.

Minggu, 17 September 2017

Penerapan BAS (Building Automation System) untuk Efisiensi Operasional Gedung




 

Pendahuluan
Seiring dengan pesatnya pembangunan gedung-gedung dalam industri, maka kebutuhan energi juga terus meningkat begitu pula akan tingkat kebutuhan tenaga listrik untuk memenuhi kebuthan energinya. Hal ini dimungkinkan karena penggunaan peralatan (utility) gedung yang jumlahnya banyak dan memerlukan energi yang besar. Namun kita sadari bahwa persediaan energi jumlahnya terbatas, kemudian dalam pengendalian dan pemantauan peralatan-peralatan pada gedung tersebut dibutuhkan suatu mekanisme pengaturan yang dapat dengan mudah dilakukan operator. Upaya yang diperlukan adalah melakukan penghematan penggunaannya agar biaya operasi dapat ditekan, usaha seperti ini dikenal dengan istilah konservasi energi, yang kemudian dapat diterjemahkan dalam bentuk efesiensi dan penghematan biaya operasi. Upaya-upaya penghematan lainnya  bisa pula menggunakan sistem-sistem yang mendukung dan berkaitan dengan penghematan energi, salah satunya adalah sistem otomatis BAS (Building Automation System).


Latar Belakang
Menurut Mandariani dan Zaini (2015), dalam operasional gedung, tiga hal yang harus diperhatikan adalah penghematan energi, kenyamanan penghuni dan level keamanan. Oleh sebab itu terdapat beberapa system automasi yang dapat diaplikasikan di gedung yaitu Heating Ventilating and Air Conditioner (HVAC), pencahayaan, keamanan dan kebakaran, akses keamanan pengguna, pemantau daya dan transportasi dalam gedung. Integerasi sistem-sistem ini dikenal dengan nama Building Automation Ssystem (BAS).


Definisi

http://www.regelgroup.com/main/wp-content/uploads/2016/07/BuildAutomationSystem.jpg
Sistem Automatik pada gedung atau dikenal dengan BAS (Building Automation System) adalah suatu sistem pengendalian dan pemantauan yang terpusat dari seluruh peralatan mekanikal dan elektrikal yang terdapat di suatu gedung. BAS terdiri dari beberapa Direct Digital Control (DDC) yang mempunyai input dan output baik secara analog ataupun digital. Input dan output tersebut berguna sebagai indikator untuk mengetahui status dari perangkat yang akan dikontrol4. BAS juga biasa disebut sebagai Energy Management and Control System (EMCS). BAS dalam suatu gedung ini merupakan suatu sistem yang dapat mengatur penggunaan energi sesuai atau sebatas yang dibutuhkan tanpa mengurangi fungsi peralatan yang dipakai dan meningkatkan kemampuan melakukan manajemen energi suatu gedung. Untuk beberapa macam bangunan, Building Automation System adalah sebuah solusi untuk mengatur, mengontrol dan mengotomatisasi perlengkapan dan fungsi dari gedung tersebut, termasuk Heating Ventilating dan Air Conditioning (HVAC), Thermal Source, Peralatan listrik dan sanitasi, penerangan, elevator, keamanan, kebakaran dan kenyamanan penyewa gedung.


Keuntungan
Keuntungan dari aplikasi BAS dalam suatu gedung, yaitu :
1.       Operasional utility dapat dijalankan secara otomatis dan terjadwal
2.       Meminimalisir biaya akan man power
3.       Efisiensi energi listrik
4.       Monitoring beberapa sistem dari satu tempat
5.       Interaksi terhadap strategi control yang lebih efisien

Kelemahan
Walaupun keuntungan dari sistem BAS sangat besar, namun masih terdapat kekurangan dalam sistem tersebut. Adapun kekurangan yang ditemukan yaitu diperlukannya tingkat kompetensi yang tinggi, resiko yang lebih besar apabila pelayanan menjadi tidak baik, biaya investasi yang tinggi, dll. Uuntuk itu diperlukan strategi untuk pengelolaannya.


Kesimpulan
-          BAS (Building Automation System) adalah salah satu efisiensi dalam menghemat energi untuk operasional gedung-gedung yang terdapat banyak utility
-          dalam operasional gedung, tiga hal yang harus diperhatikan adalah penghematan energi, kenyamanan penghuni dan level keamanan
-          BAS (Building Automation System) adalah suatu sistem pengendalian dan pemantauan yang terpusat dari seluruh peralatan mekanikal dan elektrikal yang terdapat di suatu gedung



Daftar Pustaka :
-          Mandariani, P. dan Zaini. . Jurnal Teknik Elektro ITP, Vol 4, No 2, Juli 2015 . Pengemban Sistem Monitoring Pada Building Automation System (BAS) Berbasis Web di Fakultas Teknik Universitas Andalas . Dalam : https://ejournal.itp.ac.id/index.php/telektro/article/viewFile/290/284 (Diakses tanggal 16 September 2017)
-          Putra A. . Building Automation System (BAS) . Dalam : http://www.academia.edu/5753592/BAS2 (Diakses tanggal 16 Sseptember 2017)
-          Bella, Z. . Sistem Utilitas BAS . Dalam : http://www.academia.edu/6358539/SISTEM_UTILITAS_BAS (Diakses tanggal 17 September 2017)
-          http://www.testindo.com/kategori/246/building-automation-system , diunggah oleh Testindo . (Diakses tanggal 17 September 2017)
-          http://threehundredzeroes.com/definisi-dan-prinsip-kerja-building-automation-system/ . (Diakses tanggal 17 September 2017)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.