.

Jumat, 08 September 2017

APLIKASI LAYANAN OJEK ONLINE

@G10-The -Perkembangan teknologi komunikasi yang cukup pesat memberikan perubahan sosial masyarakat. Banyak bisnis mulai bermunculan dengan memanfaatkan perkembangan teknologi komunikasi tersebut, salah satunya adalah kemunculan bisnis penyedia layanan jasa transportasi Ojek Online.
Adanya Ojek Online ternyata memberikan solusi dan menjawab berbagai kekhawatiran masyarakat akan layanan transportasi umum. 

Kemacetan ibukota dan ketakutan masyarakat dengan keamanan transportasi umum sudah dijawab dengan kehadiran Ojek Online yang memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi penggunanya.
Kehadiran Ojek Online yang menerapkan teknologi komunikasi tepat guna di saat masyarakat membutuhkan sarana transportasi aman dan bisa menjadi solusi saat macet merupakan fokus penelitian yang dianggap perlu dikonstruksikan dalam penelitian ini. Terlebih lagi, dengan penggabungan layanan transportasi dengan kecanggihan teknologi Internet sehingga masyarakat lebih mudah melakukan pemesanan, mengetahui rate biaya transportasi, lokasi tujuan dan identifikasi driver yang merupakan suatu bentuk inovasi baru dalam dunia bisnis transportasi.

Dengan menggunakan teori Difusi Inovasi dan pendekatan penelitian kualitatif yang heuristik terhadap 2 (dua) penyedia layanan transportasi Ojek Online terbesar di Indonesia yaitu Grab Bike dan PT Gojek Indonesia, maka didapatkan hasil penelitian secara mendalam, menyeluruh dan komprehensif tentang perkembangan teknologi komunikasi tepat guna. Hasil penelitian ini nantinya akan memberikan kontribusi dan sumbangan konsep terutama dalam penerapan inovasi berupa teknologi komunikasi tepat guna yang dapat memberikan perubahan pada sistem sosial masyarakat.

GO-JEK merupakan salah satu usaha jasa transportasi online asli karya anak bangsa, yang sedang berkembang pesat saat ini. Sebagai salah satu jasa transportasi online yang terpercaya, GO-JEK harus memiliki strategi pemasaran yang efektif dan inovatif untuk mendapatkan dan mempertahankan konsumennya. Tujuan penelitian ini adalah: mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor apakah yang memengaruhi pengambilan keputusan konsumen GO-JEK. Metode pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu teknik kuota sampling. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis faktor dengan bantuan software SPSS 22. Hasil penelitian ini menunjukkan, ada 11 faktor yang memengaruhi konsumen dalam menggunakan GO-JEK, yaitu kualitas pelayanan driver dan grafis, perkembangan teknologi, demografis dan psikografis, perbedaan individu, pengaruh pertemanan, fasilitas pendukung, kenyamanan, promosi above the line, tempat dan waktu, promosi below the line dan ketersediaan jasa. Faktor dominan yang paling berpengaruh dalam menggunakan GO-JEK adalah kualitas pelayanan driver dan grafis yang memiliki keragaman data sebesar 27,81%.

Ojek  telah  ada di masyarakat  Indonesia  sejak  lama  dan  pada dasarnya merupakan sebuah usaha   perorangan dari tukang ojek untuk memenuhi kebutuhan   hidupnya,  dan   sekarang  sering  kita lihat di media mengenai fenomena  transporatasi  ojek online  yang  menjadi  trend. Ini  setelah maraknya aplikasi smartphone untuk memesan jasa ojek seperti GOJEK. Melalui Ponsel smartphone kita  Gojek  dapat  dipesan,  hampir  mencapai  puluh  ribuan  Gojek tersebar di Jakarta, dan sudah sampai dikota – kota besar di  indonesia. Gojek juga   memberikan   jaminan   asuransi   yang   bekerja   sama   dengan   sebuah perusahaan asuransi untuk  jaminan asuransi kecelakaan dan rumah sakit  bagi pengguna gojek.Keberadaan  PT  Gojek  sendiri  ialah  memberikan  fasilitas  berupa  aplikasi Gojek,  jaket  dan  helm  yang  memudahkan  tukang  ojek  dalam  melangsungkan pekerjaannya.  Dalam  situsnya,  www.go-jek.com,  mereka  sendiri  menyatakan bahwa “Gojek adalah perusahaan berjiwa sosial yang memimpin revolusi industri transportasi Ojek”. Gojek bermitra dengan para pengendara ojek yang telah  berpengalaman  untuk  menjalankan  usahanya.  Oleh  karena  itu,  jika  kita cermati, keberadaan Ojek dan PT Gojek sesungguhnya merupakan 2 hal yang berbeda.  Driver  Gojek  tidak  menerima perintah  kerja  dari  PT  Gojek,  tetapi dari  pelanggan  ojek  dan  dikerjakan  secara  pribadi  seperti  halnya  tukang  ojek pada umumnya.



DAFTAR PUSTAKA:
1. Anindhita “ANALISIS PENERAPAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI TEPAT GUNA PADA BISNIS TRANSPORTASI OJEK ONLINE (Studi pada Bisnis Gojek dan Grab Bike dalam Penggunaan Teknologi Komuniasi Tepat Guna untuk Mengembangkan Bisnis Transportasi)” dalam http://jurnal.bakrie.ac.id/index.php/INDOCOMPAC/article/view/1638 diakses 7 September 2017
2. Sari, Devi Kartika Munandar, Jono M. 2016 “Analisis Faktor-faktor yang memengaruhi Keputusan Penggunaan Jasa Transportasi GO-JEK” dalam http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/87047 diakses 7 September 2017
4. H Septanto - Bina Insani ICT Journal, 2016 “Layanan Ojek berbasis Online” dalam http://www.ejournal-binainsani.ac.id/index.php/BIICTJ/article/view/49 diakses 8 September 2017
5. B Cahya Gumilang, 2017. “Pengaruh Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Layanan Ojek Online Di Wilayah Eks Karesidenan Surakarta” dalam eprints.ums.ac.id diakses 8 September 2017





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.