Pentingnya Pembelajaran Bahasa Indonesia terhadap Anak Usia Dini
@J30-Bendy
Bendy Emeraldi Alvaro
Abstrak
Dalam dunia pendidikan, pembelajaran bahasa menjadi
hal yang sangat penting diajarkan sejak dini. Bahasa merupakan suatu alat
komunikasi manusia dalam menyampaikan sebuah pesan,gagasan ataupun ide yang ada
di dalam pikirannya. Salah satu hal yang sangat luar biasa apabila anak-anak
telah terlibat pada pembelajaran bahasa sejak kecil yakni mampu membuat mereka memiliki
banyak pemahaman tentang berbagai hal. Pendidikan anak di usia dini merupakan
waktu yang sangat baik dalam menerima pembelajaran bahasa Indonesia, di mana
perkembangan bahasanya dapat kita lihat sejauh mana banyaknya kosakata yang
mereka kuasai. Daya ingat anak kecil yang masih sangat kua membuat mereka
sangat baik dan cepat dalam menangkap pembelajaran yang diberikan. Namun, jika
mereka tidak mampu mengendalikan pemahaman yaitu, maka dapat menghambat
perkembangan psikologisnya karena di masa itu mereka masih mencari-cari
perhatian dan masih bermain-main. Dengan demikian, sebagai pengajar
bahasaIndonesia harus lebih paham dan harus mampu menyampaikan pembelajaran
bahasa Indonesia dengan baik dan tepat.
Kata
Kunci : Pembelajaran bahasa indonesia, anak usia dini
Pendahuluan
Sejalan dengan pertumbuhan dan perkembangan anak,
produk bahasa mereka juga meningkat dalam kuantitas, keluasan dan kerumitan.
Anak-anak secara bertahap berubah dari melakukan ekspresi menjadi melakukan
ekspresi dengan berkomunikasi, yang juga berubah dari komunikasi melalui
gerakan menjadi ujaran. Anak usia dini biasanya telah mampu mengembangkan
keterampilan berbicara melalui percakapan yang dapat memikat orang lain. Mereka
dapat menggunakan bahasa dengan berbagai cara seperti bertanya, berdialog dan
beranyanyi. Sejak usia 2 tahun anak menunjukkan minat untuk menyebut nama
benda. Minat tersebut terus berkembang sejalan dengan bertambah usia dan
menunjukkan bertambah pula perbendaharaan kata. Dengan perbendaharaan kata yang
di miliki anak mampu berkomunikasi dengan lingkungannya yang lebih luas.
Menurut Vygotsky dalam Ahmad Susanto (2012: 73),
menyatakan bahwa bahasa merupakan alat untuk mengekspresikan ide dan bertanya,
dan bahasa juga menghasilkan konsep dan kategori kategori berpikir. Selain itu
bahasa juga merupakan komunikasi yang sangat penting dalam kehidupan manusia
karena disamping berfungsi sebagai alat untuk menyatakan pikiran dan perasaan
kepada orang lain juga sekaligus sebagai alat untuk memahami perasaan dan
pikiran orang lain.
Permasalahan
Bagaimna perkembangan bahasa indonesia untuk anak usia dini dan karakteristik apa
yang dapat dilihat dengan perkembangan anak tersebut.
Pembahasan
Perkembangan bahasa indonesia
pada anak
Perkembangan
Fisik-Motorik
Fase perkembangan dan pertumbuhan fisik pada anak
selalu sama, tetapi beberapaanak yang mengalami pertumbuhan secara cepat,
adapun yang mengalami pertumbuhanyang lambat. Pada masa kanak-kanak,
pertumbuhan tinggi dan berat badan relative seimbang. Anak juga mengalami
perubahan fisik secara proposonal. Adapun yang dikemukakan salah satu ahli “bahwa
pada usia 4-5 tahun koordinasi motorik halus anak-anak semakin meningkat;
tangan, lengan, dan tubuh bergerak bersama di bawah komando yang lebih baik
dari mata”(Santrock, 1995).
Perkembangan
Kognitif
Piaget (Santrock, 1995) menyatakan bahwa anak usia
3-6 tahun pada umumnyaberada pada tahap berfikir praoperasional. Pada
tahap ini anak dapat memahami pengertian operasional ,yaitu proses interaksi
suatu aktivitas mereka di mana prosesnya dapat kembalipada titik awal berfikir
secara logis. Mempelajari simbol merupakan karakteristik esensial dari tahapan
ini. Pemikiran anak bersifat egosentris (menjadikan diri sendiri sebagai
titikpusat pemikiran) sehingga anak pada tahap ini sulit membayangkan bagaimana
segala sesuatu itu tampak dari perspektif orang lain.
