@E14-Imam
Oleh : Imam Huda
Secara nyata perkembangan teknologi telah mampu
menciptakan dunia global yang berkembang tampa
batas negara dan bangsa. Dunia teroterial dan dunia ruang telah menjadi sesuatu
yang sagat tidak berarti.
Bila suatu bangsa ingin menggambarkan zaman ini maka gambaran yang terbaik untuk di jelaaskan mengenai suatu realitas masyarakat adalah masyarakat dengan sistem teknologi yang baik atau masyarakat teknologi. Untuk menciptakan masyarakat teknologi, suatu masyarak harus memiliki sistem teknologi yang baik. Oleh karena, dapat dikatakan bahwa fungsi teknologi adalah kunci perubahan masyarakat. Perkembangan Teknologi pun meranah kedalam pemanfaatan dibidang pemasaran yang mana akan sangat berpengaruh pada benefit suatu perusahaan, pada zaman sekarang siapa yang menguasai teknologi dialah yang akan beruntung, secara tidak langung penggunaan teknologi komunikasi sangat berpengaruh pada strategi pemasaran karna penggunaan teknologi ini sangat efektif dalam memperkenalkan produk suatu perusahaan
Bila suatu bangsa ingin menggambarkan zaman ini maka gambaran yang terbaik untuk di jelaaskan mengenai suatu realitas masyarakat adalah masyarakat dengan sistem teknologi yang baik atau masyarakat teknologi. Untuk menciptakan masyarakat teknologi, suatu masyarak harus memiliki sistem teknologi yang baik. Oleh karena, dapat dikatakan bahwa fungsi teknologi adalah kunci perubahan masyarakat. Perkembangan Teknologi pun meranah kedalam pemanfaatan dibidang pemasaran yang mana akan sangat berpengaruh pada benefit suatu perusahaan, pada zaman sekarang siapa yang menguasai teknologi dialah yang akan beruntung, secara tidak langung penggunaan teknologi komunikasi sangat berpengaruh pada strategi pemasaran karna penggunaan teknologi ini sangat efektif dalam memperkenalkan produk suatu perusahaan
Apa itupengertian
komunikasi? Kata atau istilah komunikasiatau
dalam bahasa Inggris disebut Communication berasal dari bahasa Latin communicatio, dan bersumber dari katacommunis yang artinya "membuat kebersamaan
atau membangun kebersamaan antara dua orang atau lebih".
ü Everett M. Rogers: Komunikasi adalah proses dimana suatu ide
dialihkan dari sumber kepada suatu penerima atau lebih, dengan maksud untuk
mengubah tingkah laku mereka.
ü Rogers & D. Lawrence Kincaid: Komunikasi adalah suatu
proses dimana dua orang atau lebih membentuk atau melakukan pertukaran
informasi dengan satu sama lainnya, yg pada gilirannya akan tiba pada saling
pengertian yg mendalam.
Macam-Macam Alat Komunikasi dan Manfaatnya
Alat komunikasi saat ini cukup beragam,karena teknologi
dan alat komunikasi terus mengalami perkembangan dari dulu sampai sekarang.
Secara umum alat komunikasi pun bisa dibedakan menjadi alat komunikasi
tradisional dan modern. Alat komunikasi tradisional lebih mengacu pada alat
komunikasi yang dalam proses pembuatan atau jangkauan manfaatnya masih
terbilang cukup sederhana.
1. Kentongan
2. Telegraf
3. Telepon
4. Faks
5. Telepon Genggam
Pada tanggal 4 Maret 1993, untuk pertama kalinya Indonesia
secara resmi terhubung dengan internet menggunakan protokol TCP/IP dan domain
.id. Kemudian setahun berikutnya pada 1994 muncullah Internet Service Provider
(ISP) pertama di Indonesia
dengan nama indonet. Setelah itu, tahun berikutnya PT Telkom dengan divisi
teknologinya menyediakan sambungan leased line 14,4 Kbps dengan pengguna
pertama Departemen Pekerjaan Umum Indonesia (www.pu.go.id). kemajuan teknologi ini mempunyai
dampak positif dan negatif dalam beberapa aspek, berikut ini penjelasannya:
Selama bertahun-tahun,
bentuk komunikasi pemasaran yang dit erapkan di banyak perusahaan lebih
didominasi oleh mass-media advertising. Bentuk-bentuk komunikasi pemasaran
lainnya seperti sales promotion, direct marketing, dan public relations hanya
dilihat sebagai bentuk komunikasi pemasaran bantuan, dimana bentuk-bentuk
komunikasi pemasaran tersebut tidak terlihat sebagai satu kesatuan yang
seharusnya saling terkoordinasi guna menghasilkan komunikasi yang efektif.
