.

Sabtu, 09 September 2017

PENANGKAP MOMEN DARI ANGKASA

INOVASI TEKNOLOGI -

‘DRONE’ , SANG PENANGKAP MOMEN DARI ANGKASA.

Oleh Hanung Rasitama 

Gambar 1. Mind Map Drone

D
unia fotografi saat ini bekembang semakin pesat. Hal ini tidak lepas dari pengaruh social media yang kian melekat dalam kehidupan masyarakat. Dengan adanya social media ini masyarakat berlomba lomba untuk tampil lebih eksis dengan mencoba untuk selalu mengabadiakan momen momen dalam kehidupan mereka. Momen yang sering di bagikan ke social media misalnya ketika mereka sedang makan, hangout bersama keluarga maupun teman, travelling, maupun kegiatan yang lainnya. Dan tentunya hal ini dilakukan hampir seluruh lapisan masyarakat, tanpa batasan usia.
Dalam mengabadikan momen tersebut, ada satu benda yang tidak bisa dijauhkan dari mereka. Benda tersebut tidak lain adalah kamera. Kita kembali mengingat bahwa saat ini perkembangan kamera semakin melesat jauh. Saat ini hampir semua handphone sudah di lengkapi dengan fitur kamera degan kualitas yang sangat bagus. Adalagi kamera DSLR, Mirror Less, dll. Dengan demikian saat ini kamera menjadi salah satu kebutuhan bagi mereka. Selain jenis jenis kamera yang disebutkan diatas, kini muncul lagi terobosan baru, yaitu DRONE. Drone adalah sebuah terobosan baru dalam dunia fotografi dimana alat ini memiliki berbagai keunikan. Lalu, sebenarnya apakah Drone ini? 




A. PENGERTIAN

Dalam salah satu artikel di internet (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi;2015;Fenomena Drone di Indonesia; http://ilmupengetahuan.org/drone-indonesia/; diakses tanggal 8 September 2017) Drone adalah pesawat tanpa awak (Unmanned Aerival Vehicle/UAV) yaitu mesin yang dikendalikan dari jarak jauh oleh pilot atau dapat mengendalikan dirinya sendiri, dengan memakai hukum aerodinamika, dapat digunakan kembali dan mampu mengangkut muatan. Benda terbang ini mempunyai bentuk, ukuran, konfigurasi dan karakter yang berbeda-beda.
Kontrol terhadap drone ada dua macam yaitu:
  1. Dikontrol melalui pengendalai jarak jaruh
  2. Terbang secara mandiri berdasarkan program yang ditanam dalam tubuh pesawat.

Pada mulanya Drone digunakan untuk kepentingan militer, namun untuk saat ini seiring dengan perkembangan zaman, Drone bukan lagi hanya digunakan untuk militer namun telah masuk ke dunia fotografi.
Dalam sebuah artikel di internet (Askphotographer;2017;Mengenal drone untuk fotografi dan videografi; http://askthephotographer.com/2017/03/mengenal-drone-untuk-fotografi-dan-videografi/; diakses tanggal 8 September 2017) dikatakan bahwa Drone beberapa tahun yang lalu merupakan barang langka dan sangat jarang digunakan. Namun saat ini popularitas drone terus naik, sehingga mudah kita jumpai. Drone yang disebut juga multirotor atau quadcaptor digunakan baik untuk fotografi maupun videography karena kemampuannya yang istimewa, yakni bisa dikendalikan dan mendapatkan sudut tinggi sesuai dengan kemampuan kita. Sudut tinggi merupakan sudut unik yang sulit didapatkan dan dari sudut ini bentang alam akan nampak megah dan pergerakan drone memberikan kesan dinamis dalam merekam video.
Mendapatkan gambar/video yang menarik tentu bukan hal mudah, karena dibutuhkan operator yang handal dan mengerti tentang komposisi aerial. Drone terbaru saat ini lebih mudah diterbangkan, memiliki kamera yang lebih berkualitas, serta fitur auto flight. Namun harga yang perlu dibayar untuk fitur2 tersebut tidaklah murah, dan jika kita memang serius menekuni aerial fotografi maka pastikan drone yang dibeli memang khusus fotografi dan bukan hanya barang mainan yang memiliki kamera.
Dengan demikian kita memiliki gambaran saat ini bahwa drone yang digunakan untuk dunia fotografi dan videografi adalah pesawat tanpa awak yang dilengkapi dengan system kamera yang terintegrasi sehingga dapat merekam dan mengambil gambar dengan baik.

