.

Rabu, 22 Maret 2017

TECHNOLOGY ROBOT



@D17-Yosep
Di Buat oleh : YOSEP SETIAWAN











 Robot adalah seperangkat alat mekanik yang bisa melakukan tugas fisik, baik dengan pengawasan dan kontrol manusia, ataupun menggunakan program yang telah didefinisikan terlebih dulu (kecerdasan buatan). Istilah robot berawal bahasa Ceko “robota” yang berarti pekerja atau kuli yang tidak mengenal lelah atau bosan. Robot biasanya digunakan untuk tugas yang berat, berbahaya, pekerjaan yang berulang dan kotor. Biasanya kebanyakan robot industri digunakan dalam bidang produksi. Penggunaan robot lainnya termasuk untuk pembersihan limbah beracun, penjelajahan bawah air dan luar angkasa, pertambangan, pekerjaan "cari dan tolong" (search and rescue), dan untuk pencarian tambang. Belakangan ini robot mulai memasuki pasaran konsumen di bidang hiburan, dan alat pembantu rumah tangga, seperti penyedot debu, dan pemotong rumput.
Saat ini hampir tidak ada orang yang tidak mengenal robot, namun pengertian robot tidaklah dipahami secara sama oleh setiap orang. Sebagian membayangkan robot adalah suatu mesin tiruan manusia (humanoid), meski demikian humanoid bukanlah satu-satunya jenis robot.
Pada kamus Webster pengertian robot adalah 
  





An automatic device that performs function ordinarily ascribed to human beings






(sebuah alat otomatis yang melakukan fungsi berdasarkan kebutuhan manusia)
Dari kamus Oxford diperoleh pengertian robot adalah:
A machine capable of carrying out a complex series of actions automatically, especially one programmed by a computer.
(Sebuah mesin yang mampu melakukan serangkaian tugas rumit secara otomatis, terutama yang diprogram oleh komputer)
Pengertian dari Webster mengacu pada pemahaman banyak orang bahwa robot melakukan tugas manusia, sedangkan pengertian dari Oxford lebih umum.
Beberapa organisasi di bidang robot membuat definisi tersendiri. Robot Institute of America memberikan definisi robot sebagai:
A reprogammable multifunctional manipulator designed to move materials, parts, tools or other specialized devices through variable programmed motions for the performance of a variety of tasks
(Sebuah manipulator multifungsi yang mampu diprogram, didesain untuk memindahkan material, komponen, alat, atau benda khusus lainnya melalui serangkaian gerakan terprogram untuk melakukan berbagai tugas)
International Organization for Standardization (ISO 8373) mendefinisikan robot sebagai:
An automatically controlled, reprogrammable, multipurpose, manipulator programmable in three or more axes, which may be either fixed in place or mobile for use in industrial automation applications
(Sebuah manipulator yang terkendali, multifungsi, dan mampu diprogram untuk bergerak dalam tiga aksis atau lebih, yang tetap berada di tempat atau bergerak untuk digunakan dalam aplikasi otomasi industri)
Dari beberapa definisi di atas, kata kunci yang ada yang dapat menerangkan pengertian robot adalah:
  • Dapat memperoleh informasi dari lingkungan (melalui sensor)
  • Dapat diprogram
  • Dapat melaksanakan beberapa tugas yang berbeda
  • Bekerja secara otomatis
  • Cerdas (intelligent)
  • Digunakan di industri
An automatic device that performs function ordinarily ascribed to human beings
(sebuah alat otomatis yang melakukan fungsi berdasarkan kebutuhan manusia)
            https://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_produksi


SEJARAH ROBOT
               
             Penggunaan robot saat ini sudah mencakup seluruh sendi kehidupan manusia, baik dalam industri maupun dalam kegiatan sehari-hari. Menurut perkembangannya, istilah Robot itu sendiri digunakan pertama kali pada tahun 1920 oleh penulis Czech Karel Capek dalam sebuah cerita dengan judul Rossum’s Universal Robot. Kemudian, pada tahun 1941 barulah istilah robot digunakan dalam teknologi robot dan diprediksi akan muncul robot industri yang dikemukakan oleh Isaac Asimov.     
                    Pada tahun 1956 mulai tercipta suatu perusahaan robot pertama yang didirikan oleh Georde Devil dan Joseph Engelberger. Kemudian pada tahun 1961, robot mulai terlihat perkembangannya dengan dimanfaatkan dalam industri otomotif oleh General Motor. Setelah itu, pada tahun 1980 robot modern lahir dan digunakan oleh beberapa industri lain seperti industri elekronik dan komputer (Sejarah & perkembangan robot 2011).
                Mesin robot yang semakin pesat perkembangannya pada dasarnya membantu manusia dalam beraktifitas sehari-hari. Penggunaan robot dapat membantu kegiatan atau pekerjaan manusia agar efisien dalam waktu penyelesaian, serta mengurangi tingkat resiko kecelakaan kerja. Beberapa pekerjaan manusia yang sering menggunakan bantuan mesin robot masuk kategori pekerjaan yang sukar, berbahaya dan membosankan karena membutuhkan tingkat ketelitian yang tinggi (Robot versus manusia 2009).