Namun pada perkembangannya, perusahaan -perusahaan mulai melihat kebutuhan akan
suatu kesatuan bentuk komunikasi pemasaran yang disebut dengan integrated
marketing communication (IMC) atau komunikasi pemasaran terpadu (KPT), dimana
terdapat koordinasi antara elemen -elemen komunikasi pemasaran dan aktivitas
pemasaran lainnya yang akan dikomunikasikan pada kon sumen. KPT dilihat sebagai
suatu cara untuk mengkoordinasi dan mengatur program komunikasi pemasaran, yang
memastikan perusahaan-perusahaan yang menggunakan konsep ini dapat memberikan
pesan yang konsisten tentang perusahaan mereka kepadakonsumen
2. Komunikasi Pemasaran Modern
Pemasaran adalah proses sosial dan manajerial dimana individu dan kelompok
mendapatkan kebutuhan dan keinginan mereka dengan menciptakan, menawarkan dan
menukarkan produk yang bernilai bagi orang lain (Kotler, 2008). Secara umum,
tujuan sistem pemasaran adalah sebagai berikut :
a. Memaksimumkan konsumsi
b. Memaksimumkan utilitas
(kepuasan) konsumsi
c. Memaksimumkan pilihan
d. Memaksimumkan mutu hidup,
kualitas, kuantitas, ketersediaan, harga, lingkungan Pemasaran modern
memerlukan lebih dari sekedar pengembangan produk yang baik, penetapan harga
yang menarik, dan ketersediaan bagi konsumen sasaran. Perusahaan juga harus
berkomunikasi dengan konsumen, dan subyek yang dikomunikasikan harus membuka
peluang (Mahfoedz, 2010).
Arah baru tren pemasaran di Indonesia dapat
digambarkan dengan 6 hal sebagai berikut:
a. Pelanggan semakin kritis
b. Pelanggan ingin mendapatkan
layanan prima
c. Pelanggan memiliki daya beli
d. Pelanggan ingin lebih
diperhatikan
e. Situasi persaingan semakin
kompetitif
f. Pengguna internet terus
meningkat
Jenu Widjaja Tandjung (2011)
mengatakan bahwa pemasaran dan pelayanan prima tidak dapat dipisahkan, dan
kedua hal tersebut saat ini dapat diakomodir oleh internet. Tandjung
menambahkan pengguna internet semakin meningkat dari tahun ke tahun, khususnya
kalangan anak muda, dan kondisi seperti ini harus diimbangi oleh pemasar dengan
membuat website 2.0, dimana pelanggan dapat memperoleh informasi dan melakukan
komunikasi dengan lebih cepat dan murah. Pemilihan media dalam melaksanakan
komunikasi pemasaran sangat menentukan dalam keberhasilan pemasaran. Tahapan
memilih media adalah memutuskan jangkauan, frekuensi, dan dampak yang
diinginkan.
Perlu langkah perencanaan dalam
menetapkan media pemasaran yang didasarkan pada beberapa keputusan penting,
yaitu :
a. Khalayak sasaran (Segmentasi
Pasar)
b. Wilayah demografis (Jangkauan)
c. Waktu yang tepat (Relevansi)
d. Efektifitas materi untuk
dikomunikasikan
Media komunikasi pemasaran oleh
Machfoedz (2010) diklasifikasikan menjadi 4, yaitu: media elektronik (televisi,
radio dan internet), media cetak (surat
kabar, majalah, dll.), media luar ruangan dan media lain. Televisi dianggap
sebagai media yang paling tepat untuk aktivitas pemasaran (promosi dan
periklanan), namun seiring dengan perkembangan teknologi informasi, internet
yang merupakan jejaring informasi internasional mampu menjadi media pemasaran
yang andal, bahkan dikatakan oleh Jenu Widjaja Tandjung (2011) dengan internet
dapat memberikan efisiensi anggaran pemasaran, internet memiliki jangkauan yang
luas, akses mudah dan biaya murah.
Daftar Pustaka :
- 1.http://www.pengertianahli.com/2013/07/pengertian-komunikasi-menurut-para-ahli.html
- http://manfaat.co.id/macam-macam-alat-komunikasi-dan-manfaatnya
- http://www.kompasiana.com/iisratna/perkembangan-teknologi
komunikasi_574d6d3086afbdf407ec71d9
- http://penahati.com/perkembangan-teknologi-komunikasi/
- http://journal.unair.ac.id/filerPDF/06_santi_%20Kewirausahaan%20_MKP_.pdf
- Jurnal : “FACEBOOK MARKETING
DALAM KOMUNIKASI PEMASARAN MODERN” Zainal Muttaqin1 1 Jurusan Sistem
Informasi Fakultas Teknik Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum
(Unipdu) Jombang Kompleks Ponpes Darul ‘Ulum Rejoso Peterongan Jombang
Jatim 61481 Email: 1 dandy@unipdu.ac.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.