Gambar 2. Wujud Drone


B. Kegunaan Drone
Dahulu mungkin orang mengenal drone atau pesawat tanpa awak digunakan oleh militer untuk memata-matai musuh di daerah konflik. Secara garis besar penggunaan dari pesawat tanpa awak ini adalah dibidang militer. Namun saat ini penggunaan drone lebih mengarah ke dunia jurnalistik untuk fotografi maupun videografi.
Terdapat dua fungsi pokok :
Kepentinganpribadi
Hanya sebagai penyaluran hobi misalnya untuk pengambilan gambar pribadi. Kemampuannya untuk mengambil gambar pribadi tentunya mutlak mengalahkan fungsi tongsis
Kepentinganprofesional
Digunakan untuk kepentingan pekerjaan misalnya untuk fotografi, jurnalistik, videografi, bahkan industri film, dan militer tentunya.
Gambar 3. Hasil Foto menggunakan Drone



C. Bagian Drone
Pada awal bagian kita telah mengetahui bahwa Drone ini adalah sebuah pesawat tanpa awak yang dikendalikan dengan Remote Control. Guna mendukung cara kerja dari Drone itu sendiri, ada beberapa bagian penting yang berpengaruh terhadap cara kerja Drone.
Seperti yang ditulis pada sebuah artikel di internet (Tjiang,Herry;2016;ISTILAH PENGERTIAN DAN JENIS DRONE; http://www.herrytjiang.com/istilah-pengertian-dan-jenis-drone/ ;Diakses pada tanggal 8 September 2017), Bagian bagian Drone adalah sebagai berikut :
  • PROPELLER / Prop : Adalah baling baling yang dipakai untuk memberikan daya angkat pada drone, pengendali arah, dan penyeimbang, jumlah dari propeller tersebut bervariasi ada yang yang jumlahnya 2, 3, 4, 8 dan seteterusnya
  • RC : Remote contorol yang dipakai untuk menggerkan drone dari jarak jauh biasa di drone RC ini dipasangkan dengan device seperti smartpone, tablet , komputer yang dipakai untuk visualisasi dari drone itu sendiri dan memantau pergerakannya dari jarak jauh
  • GIMBAL : Adalah system penstabil dari camera , juga sebagai penghubung antara drone dan camera bentuknya masing masing berbeda tetapi memiliki kegunaan yang sama yaitu membuat stabil pengambilan foto atau video dengan menggunakan drone sehingga guncangan dari drone, dan angin tidak membuat foto mejadi goyang atau blur.
  • CAMERA : camera yang dipkakai untuk menampilkan image yang dipakai untuk melihat, memotret, melakukan recording video
  • LANDING SKID : kaki drone yang dipakai untuk melakukan pendaratan, bentuknya bermacam macam dan terkadang bisa digerakan naik dan turun sesuai kebutuhan www.herrytjiang.com
  • SHOCK ABSORBER :  peredam getaran yang dipakai di drone untuk membantu memberikan keseimbagan camera sehingga teteap lurus dan stabil , tidak semuanya drone memiliki  ini tetapi didalam gimbal sudah ada fungsi ini.
  • ROTOR : dinamo pengerak dari propeller dan jumlahnya tergantung dari jenis drone itu sendiri, besaran rotornya juga tergantung dari besar kecilnya drone
 
Gambar 4. Bagian Drone yang tampak dari luar
D. Cara Kerja Drone
Drone dapat dikendalikan dengan Remote Control seperti aeromodelling, Bedanya drone menggunakan jarak radio yang lebih luas sekitar 2,4 GHz. Selain itu drone dapat di control menggunakan smartphone karena drone memiliki chip komputer serupa arduino namun lebih kompleks. Chip ini membuat drone dapat mengolah gambar dari kamera yang terpasang padanya kemudian mengirimkan hasilnya ke smartphone yang digunakan sebagai control.
Beberapa drone mahal delengkapi dengan chip GPS. Cara kerjanya adalah sebelum terbang harus di pastikan dapat sinyal GPS terlebih dahlu dan ada batas minimal sinyal yang didapatkan untuk drone bisa terbang.
Drone yang akan di terbangkan menggunakan GPS benar-benar tergantung dengan kekuatan sinyal GPS. Karena drone yang di terbangkan dengan GPS tidak terikat jarak antara pilot dengan drone, so dimanapun Anda berada drone akan tetap terbang sesuai perintah Anda.
Selanjutnya  ada beberpa hal yang mendukung cara kerja drone, diantaranya :
a.      Radar Positioning & Return Home
Radar pesawat menampilkan posisi saat ini dan lokasi drone dalam kaitannya dengan pilot.
Melebihi rentang kendali remote control akan memicu 'Return-to-Home', yang berarti UAV secara otomatis akan terbang kembali ke titik lepas landas dan mendarat dengan aman.

b.      Layar Real-Time Parameter Penerbangan
Melacak telemetri penerbangan saat ini dan melihat apa drone Anda melihat pada perangkat mobile Anda.

