.

Senin, 23 Maret 2020

PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA YANG BAIK DAN BENAR


PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA YANG
BAIK DAN BENAR 




BAB 1PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Negara Indonesia adalah negara yang terbentang dari Sabang sampai Marauke. Terdiridari beribu pulau,beraneka ragam suku,adat,dan budaya yang menjadi satu bagian yaitu negaraIndonesia. Setiap suku di negara Indonesia memiliki kebudayaaan yang beragam,dimana setiapsuku mempunyai adat istiadat berbeda-beda pula termasuk cara bertutur kata (berbahasa).Walaupun setiap suku bangsa memiliki bahasa yang berbeda-beda,namun seperti yang tercantum pada butir Sumpah Pemuda yang berbu
nyi : “Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan,bahasa Indonesia” dan pada UUD 1945 pasal 36 yang berbunyi: “Bahasa negaraadalah bahasa Indonesia”. Dari kedua pernyataan tersebut,dapat diartikan bahwa bahasa negara
kita adalah bahasa Indonesia. Namun yang membuat prihatin yaitu pada masa modern ini bahasa Indonesia mulaiditinggalkan oleh berbagai kalangan,terutama kalangan pelajar menengah.Mereka lebih memilihmenggunakan bahasa gaul yang jelas tidak sesuai dengan kaidah bangsa Indonesia dari padamenggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.Semoga kita sebagai generasi penerus yang baik bisa mewariskan bahasa Indonesia yang baik dan benar untuk anak cucu kita nanti.

1.2 Rumusan Masalah
1. Bagaimanakah cara menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar ?
2. Apakah bahasa yang lebih dipilih Mahasiswa Mercu Buana antara bahasa gaul dan bahasa Indonesia yang baik dan benar ?
3. Mengapa Mahasiswalebih memilih menggunakan bahasa gaul dari pada bahasa Indonesiayang baik dan benar ?
4. Bagaimanakah cara menanggulangi penggunaan bahasa gaul yang digunakan Mahasiswa Mercubuana?

1.3 Tujuan Penelitian
1. Mengetahui penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
2. Mengetahui bahasa yang lebih dipilih Mahasiswa Mercu Buana antara bahasa gaul dan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
3. Mengetahui alasan Mahasiswa lebih memilih menggunakan bahasa gaul dari pada 
bahasa Indonesia yang baik dan benar.
4. Mengetahui cara menanggulangi penggunaan bahasa gaul yang digunakan Mahasiswa Mercu Buana

 1.4 Manfaat Penelitian
Sesuai dengan rumusan masalah dan tujuan penelitian maka karya tulis ini diharapkandapat memberi informasi bagaimana cara menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, penyebab Mahasiswa menggunakan bahasa gaul, serta memberitahukan bagaimana cara menanggulangi penggunaan bahasa gaul.





BAB 2METODE PENELITIAN

2.1 Tempat dan Waktu Penelitian
Penelitian dilaksanakan Secara Online ,pada hari Selasa tanggal 24 Desember 2019.

2.2 Pengumpulan Data
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Queisoner yang diedarkan kepada Beberapa Mahasiswa Mercu Buana.

2.3 Sistematika Penulisan
 Karya tulis ini terdiri atas 4 Bab, pada Bab 1 akan di uraikan tentang Latar Belakang masalah,Rumusan masalah, Tujuan penelitian, & Manfaat penlitian. Pada Bab 2 akan diuraikan tentangMetode penelian yang terdiri dari tempat, waktu, pengumpulan data, & sistematika penulisan .Dan di Bab 3 akan di uraikan tentang Pembahasan yang terdiri dari 4 point yaitu:

1.Menggunakan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar.
2.Bahasa yang Digunakan Mahasiswa Mercu Buana
3. Alasan Lebih Memilih Menggunakan Bahasa Gaul dari pada BahasaIndonesia yang Baik dan Benar.
4.Menanggulangi Penggunaan Bahasa GaulDan di Bab 4 akan di uraikan tentang Kesimpulan dan Saran.


