.

Senin, 23 Maret 2020

Pentingnya Pembelajaran Bahasa Indonesia terhadap Anak Usia Dini



Pentingnya Pembelajaran Bahasa Indonesia terhadap Anak Usia Dini





@J30-Bendy
Bendy Emeraldi Alvaro

Abstrak
Dalam dunia pendidikan, pembelajaran bahasa menjadi hal yang sangat penting diajarkan sejak dini. Bahasa merupakan suatu alat komunikasi manusia dalam menyampaikan sebuah pesan,gagasan ataupun ide yang ada di dalam pikirannya. Salah satu hal yang sangat luar biasa apabila anak-anak telah terlibat pada pembelajaran bahasa sejak kecil yakni mampu membuat mereka memiliki banyak pemahaman tentang berbagai hal. Pendidikan anak di usia dini merupakan waktu yang sangat baik dalam menerima pembelajaran bahasa Indonesia, di mana perkembangan bahasanya dapat kita lihat sejauh mana banyaknya kosakata yang mereka kuasai. Daya ingat anak kecil yang masih sangat kua membuat mereka sangat baik dan cepat dalam menangkap pembelajaran yang diberikan. Namun, jika mereka tidak mampu mengendalikan pemahaman yaitu, maka dapat menghambat perkembangan psikologisnya karena di masa itu mereka masih mencari-cari perhatian dan masih bermain-main. Dengan demikian, sebagai pengajar bahasaIndonesia harus lebih paham dan harus mampu menyampaikan pembelajaran bahasa Indonesia dengan baik dan tepat.
Kata Kunci : Pembelajaran bahasa indonesia, anak usia dini

Pendahuluan
Sejalan dengan pertumbuhan dan perkembangan anak, produk bahasa mereka juga meningkat dalam kuantitas, keluasan dan kerumitan. Anak-anak secara bertahap berubah dari melakukan ekspresi menjadi melakukan ekspresi dengan berkomunikasi, yang juga berubah dari komunikasi melalui gerakan menjadi ujaran. Anak usia dini biasanya telah mampu mengembangkan keterampilan berbicara melalui percakapan yang dapat memikat orang lain. Mereka dapat menggunakan bahasa dengan berbagai cara seperti bertanya, berdialog dan beranyanyi. Sejak usia 2 tahun anak menunjukkan minat untuk menyebut nama benda. Minat tersebut terus berkembang sejalan dengan bertambah usia dan menunjukkan bertambah pula perbendaharaan kata. Dengan perbendaharaan kata yang di miliki anak mampu berkomunikasi dengan lingkungannya yang lebih luas.
Menurut Vygotsky dalam Ahmad Susanto (2012: 73), menyatakan bahwa bahasa merupakan alat untuk mengekspresikan ide dan bertanya, dan bahasa juga menghasilkan konsep dan kategori kategori berpikir. Selain itu bahasa juga merupakan komunikasi yang sangat penting dalam kehidupan manusia karena disamping berfungsi sebagai alat untuk menyatakan pikiran dan perasaan kepada orang lain juga sekaligus sebagai alat untuk memahami perasaan dan pikiran orang lain.

Permasalahan
Bagaimna perkembangan bahasa indonesia  untuk anak usia dini dan karakteristik apa yang dapat dilihat dengan perkembangan anak tersebut.