Informasi tentang apa yang teknologi pesawat tanpa awak dan bagaimana cara kerja teknologi pesawat tanpa awak di QuadcoptersNo Fly Zona Drone Teknologi


Dalam rangka meningkatkan keselamatan penerbangan dan mencegah penerbangan disengaja di daerah terlarang, firmware baru untuk UAV seri phantom mencakup "fitur ada Fly Zone". Ini tidak ada zona terbang telah dibagi menjadi dua kategori: A dan B.

c.       GPS
Ketika kompas s dikalibrasi, pesawat tak berawak kemudian mencari lokasi satelit GPS. Ketika lebih dari 6 ditemukan, memungkinkan drone untuk terbang di "Siap Terbang" Mode.


Internal Compass & Function Failsafe


Memungkinkan UAV dan sistem remote control untuk tahu persis itu lokasi penerbangan. Kalibrasi Kompas diperlukan untuk menetapkan titik rumah. Titik rumah adalah lokasi di mana pesawat tak berawak tersebut akan kembali ke dalam kasus hilangnya sinyal antara drone dan sistem remote control. Hal ini juga dikenal sebagai "fungsi failsafe". 

d.      FPV (First Person View) Drone Teknologi
Apa FPV berarti "First Person View" yang berarti kamera video dipasang pada vehichle udara tak berawak dan siaran video langsung ke pilot di tanah sehingga pilot terbang pesawat seolah-olah ia / dia onboard pesawat bukannya melihat kerajinan dari posisi tanah pilot yang sebenarnya. FPV memungkinkan pesawat tak berawak untuk terbang lebih tinggi dan lebih jauh dari yang Anda dapat dari melihat pesawat dari tanah. kontrol FPV memungkinkan untuk terbang lebih tepat sekitar hambatan terutama dengan kendaraan udara tak berawak yang dapat dengan mudah terbang di dalam ruangan dan melalui hutan melalui FPV di mana Anda tidak akan dapat melihat hambatan dari posisi tetap.

e.       UAV Remote Control Sistem
Ini adalah perangkat komunikasi nirkabel menggunakan pita frekuensi 5.8 GHz. Dengung dan sistem remote control harus sudah dipasangkan ketika meninggalkan pabrik.

f.       UAV Remote Control Receiver
Ini adalah perangkat komunikasi nirkabel yang beroperasi dalam frekuensi 2,4 GHz. Hal ini digunakan untuk memperluas jangkauan komunikasi antara smartphone dan pesawat tak berawak di daerah terhalang terbuka. jarak transmisi dapat mencapai hingga 700 meter. Setiap extender kisaran memiliki unik MAC address dan jaringan nama (SSID).

g.      Kinerja tinggi Kamera



Dari urian diatas kita dapat mengetahui bahwa teknologi berkembang dengan sangat pesat. Pesawat tanpa awak yang dulunya digunakan untuk kegiatan militer kini telah masuk ke dunia fotografi sebagai suatu terobosan baru.
Inovasi dalam dunia teknologi memang sangat penting, karena dengan inovasi inilah akan dihasilkan sesuatu yang sangat bermanfaat bagi masa yang akan datang. Oleh karena itu kita sebagai generasi muda harus terus berinovasi khususnya dalam hal teknologi.




DAFTAR PUSTAKA

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.2015.Dalam: http://ilmupengetahuan.org/drone-indonesia/. Diakses tanggal 8 September 2017.
Askphotographer.2017.Dalam: http://askthephotographer.com/2017/03/mengenal-drone-untuk-fotografi-dan-videografi/. Diakses tanggal 8 September 2017.
Tjiang,Herry.2016.Dalam: http://www.herrytjiang.com/istilah-pengertian-dan-jenis-drone/ .Diakses tanggal 8 September 2017
One.2016.Dalam: http://itoday.co.id/tekno/read/3080/DRONE-dan-Cara-Kerjanya . Diakses tanggal 8 September 2017

1 komentar:

  1. @F06-Novita

    Mindmap belum ada logo
    Belum ada sumber gambar
    Judul sudah menarik
    Tata tulis : sebagian besar sudah sesuai dengan panduan

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.