BAB 3PEMBAHASAN

3.1 Menggunakan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar
Berbahasa Indonesia dengan baik dan benar mempunyai beberapa konsekuensi logis terkaitdengan pemakaiannya sesuai dengan situasi dan kondisi. Pada kondisi tertentu, yaitu pada situasiformal penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar menjadi prioritas utama.Kendala yangharus dihindari dalam pemakaian bahasa Indonesia yang baik dan benar antara lain disebabkanoleh adanya gejala bahasa seperti interferensi, integrasi, campur kode, alih kode dan bahasa gaulyang tanpa disadari sering digunakan dalam komunikasi resmi. Hal ini mengakibatkan bahasayang digunakan menjadi tidak baik dan benar.


3
Contoh percakapan dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar

Dosen             : Reno,Apakah kamu sudah mengerjakan Tugas ?
Priyanto          :Sudah pak.
Dosen             :Baiklah,segera kumpulkan Tugas kamu.

Contoh percakapan dengan tidak menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar(bahasa gaul).
Priyanto          : Hallo Bro,mau kemana loe ?
Ridwan           : Iya bro, gue mau kekantin.mau ikutan kagak loe bro ?
Priyanto           : Waduh,kagak punya duit gue bro,emangnya loe mau bayarin ?

 Ridwan : Hahahaa..lagi bokek lo iya bro?Ok dah ayo gue bayarin bro.

3.2 Bahasa yang Digunakan Mahasiswa Mercu Buana
Banyak diantara Mahasiswa Mercu Buana lebih memilih menggunakan bahasa gaul dari pada menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dan seringmenyingkat kata-kata dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut membuat peranan bahasaIndonesia yang baik dan benar sedikit terganggu. Pasalnya,banyak siswa dimasa sekarangmengikuti zaman yang semakin bekembang baik dari segi budaya dan perilaku. Para Mahasiswa mengakui bahwa penggunaan bahasa gaul hanya digunakan untuk teman-teman sebayanya,danorang-orang disekitar yang sering menggunakan bahasa gaul saat berbicara. Para Mahasiswa hanyamenggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar dengan orang yang lebih tua.Pengaruh bahasa gaul terhadap tatanan bahasa Indonesia adalah perkembangan zaman modernisasi,dimana segala hal yang ada dikalangan Mahasiswa yang selalu ter up-to date. Tren penggunaan ahasa gaul yang di ilhami dari pelaku tokoh masyarakat misalnya artis.Salah satunya adalah penggunaan ahasa Indonesia yang di campur dengan ahasa inggris yang bertujuan agarseseorang dianggap modern.


Maraknya penggunaan bahasa gaul dalam pesan singkat seperti WA,dan media social sepertifacebook,twitter,hal ini secara tidak langsung mempengaruhi penguasaan bahasa Indonesia yang baik dan benar dikalangan Mahasiswa.

3.3 Alasan Lebih Menggunakan Bahasa Gaul dari pada Bahasa Indonesia yang Baik danBenar
Beberapa siswa mengatakan alasan mereka lebih menyukai bahasa gaul daripada bahasaIndonesia yang baik dan benar,sebagai berikut:
1. Karena kalau bahasa Indonesia yang baik dan benar terlalu formal.
2. Bahasa Indonesia yang baik dan benar tidak cocok buat sehari-hari bersama teman.
3. Belum bisa menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
4. Dengan bahasa gaul maka akan terlihat lebih gaul.
5. Lebih cocok untuk remaja.
6. Bahasa gaul lebih simple.
7. Bahasa gaul mudah digunakan.
8. Bahasa gaul sesuai dengan daerah disini.


