.

Senin, 23 Maret 2020

Pentingnya Bahasa Indonesia yang baik dan benar



Oleh Khalil Gibran Setiaman @J27-KHALIL 

Abstrak
Bahasa merupakan alat komunikasi yang umum dalam masyarakat. Seseorang yang memiliki kemampuan berbicara akan lebih mudah dalam menyampaikan ide atau gagasan kepada orang lain, keberhasilan mengunakan ide itu sehingga dapat diterima oleh orang yang mendengarkan atau yang diajak berbicara. Bahasa dapat menjadi alat kekerasan verbal yang terwujud dalam tutur kata seperti memaki, memfitnah, menghasut, menghina, dan sebagainya. 
Pendahuluan
Bahasa itu mencerminkan pribadi seseorang, jika kita selalu menggunakan bahasa indonesia yang baik dan penuh kesantunan, orang juga akan mencitrakan kita sebagai pribadi yang baik dan berbudi, karena melalui tutur kata seseorang mampu menilai kepribadian dari orang tersebutSudah seharusnya warga negara yang bijak, kita harus mampu berbahasa Indonesia dengan baik dan benar. Berbahasa adalah suaut sistem komunikasi dengan perantara bahasa itu sendiri
Permasalahan
Dalam situasi formal penggunaan bahasa Indonesia yang benar adalah hal yang utama. Kendala yang harus dihindari dalam pemakaian bahasa baku antara lain disebabkan oleh adanya bahasa gaul dan bahasa yang disingkat. Hal ini mengakibatkan bahasa yang digunakan menjadi tidak baik.
Pembahasan
Menurut Gorys Keraf (1997), bahasa adalah alat komunikasi antara anggota masyarakat berupa simbol bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia.
Menurut Felicia (2001), bahasa adalah alat yang digunakan untuk berkomunikasi sehari-hari, baik bahasa lisan atau pun bahasa tulis.
Menurut Sunaryo (2000), bahasa di dalam struktur budaya ternyata memiliki kedudukan, fungsi serta peran ganda, bahasa sendiri adalah sebagai akar serta produk budaya yang sekaligus berfungsi sebagai sarana berfikir dan sarana pendukung pertumbuhan serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Menurut Mackey (1986), bahasa salah suatu bentuk serta bukan suatu keadaan (Language may be Form and Not Matter) atau pun sesuatu sistem lambang bunyi yang arbitrer, atau suatu sistem dari sekian banyak sistem-sistem, suatu sistem dari suatu tatanan atau pun suatu tatanan dalam sistem-sistem.
Menurut Wibowo (2001), bahasa adalah sistem simbol bunyi yang bermakna serta berartikulasi (dihasilkan oleh alat ucap) yang mempunyai sifat arbitrer serta konvensional, dipakai sebagai alat berkomunikasi oleh sekelompok manusia untuk melahirkan perasaan serta pikiran.
Fungsi utama bahasa adalah sebagai alat komunikasi. Terdapat fungsi utama bahasa dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sebagai alat komunikasi, Bahasa merupakan kata-kata yang memiliki makna. Setiap kata memiliki makna dan hubungan abstrak dengan suatu konsep atau objek yang diwakilinya. Melalui bahasa, setiap individu dapat melakukan komunikasi dua arah yang dapat dimengerti oleh masing-masing individu. Sebagai alat pemersatu bangsa, Bahasa berfungsi sebagai alat pemersatu bangsa karena penggunaannya sebagai alat untuk berkomunikasi. Setiap warga suatu bangsa dapat menyampaikan pemikirannya dengan menggunakan bahasa yang bisa dimengerti. Komunikasi masyarakat dengan menggunakan bahasa yang sama dan dapat dimengerti satu sama lain akan mempersatukan bangsa menjadi lebih kuat. Dari penjelasan ini jika kita tidak menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar maka akan sulit dimengerti satu sama lain.
Kedudukan Bahasa Indonesia adalah sebagai lambang kebanggaan kebangsaan dan lambang identitas nasional
Kesimpulan
Bahasa Indonesia adalah bahasa nasional negara kita. Sebagai masyarakat Indonesia yang bijak, maka selayaknya kita harus bisa menggunakan bahasa ini dengan baik dan benar. Pada era moderen banyak muncul bahasa-bahasa inovsi yang secara tidak langsung menghancurkan penggunaan bahasa Indonesia yang baik di masyarakat. Jika kita tidak menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar maka kita akan mencoreng kedudukan dan fungsi bahasa Indonesai.
Daftar Pustaka
Anjarwati,Julia.2019.Bahasa Indonesia:Pengertian,Tujuan,Fungsi dan Sejara. Forester Act Media Group
Febrianto,Aldi.2015.Pentingnya Berbahasa Indonesia yang baik dan benar.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.