.

Sabtu, 18 Maret 2017

Air panas sehat @E21-Efifpernadi @Tugas B01

Guci Tegal – Obyek Wisata Kumplit di Kaki Gunung Slamet



Oleh: Efif permadi s.h 17 maret 2017

OBYEK wisata Guci Tegal terletak di ketinggian kurang lebih 1.050 meter di atas permukaan laut. Di destinasi yang berjarak 30 km dari Slawi, Jawa Tengah, itu tubuh kita akan dengan segera diterpa hawa dingin khas pegunungan begitu tiba di sana.
Obyek wisata ini terletak berada di Desa Guci, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal. Lokasinya tepat di bawah kaki Gunung Slamet yang merupakan gunung tertinggi kedua di Pulau Jawa setelah Semeru, dengan tinggi 3.428 meter di atas permukaan laut.(http://alampriangan.com/wisata-guci-tegal/)

Pemandian Air Panas
Wisata Guci Tegal menawarkan pesona keindahan alam khas daerah pegunungan. Hal tersebut akan anda dapatkan bahkan ketika masih dalam perjalanan menuju ke sana. Hamparan kebun buah strawberry, tomat, wortel, cabai, serta hutan pinus akan memanjakan mata kita.
Begitu tiba di Guci Tegal, hawa sejuk dan segar segera akan terasa. Di sana kita bisa memanjakan diri dengan mandi di pemandian air panas.
Ada dua pemandian umum, yaitu Pancuran 13 dan Pancuran 7. Air yang mengalir keluar dari pancuran-pancuran tersebut dipercaya berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit semisal rematik dan penyakit-penyakit kulit. Banyak pula yang percaya, air panas dari Pancuran 13 dapat memberi tuah dan kesehatan bagi siapa saja yang mandi di bawahnya.(http://alampriangan.com/wisata-guci-tegal/)

Selain berendam di pemandian. Pengunjung juga dapat berendam di sungai yang mengalir di tengah wana wisata itu. Air sungai tersebut juga air panas yang memiliki kandungan sama dengan kolam sebab sumber airnya sama.
Ketika pertama kali menyentuh airnya, anda akan langsung terasa panas. Tetapi, lambat laun, kulit akan beradaptasi dengan panasnya air sehingga berubah menjadi terasa hangat. Dan suasana relaksasi pun akan tercipta dengan segera.

Selain pemandian air panas, juga terdapat sekitar 10 air terjun atau curug di destinasi ini. Salah satunya Air Terjun Jedor yang terletak di bagian atas pemandian umum pancuran 13. Nama Jedor, konon karena dulu tanah di sekitar air terjun setinggi 15 meter itu adalah milik seorang Lurah yang bernama Lurah Jedor.

Tiket Masuk Guci Tegal
Tiket masuk Wana Wisata Guci Tegal adalah sebagai berikut:
Hari biasa:
– Dewasa : Rp5000,- + asuransi
– Anak-anak : Rp4500,- + asuransi
Hari libur/tanggal merah
– Dewasa : Rp7000,- + asuransi
– Anak-anak : Rp6500,- + asuransi
Catatan: harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.