Judul : Six Sigma Quality For Business Improvement
Pengarang : Amin Syukron, ST,. MT., Ir Muhammmad Kholil, MT
Penerbit : Graha Ilmu
Tahun Terbit : 2013
Jumlah Halaman : VII
+ 158 Halaman
ISBN : 978 – 979 – 756 – 995 - 2
Persaingan industri menjadi sangat ketat ketika dibukanya
pasar bebas, terlebih lagi diberlakukannya standarisasi kualitas dengan tujuan
melindungi konsumen.
Penyusunan buku ini pada awalnya didasarkan pada kebutuhan mahasiswa untuk bisa lebih memahami metode-metode pengendalian kualitas terutama pembahasan mengenai six sigma. Sebagai buku pegangan dalam mata kuliah pengendalian kualitas. Pokok pembahasan buku ini antara lain sejarah, pengertian dan perkembangan ilmu kualitas, prinsip dasar six sigma, proses definisi, proses pengukuran, proses anlisis, proses perbaikan, dan proses pengendalian.
Penyusunan buku ini pada awalnya didasarkan pada kebutuhan mahasiswa untuk bisa lebih memahami metode-metode pengendalian kualitas terutama pembahasan mengenai six sigma. Sebagai buku pegangan dalam mata kuliah pengendalian kualitas. Pokok pembahasan buku ini antara lain sejarah, pengertian dan perkembangan ilmu kualitas, prinsip dasar six sigma, proses definisi, proses pengukuran, proses anlisis, proses perbaikan, dan proses pengendalian.
Amin Syukron, ST,. MT., lahir di Cilacap 27 Desember 1983.
Mendapatkan gelar Master di bidang Teknik Industri bidang Keahlian Rekayasa
Kualitas (Quality Engineering) dari Institut Teknologi Sepuluh November
Surabaya. Penulis memulai karirnya sebagai Dosen tetap di Universitas Mercu
Buana Jakarta sejak tahun 2009. Penulis juga pernah menjabat sebagai Kepala
Pusat Studi dan Energi Fakultas Teknik UMB tahun 2012.
Ir. Muhammad Kholil, MT, lahir di Jakarta 23 Maret 1970.
Mendapatkan gelar Master dibidang Teknik Industri bidang Keahlian Sistem
Manufaktur dari Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya. Penulis adalah
dosen tetap di Universitas Mercu Buana. Penulis pernah menjabat sebagai Kepala
Laboratorium Fakultas Teknik Industri. Dan sekarang penulis adalah Kepala
Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Mercu Buana.
Sinopsis Buku
Buku ini berisikan informasi penting bagi para mahasiswa
yang ingin mempelajari six sigma sebagai alat pengendalian kualitas. Setiap bab
dalam buku ini juga menjelaskan materi secara rinci sehingga dapat memahami
dengan mudah materi-materi yang disampaikan. Pembahasan didalam buku ini
meliputi : pada bab 1 membahas sejarah, pengertian dan perkembangan ilmu kualitas,
Pada bab 2 membahas prinsip dasar six sigma, pada bab 3 membahas proses
definisi, bab 4 tentang proses pengukuran, pada bab 5 membahas proses analisis,
pada bab 6 tentang proses perbaikan, dan pada bab 7 membahas tentang proses
pengendalian kontrol.
Dalam suatu perusahaan dalam menghasilkan produk yang baik
harus memperhatikan tentang pengendalian kualitas. Untuk mendapatkan produk
yang baik tersebut salah satunya dengan metode six sigma. Dalam Terminology Six
Sigma, sebuah cacat (defect) atau ketidak cocokan (nonconformance) adalah
kekeliruan atau kesalahan yang diterima pelanggan. Tahapan dalam prosses Six
Sigma disingkat DMAI yaitu Define, Measure, Analyze, Improve, Control.
Kelebihan Buku
1.
Desain sampul buku menarik
2.
Materi buku tersusun secara sistematik
3.
Dalam buku disertakan gambar dan grafik yang
membantu pembaca leih mengerti tentang materi tersebut.
Kekurangan Buku
1.
Gambar dan grafik masih hitam putih
2.
Masih ada penyusunan kata yang kurang baku.
Sekian resensi buku Six Sigma Quality For Business
Improvement. Semoga bermanfaat.
Tri Haryanto
Jakarta, 23 September 2017
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.