.

Sabtu, 23 September 2017

Resensi Buku Six Sigma For Business Improvement



 Judul                   : Six Sigma Quality For Business Improvement
Pengarang            : Amin Syukron, ST,. MT., Ir Muhammmad Kholil, MT
Penerbit               : Graha Ilmu
Tahun Terbit        : 2013
Jumlah Halaman :  VII + 158 Halaman
ISBN                   : 978 – 979 – 756 – 995 - 2 

Persaingan industri menjadi sangat ketat ketika dibukanya pasar bebas, terlebih lagi diberlakukannya standarisasi kualitas dengan tujuan melindungi konsumen.
Penyusunan buku ini pada awalnya didasarkan pada kebutuhan mahasiswa untuk bisa lebih memahami metode-metode pengendalian kualitas terutama pembahasan mengenai six sigma. Sebagai buku pegangan dalam mata kuliah pengendalian kualitas. Pokok pembahasan buku ini antara lain sejarah, pengertian dan perkembangan ilmu kualitas, prinsip dasar six sigma, proses definisi, proses pengukuran, proses anlisis, proses perbaikan, dan proses pengendalian.

Amin Syukron, ST,. MT., lahir di Cilacap 27 Desember 1983. Mendapatkan gelar Master di bidang Teknik Industri bidang Keahlian Rekayasa Kualitas (Quality Engineering) dari Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya. Penulis memulai karirnya sebagai Dosen tetap di Universitas Mercu Buana Jakarta sejak tahun 2009. Penulis juga pernah menjabat sebagai Kepala Pusat Studi dan Energi Fakultas Teknik UMB tahun 2012.

Ir. Muhammad Kholil, MT, lahir di Jakarta 23 Maret 1970. Mendapatkan gelar Master dibidang Teknik Industri bidang Keahlian Sistem Manufaktur dari Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya. Penulis adalah dosen tetap di Universitas Mercu Buana. Penulis pernah menjabat sebagai Kepala Laboratorium Fakultas Teknik Industri. Dan sekarang penulis adalah Kepala Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Mercu Buana.

Sinopsis Buku
                                                                                                                             
Buku ini berisikan informasi penting bagi para mahasiswa yang ingin mempelajari six sigma sebagai alat pengendalian kualitas. Setiap bab dalam buku ini juga menjelaskan materi secara rinci sehingga dapat memahami dengan mudah materi-materi yang disampaikan. Pembahasan didalam buku ini meliputi : pada bab 1 membahas sejarah, pengertian dan perkembangan ilmu kualitas, Pada bab 2 membahas prinsip dasar six sigma, pada bab 3 membahas proses definisi, bab 4 tentang proses pengukuran, pada bab 5 membahas proses analisis, pada bab 6 tentang proses perbaikan, dan pada bab 7 membahas tentang proses pengendalian kontrol.
Dalam suatu perusahaan dalam menghasilkan produk yang baik harus memperhatikan tentang pengendalian kualitas. Untuk mendapatkan produk yang baik tersebut salah satunya dengan metode six sigma. Dalam Terminology Six Sigma, sebuah cacat (defect) atau ketidak cocokan (nonconformance) adalah kekeliruan atau kesalahan yang diterima pelanggan. Tahapan dalam prosses Six Sigma disingkat DMAI yaitu Define, Measure, Analyze, Improve, Control.


Kelebihan Buku
1.       Desain sampul buku menarik
2.       Materi buku tersusun secara sistematik
3.       Dalam buku disertakan gambar dan grafik yang membantu pembaca leih mengerti tentang materi tersebut.
Kekurangan Buku
1.       Gambar dan grafik masih hitam putih
2.       Masih ada penyusunan kata yang kurang baku.



Sekian resensi buku Six Sigma Quality For Business Improvement. Semoga bermanfaat.

Tri Haryanto
Jakarta, 23 September 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.