3.4 Menanggulangi Penggunaan Bahasa Gaul
Saat ini pemakaian bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam kehidupan nyata maupun fiksimulai bergeser digantikan dengan pemakaian bahasa gaul. Hal ini dapat mempengaruhi perkembangan bahasa Indonesia sebagai identitas bangsa. Dalam upaya untuk mengurangi pemakaian bahasa gaul sebagai alat komunikasi yang digunakan siswa-siswi diperlukan suatustrategi yang dapat mengatasi permasalahan tersebut. diantaranya sebagai berikut:


 1. Kesadaran diri untuk menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.Pepatah lama mengatak 
an, “bahasa menunjukan bangsa”, maka untuk mengetahui dan
mewujudkan identitas bangsa, kita harus menjunjung tinggi bahasa nasional. Untuk mengatasi pergeseran bahasa Indonesia yang sudah parah diperlukan usaha bersama oleh semua pihak agarmenumbuhkan rasa bangga terhadap bahasa Indonesia. Sebagai generasi muda kita harusmenjunjung tinggi bahasa persatuan bahasa Indonesia. Banyak bangsa lain yang merasa iri danterkagum-kagum terhadap bangsa kita karena memiliki bahasa persatuan yaitu Indonesia. Inimerupakan salah satu jati diri asli bangsa Indonesia. Maka dari itu, kita harus menumbuhkankesadaran yang tinggi untuk menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.Kesadarantersebut harus kita tanam mulai dari diri kita. Akhirnya marilah mulai tumbuhkan kembalikesadaran dalam diri masing-masing untuk menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

2. Menghindari teman yang berbahasa gaul.Dalam arti menghindari disini adalah tidak terlalu dekat dengan teman-teman yang berbahasagaul. Tetapi jika kita bisa menahan diri saat berteman dengan orang yang berbahasa gaul,ataumalah kita bisa membawa teman tersebut beralih menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar maka tindakan tersebut perlu kita lakukan terus menerus,agar teman kita lama-kelamaan beralih menggunakan bahasa Indonesia yang baim dan benar.

3. Lebih mencintai bangsa Indonesia.Dengan kita mencintai bangsa Indonesia,maka dengan sendirinya kita akan mencintai danmelestarikan berbagai macam jenis yang ada di Indonesia termasuk bahasa Indonesia. Saat kitamencintai dan melestarikan bahasa Indonesia tentu saja kita akan menggunakan bahasaIndonesia yang baik dan benar.


BAB 4
PENUTUP

4.1 Kesimpulan
Dapat kita simpulkan bahwa sebagian besar dari Mahasiswa Mercu Buana lebih memilih menggunakan bahasa gaul daripada bahaa Indonesia yang baik dan benar, akibat dari perkembangan zaman yang kian mengalami kamajuan baik dari dunia pendidikan sampai teknologi.Gejala bahasa yang dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan bahasa Indonesiadianggap sebagai penyimpangan terhadap bahasa. Kurangnya kesadaran untuk mencintai bahasadi negeri sendiri berdampak pada tergilasnya atau lunturnya bahasa Indonesia dalam pemakaiannya oleh Mahasiswa Mercu Buana .Apalagi dengan maraknya dunia kalangan artis menggunakan bahasa gaul di media massa danelektronik, membuat remaja semakin sering menirukannya di kehidupan sehari-hari hal ini sudahmenjadi wajar karena remaja suka meniru hal-hal yang baru.

4.2 Saran
Sebaiknya disekolah penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar lebihditerapkan,sehingga siswa-siswi perlahan mulai menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.· Sebaiknya untuk orang tua lebih mengawasi anaknya dalam menggunakan handphone,ataumelihat acara TV,karena salah satu penyebab maraknya penggunaan bahasa gaul berawal darihandphone dan TV· Sebaiknya untuk para siswa-siswi jangan terlalu meniru hal-hal yang kurang baik,sebaiknya tirulah hal-hal yang baik.




DAFTAR PUSTAKA

 Tim Edukatif. 2007.Kompeten Berbahasa Indonesia Untuk Mahasiswa. Jakarta
:ErlanggaGulo, W. 2002.Metodologi Penelitian. Jakarta : Grasindo

annie-ocktaviani.blogspot.com

morfologi.com

www.wikipedia.com makalahdanskripsi.blogspot.com






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.