PENGGUNAAN ROBOT
   
  Apabila kita bersama memperhatikan, banyak bidang-bidang dalam kehidupan manusia yang memanfaatkan teknologi robot. Diantaranya adalah bidang industri, kedokteran/kesehatan, HANKAM/militer, Ekspedisi luar angkasa, Search and Rescue (SAR), Observasi daerah berbahaya, kuliner, hiburan, Fotografi, rumah tangga, dan sebagainya. Berikut ini penulis berikan gambar contoh robot-robot dalam kehidupan sehari-hari yang penulis peroleh dengan bantuan mesin pencari di internet.




strategi bisnis maupun untuk berinovasi`
   
https://www.beritateknologi.com/foxconn-akan-gantikan-tenaga-manusia-dengan-robot-dalam-proses produksi/


   Sebuah universitas di rusia Moscow state university belakangan  ini sedang meciptakan atau menelity sebuah rancangan robot untuk operasi kelompok di zona berbahaya dengan akses manusia terbatas.tentunya penemuan penemuan tersebut akan terus menciptakan teknologi teknologi yang dapat di gunakan sesuai kebutuhan manusia



K. Kirsanov, B.Levinsky, V. Pryanichnikov, ‘Integrating software for intelligent robots’, in Informational-Measuring and Control Systems,
Radiotechnika, 2009, Vol. 7, no. 6, pp.35−43.





MANFAAT PENGGUNAAN ROBOT




     Robot dapat Membantu Menjinakan Bom, Mencari Bom, dll



          




Robot penjinak bom atau explosive ordnance disposal (EOD) bisa membantu tim penyelamat ketika hendak menjinakkan sebuah bom dari jarak jauh. Ketimbang kehilangan nyawa teknisi bom di lapangan akibat bom yang meledak, mengendalikan robot penjinak bom ini merupakan cara aman untuk menyelamatkan nyawa banyak orang.

       Cobham tEODor khusus diperuntukkan untuk menjinakkan bom. Robot canggih ini dilengkapi dengan manipulator mirip lengan, sensor dan sebuah kamera, yang memungkinkan operator melihat bekerja dari jarak jauh.


2.R
obot bisa berjalan dengan bebas diluar angkasa.





 
Biasanya robot yang ditugaskan untuk penelitian diluar angkasa jenis Robot Bionik. Tugas dari Robot ini biasanya untuk meneliti apakah di sebuah planet tersebut ada sebuah kehidupan atau tidak, mencari terdapatnya sumber air di planet itu.

3.Robot dapat mempermudah pekerjaan Manusia



Banyak jenis robot yang dapat mempermudah pekerjaan manusia. Bisa di bidang Industri, Militer, Transportasi, dll. Contoh diatas adalah robot Industri Mobil, Fungsi robot di dalam bidang industri ini pada umumnya ditujukan untuk menggantikan peran manusia dalam melaksanakan tugas-tugas yang membutuhkan tenaga yang besar/kuat, yang memerlukan ketelitian yang tinggi dan yang mengandung resiko tinggi terhadap keselamatan manusia. Atau dengan kata lain, robot dapat meminimalisasi human error (kesalahan manusia) pada proses pengindustrian serta dapat meningkatkan produktivitas produksi secara efisien yang memberikan keuntungan lebih.
SELAIN MEMBERIKAN EFEK POSITIF NAMUN PEMANFAATAN ROBOT DALAM KEHIDUPAN SEHARI HARI JUGA DAPAT MEMBERIKAN EFEK NEGATIVE NYA yaitu :





1 . Manusia menjadi Malas

              

            Dengan adanya Robot dimasa yang akan datang, Robot sudah diprogram untuk lebih cerdas dan lebih telaten dalam hal bekerja. Dan adanya robot Manusia akan menjadi malas karena pekerjaan mereka tergantikan, mulai dari Membawa mobil, mencuci piring, dll.


      


2`Semakin banyak pengangguran


Semakin pesatnya pertumbuhan penggunaan robot dalam kehidupan masyrakat tentu akan mengambil alih semua pekerjaan yang biasa nya digunakan manusia.sehingga pengangguran pun akan bertambah jumlah nya karena perusahaan lebih memilih memakai tenaga robot karna lebih murah dan effisien


,,,,,,,,,,̶,,,,,,,,,,,

DAFTAR PUSTAKA :





K. Kirsanov, B.Levinsky, V. Pryanichnikov, ‘Integrating software for intelligent    

    robots’, in Informational-Measuring and Control Systems,



 Radiotechnika, 2009, Vol. 7, no. 6,



 pp.35−43. di download 20 maret 2017 ,scienderct 










Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.