.

Senin, 23 Maret 2020

Perkembangan dan Ragam Bahasa Indonesia dalam berkomunikasi online



Abstrak

Bahasa Indonesia adalah salah satu Bahasa komunikasi yang digunakan oleh masyarakat Indonesia umumnya, Bahasa yang digunakan sebagai lingua franca atau pemersatu Bahasa, dimana Bahasa ini digunakan untuk berkomunikasi antar masyarakat yang berbeda suku atau Bahasa. Bahasa ini digunakan juga digunakan untuk berkomunikasi secara tulisan melalui Surat, Formal maupun nonformal. Namun seiring perkembangan jaman makan tata cara bertulisan Bahasa Indonesia juga berubah, terdapat kata-kata yang sudah tidak relevan lagi yang tidak lagi digunakan dan terdapat kata-kata baru yang diambil dari Bahasa lain.

Pendahuluan

Dalam berkomunikasi secara tulisan perlu diperhatikan tata cara penulisan karena tujuan nya adalah agar pembaca dapat memahami apa yang kita ingin sampaikan. Umumnya sebelum tahun 90-an penulisan surat hanya terikat pada satu cara yang sudah dipahami masyarakat umum nya. Hal ini berubah ketika tahun 90-an, pada saat itu internet mulai masuk di Indonesia, dan penggunaan utamanya antara lain adalah untuk mengakses forum, mengirim surat elektronik, maupun berkomunikasi menggunakan IRC atau Internet Relay Chat. Pada awalnya, limitasi infrastrukur internet pada masa itu masih sangat terbatas, terlebih lagi di Indonesia, hal ini membatasi kata-kata yang dapat dipakai seperti 200 kata per balasan forum atau 80 kata per balasan IRC.

Pembahasan

Limitasi penggunaan kata-kata ini membuat masyarakat pengguna internet di Indonesia harus menyingkat kata-kata yang digunakan pada saat itu, Hal yang umumnya digunakan pada pengiklanan surat pada koran. Hal ini masih sangat sering dijumpai ketika berkomunikasi di internet hingga saat ini. Penyingkatan kata-kata seperti “yang” menjadi “yg”, “kamu” menjadi, “km”, dan “Nanti” menjadi “nti” dapat kita lihat terdapat pola dalam penyingkatan kata-kata yang digunakan di internet. Pola ini adalah pengunaan konsonan atau huruf mati yang digunakan dalam sebuah kata sebagai indikasi kata tersebut, dan umumnya hal ini sangat mudah ditangkap oleh pembaca, namun seiring berkembangnya infrastruktur internet, limitasi-limitasi tersebut sudah berkembang pesat dimana pembatasan penggunaan kata-kata sudah lagi tidak dibatasi. Hal ini menyebabkan masyarakat pengguna internet dapat berkomunikasi tanpa Batasan dan penyingkatan kata, namun penyingkatan kata masih sering digunakan sama seperti pengirimiman pesan SMS di era 2000 an dimana limitasi pengiriman kata masih ada. Seiring berkembangnya internet di Indonesia penggunaan Ragam formal dan informal dapat dijumapai, karena internet dimanfaatkan untuk penyampaian informasi dan media massa, juga komunikasi formal melalui email dimana Bahasa yang baku di harapkan ketika berkomunikasi dalam batas institusi seperti melamar pekerjaan melalui surat elektronik.  Namun berkembang juga media social dimana banyak masyarakat dapat berkominikasi secara luas dan bertemu orang baru. Hal ini menjadi pemecah tutur ragam lisan di internet secara formal dan nonformal.

Kesimpulan

Perkembangan internet di indonesia adalah hal signifikan terhadap perubahan tutur berbahasa Indonesia secara tulisan karena masyarakat pengguna internet di Indonesia harus berdadaptasi dengan limitasi infrastruktur internet pada masa dulu, namun seiring berkembangnya waktu, terdapat kata-kata yang menempel di Bahasa Indonesia dalam berkomunikasi karena penyingkatan kata-kata mempercepat pengetikan saat berkomunikasi online, tetapi hal ini dilihat dan disesuaikan dengan siapa kita berkomunikasi, tetapi intinya Internet telah merevolusikan cara kita menggunakan Bahasa Indonesia secara tulisan, hal ini dapat kita lihat pada beberapa karya tulis yang mengikuti format tulisan di internet, mulai dari Bahasa yang asing, hingga penyingkatan kata.

Daftar Pustaka:
Referensi
http://opensource.telkomspeedy.com/wiki/index.php/Jaringan_komputer_biaya_murah_menggunakan_radio diakses pada 23 Maret 2020 pukul 12.52.
diakses pada 23 Maret 2020 pukul 13.21.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.