.

Sabtu, 09 September 2017

Pemanfaatan Sumber Energi Terbarukan Atasi Krisis Energi

Pemanfaatan Sumber Energi Terbarukan Atasi Krisis Energi

PENDAHULUAN
LATAR BELAKANG
Kelangkaan bahan bakar merupakan permasalahan klasik di Negara Indonesia yang saat ini telah berdampak banyak pada aktivitas masyarakat, diantaranya adalah antrian minyak tanah dan kekosongan pasokan SPBU. Keadaan ini diperparah dengan berkurangnya sumber energy yang menjadi andalan Negara Indoesia diperkirakan akan habis dalam beberapa puluh tahun kedepan. Namun tuhan menciptakan manusia dengan akal sehingga mampu untuk berfiki. Sehingga, muncul gagasan-gagasan atau ide baru. Kemajuan teknologi juga telah sampai pada penggunaanenergy alternative sebagai pengganti energy utama yang ada saat ini.
Diantara berbagai sumber energy terbarukan yang ditemukan. Energy angin ialah salah satu energy yang melimpah yang dimiliki Indonesia. Sehingga harus terus dikembangkan agar bisa mengurangi dampak negative yang ditimbulkan oleh polusi dari hasil pembakaran energy fosil.
PEMBAHASAN
Pembangkit listrik tenanga angin/PLt Bayu yang pertama di Indonesia dibangun di daerah kabupaten Sidenreng Rappang (sidrap) Sulawesi selatan. Plt Bayu ini direncanakan akan beroperasi pada akhir 2017.
Plt Bayu atau lebih umum dikenal dengan wind turbin  (turbin angin)adalah pembangkit listrik yang memanfaatkan energy angin untuk memutar bilah rotor dalam turbin generator sehingga menghasilkan listrik.
Berikut cara kerja Pltu Bayu
Turbin angin bekerja berkebalikan dengan kipas angin. (bukan menggunakan listrik untuk menghasilkan angin tetapi menggunakan angin untuk menghasilkan listrik).
Energy angin memutar turbin angin. Kemudian angin akan memutar turbin, lalu sudut turbin. Kemudian diteruskan untuk memutar rotor pada generator bagian belakang turbin angin. Generator mengubah energy gerak menjadi energy listrik dengan teori medan elektromagnetik, yaitu poros pada generator dipasang dengan material ferrromagnetik permanen. Setelah itu disekeliling poros terdapat stator yang bentuk fisisnya adalah kumparan-kumparan kawat yang berupa loop. Ketika poros  generator mulai berputar maka akan terjadi perubahan fluks pada stator yang akhirnya karena terjadi perubahan fluks ini akan dihasilkan tegangan dan arus listrik ini selanjutnya disalurkan melalui kabel jaringan listrik untuk akhirnya  Tegangan dan arus listrik ini digunakan oleh masyarakat

Kesimpulan
Perlunya penelitian dan pengembangan mengenai energy terbarukan merupakan suatu yang harus dilakukan oleh Negara. Agar mampu mandiri kita mampu berdaulat dalam ketahanan energy.




Dafta Putaka
http://www.greenpeace.org/seasia/id/campaigns/perubahan-iklim-global/Energi-Bersih/tenaga_angin/
https://www.academia.edu/5621855/Angin_Sebagai_Sumber_Energi_Alternatif?auto=download


TERIMAKASIH


1 komentar:

  1. @G40-Olga

    Assalamualaikum Wr Wb,
    Berikut ada beberapa komentar untuk artikel Saudara Faqih:
    - Judul artikel cukup dicantumkan 1 diawal
    - Nama penulis belum dicantumkan
    - Untuk mind map diposisikan di paling atas artikel dibawah judul
    - Dalam setiap paragraf tidak ada sumber yang dicantumkan
    - Untuk penulisan lebih dirapihkan, karena format tulisan masih berantakan
    - Daftar pustaka penulisannya masih belum sesuai, harap dibetulkan kembali

    Sekian,
    Wassalamualaikum Wr. Wb

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.