Pembahasan
Perkembangan bahasa indonesia pada anak
Perkembangan Fisik-Motorik
Fase perkembangan dan pertumbuhan fisik pada anak selalu sama, tetapi beberapaanak yang mengalami pertumbuhan secara cepat, adapun yang mengalami pertumbuhanyang lambat. Pada masa kanak-kanak, pertumbuhan tinggi dan berat badan relative seimbang. Anak juga mengalami perubahan fisik secara proposonal. Adapun yang dikemukakan salah satu ahli “bahwa pada usia 4-5 tahun koordinasi motorik halus anak-anak semakin meningkat; tangan, lengan, dan tubuh bergerak bersama di bawah komando yang lebih baik dari mata”(Santrock, 1995).
Perkembangan Kognitif
Piaget (Santrock, 1995) menyatakan bahwa anak usia 3-6 tahun pada umumnyaberada pada tahap berfikir praoperasional. Pada tahap ini anak dapat memahami pengertian operasional ,yaitu proses interaksi suatu aktivitas mereka di mana prosesnya dapat kembalipada titik awal berfikir secara logis. Mempelajari simbol merupakan karakteristik esensial dari tahapan ini. Pemikiran anak bersifat egosentris (menjadikan diri sendiri sebagai titikpusat pemikiran) sehingga anak pada tahap ini sulit membayangkan bagaimana segala sesuatu itu tampak dari perspektif orang lain.
Perkembangan Bahasa
Bahasa merupakan alat komunikasi, yaitu menyampaiakan atau menerima informasi dari orang. Bahasa tersusun dari kata-kata dengan tujuan dan maksud tertentu.Menurut salah seorang ahli, Vygotsky (1978), perkembangan bahasa berjalan perkembangan kognitif, malahan saling menunjang dan keduanya berkembang dalam lingkungan sosial-budaya tertentu. Bahasa juga merupakan alat utama untuk mengekspresikan pikiran dan perasaan seseorang. Bahasa dapat mengarahkan perhatian anak pada benda-benda baru atau hubungan baru yang ada di lingkungan, mengenalkan anak pada pandangan-pandangan yang berbeda dan juga memberikan informasi pada anak. Bahasa adalah salah satu dari berbagai perangkat yang terdapat dalam stukturkognitif manusia.
Pada usia 4-5 tahun, anak sudah menguasai kalimat yang terdri atas empat sampai lima kata di dalamnya. Mereka juga mampu menggunakan kata depan, seperti di atas, dibawah, dan di dalam. Anak lebih banyak menggunakan kata-kata kerja daripada katabenda. Antara usia 5-6 tahun, kalimat anak sudah terdiri atas enam sampai delapan kata,anak juga sudah dapat menjelaskan arti kata yang sederhana mengetahui lawan kata, serta menggunakan kata penghubung , kata depan, dan kata sandang


Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Tujuannya
Bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan yang menjadi identitas bangsa Indonesia. Untuk mejaga kelestarian dan keaslian bahasa Indonesia, diperlukan berbagai upaya. Salah satu contoh untuk menjaga keaslian bahasa Indonesia adalah denganmenuliskan kaidah-kaidah ejaan dan tulisan bahasa Indonesia dalam buku yang disebut Ejaan Yang Disempurnakan (EYD). Buku tersebut dapat digunakan sebagai pedoman dalam kegiatan berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia dengan benar, baik berkomunikasi secara langsung maupun tidak langsung. Sedangkan upaya lain untuk  melestarikan bahasa Indonesia adalah dengan menanamkan bahasa Indonesia sejak dini.
Penanaman bahasa Indonesia sejak dini adalah cara yang baik untuk memberikan pelatihan dan pendidikan tentang bahasa Indonesia sejak anak masih kecil. Pelaksanaan pendidikan tentang bahasa Indonesia pada anak dapat dilalui dengan pendidikan informal,formal, dan nonformal. Pendidikan informal dilakukan di rumah, dimana anak tersebut mendapatkan pendidikan dari kedua orang tuanya di rumah, pendidikan formal itu disekolah dan guru yang berperan penting dalam menanamkan pengetahuan tentang Bahasa Indonesia. Sedangkan nonformal adalah pendidikan yang didapatkan melalui lingkungan sekitar, sosialisasi antara masyarakat sekitar, kursus belajar di luar jam sekolah jugat ermasuk nonformal.

Kesimpulan
Bahasa merupakan alat untuk mengekspresikan ide dan bertanya, dan bahasa juga menghasilkan konsep dan kategori kategori berpikir. Selain itu bahasa juga merupakan komunikasi yang sangat penting dalam kehidupan manusia karena disamping berfungsi sebagai alat untuk menyatakan pikiran dan perasaan kepada orang lain juga sekaligus sebagai alat untuk memahami perasaan dan pikiran orang lain.

Daftar Pustaka
Putri Nurfadila. PENTINGNYA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TERHADAPANAK USIA DINI. Jurnal bahasa, sastra, dan pengajarannya. 9(2) hal 158-163.
Achmad, Sri Wintala. (2015). Buku Induk Mahir Bahasa dan Sastra Indonesia.Yogyakarta: Araska Publisher
Rusniah. 2017.MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA INDONESIA ANAK USIA DINI MELALUI PENGGUNAAN METODE BERCERITA PADA KELOMPOK A DI TK MALAHAYATI NEUHEN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Jurnal edukasi dan bimbingan konseling. Hal 114-130.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.