisnis bisa diartikan sebagai komunikasi yang terjadi dalam dunia bisnis dalam rangka mencapai tujuan dari bisnis tersebut.
           
Kesimpulan
            Dalam tatanan masyarakat bisnis saat ini, penggunaan bahasa yang baik dan benar sangatlah krusial, dikarenakan kemahiran kita dalam baik dalam berbahasa maupun berbudaya sangat diperlukan untuk mencapai pemahaman yang sama, contoh kasus dalam hal ini adalah bisnis pariwisata yang kita singgung tadi diatas. Gunanya adalah, (1). Mendapatkan hasil yang sepaham (2) Tau apa yang sebaiknya di-mention dalam suatu percakapan (3) Tutur kata apa yang baik digunakan pada waktu berbicara.

Daftar Pustaka
Annisa Ramadhani. 2017 “Peran Bahasa dalam dunia bisnis” https://annramadhani.wordpress.com/2017/07/11/peran-bahasa-dalam-dunia-bisnis/, diakes pada 23 Maret 2020, Pukul 11:53.

Zakky. 2018 “ Pengertian bahasa menurut para ahli dan secara umum” https://www.zonareferensi.com/pengertian-bahasa/ , diakses pada 23 Maret 2020, Pukul 12:16.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.