Perkembangan
Bahasa
Bahasa merupakan alat komunikasi, yaitu menyampaiakan
atau menerima informasi dari orang. Bahasa tersusun dari kata-kata dengan
tujuan dan maksud tertentu.Menurut salah seorang ahli, Vygotsky (1978),
perkembangan bahasa berjalan perkembangan kognitif, malahan saling menunjang
dan keduanya berkembang dalam lingkungan sosial-budaya tertentu. Bahasa juga
merupakan alat utama untuk mengekspresikan pikiran dan perasaan seseorang.
Bahasa dapat mengarahkan perhatian anak pada benda-benda baru atau hubungan
baru yang ada di lingkungan, mengenalkan anak pada pandangan-pandangan yang
berbeda dan juga memberikan informasi pada anak. Bahasa adalah salah satu dari
berbagai perangkat yang terdapat dalam stukturkognitif manusia.
Pada usia 4-5 tahun, anak sudah menguasai kalimat yang
terdri atas empat sampai lima kata di dalamnya. Mereka juga mampu menggunakan
kata depan, seperti di atas, dibawah, dan di dalam. Anak lebih banyak
menggunakan kata-kata kerja daripada katabenda. Antara usia 5-6 tahun, kalimat
anak sudah terdiri atas enam sampai delapan kata,anak juga sudah dapat
menjelaskan arti kata yang sederhana mengetahui lawan kata, serta menggunakan
kata penghubung , kata depan, dan kata sandang
Pembelajaran
Bahasa Indonesia dan Tujuannya
Bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan yang
menjadi identitas bangsa Indonesia. Untuk mejaga kelestarian dan keaslian
bahasa Indonesia, diperlukan berbagai upaya. Salah satu contoh untuk menjaga
keaslian bahasa Indonesia adalah denganmenuliskan kaidah-kaidah ejaan dan
tulisan bahasa Indonesia dalam buku yang disebut Ejaan Yang Disempurnakan
(EYD). Buku tersebut dapat digunakan sebagai pedoman dalam kegiatan
berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia dengan benar, baik berkomunikasi
secara langsung maupun tidak langsung. Sedangkan upaya lain untuk melestarikan bahasa Indonesia adalah dengan
menanamkan bahasa Indonesia sejak dini.
Penanaman bahasa Indonesia sejak dini adalah cara yang
baik untuk memberikan pelatihan dan pendidikan tentang bahasa Indonesia sejak
anak masih kecil. Pelaksanaan pendidikan tentang bahasa Indonesia pada anak
dapat dilalui dengan pendidikan informal,formal, dan nonformal. Pendidikan
informal dilakukan di rumah, dimana anak tersebut mendapatkan pendidikan dari
kedua orang tuanya di rumah, pendidikan formal itu disekolah dan guru yang
berperan penting dalam menanamkan pengetahuan tentang Bahasa Indonesia.
Sedangkan nonformal adalah pendidikan yang didapatkan melalui lingkungan sekitar,
sosialisasi antara masyarakat sekitar, kursus belajar di luar jam sekolah jugat
ermasuk nonformal.
Kesimpulan
Bahasa
merupakan alat untuk mengekspresikan ide dan bertanya, dan bahasa juga
menghasilkan konsep dan kategori kategori berpikir. Selain itu bahasa juga
merupakan komunikasi yang sangat penting dalam kehidupan manusia karena
disamping berfungsi sebagai alat untuk menyatakan pikiran dan perasaan kepada
orang lain juga sekaligus sebagai alat untuk memahami perasaan dan pikiran
orang lain.
Daftar Pustaka
Putri Nurfadila. PENTINGNYA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TERHADAPANAK USIA DINI.
Jurnal bahasa, sastra, dan pengajarannya. 9(2) hal 158-163.
Achmad, Sri Wintala.
(2015). Buku Induk Mahir Bahasa dan Sastra Indonesia.Yogyakarta:
Araska Publisher
Rusniah. 2017.MENINGKATKAN
PERKEMBANGAN BAHASA INDONESIA ANAK USIA DINI MELALUI PENGGUNAAN METODE
BERCERITA PADA KELOMPOK A DI TK MALAHAYATI NEUHEN TAHUN PELAJARAN 2015/2016.
Jurnal edukasi dan bimbingan konseling. Hal 114-130.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.