.

Sabtu, 25 Maret 2017

Peran Teknologi Komunikasi Berbasis WEB Pada Bidang Pemasaran


@E14-Imam

Oleh : Imam Huda


Secara nyata perkembangan teknologi telah mampu menciptakan dunia global yang berkembang tampa batas negara dan bangsa. Dunia teroterial dan dunia ruang telah menjadi sesuatu yang sagat tidak berarti.
Bila suatu bangsa ingin menggambarkan zaman ini maka gambaran yang terbaik untuk di jelaaskan mengenai suatu realitas masyarakat adalah masyarakat dengan sistem teknologi yang baik atau masyarakat teknologi. Untuk menciptakan masyarakat teknologi, suatu masyarak harus memiliki sistem teknologi yang baik. Oleh karena, dapat dikatakan bahwa fungsi teknologi adalah kunci perubahan masyarakat. Perkembangan Teknologi pun meranah kedalam pemanfaatan dibidang pemasaran yang mana akan sangat berpengaruh pada benefit suatu perusahaan, pada zaman sekarang siapa yang menguasai teknologi dialah yang akan beruntung, secara tidak langung penggunaan teknologi komunikasi sangat berpengaruh pada strategi pemasaran karna penggunaan teknologi ini sangat efektif dalam memperkenalkan produk suatu perusahaan
Apa itupengertian komunikasi? Kata atau istilah komunikasiatau dalam bahasa Inggris disebut Communication berasal dari bahasa Latin communicatio, dan bersumber dari katacommunis yang artinya "membuat kebersamaan atau membangun kebersamaan antara dua orang atau lebih".
ü   Everett M. Rogers: Komunikasi adalah proses dimana suatu ide dialihkan dari sumber kepada suatu penerima atau lebih, dengan maksud untuk mengubah tingkah laku mereka.
ü  Rogers & D. Lawrence Kincaid: Komunikasi adalah suatu proses dimana dua orang atau lebih membentuk atau melakukan pertukaran informasi dengan satu sama lainnya, yg pada gilirannya akan tiba pada saling pengertian yg mendalam.

Macam-Macam Alat Komunikasi dan Manfaatnya
Alat komunikasi saat ini cukup beragam,karena teknologi dan alat komunikasi terus mengalami perkembangan dari dulu sampai sekarang. Secara umum alat komunikasi pun bisa dibedakan menjadi alat komunikasi tradisional dan modern. Alat komunikasi tradisional lebih mengacu pada alat komunikasi yang dalam proses pembuatan atau jangkauan manfaatnya masih terbilang cukup sederhana.
1. Kentongan
2. Telegraf
3. Telepon
4. Faks
5. Telepon Genggam

Pada tanggal 4 Maret 1993, untuk pertama kalinya Indonesia secara resmi terhubung dengan internet menggunakan protokol TCP/IP dan domain .id. Kemudian setahun berikutnya pada 1994 muncullah Internet Service Provider (ISP) pertama di Indonesia dengan nama indonet. Setelah itu, tahun berikutnya PT Telkom dengan divisi teknologinya menyediakan sambungan leased line 14,4 Kbps dengan pengguna pertama Departemen Pekerjaan Umum Indonesia (www.pu.go.id). kemajuan teknologi ini mempunyai dampak positif dan negatif dalam beberapa aspek, berikut ini penjelasannya:

Selama bertahun-tahun, bentuk komunikasi pemasaran yang dit erapkan di banyak perusahaan lebih didominasi oleh mass-media advertising. Bentuk-bentuk komunikasi pemasaran lainnya seperti sales promotion, direct marketing, dan public relations hanya dilihat sebagai bentuk komunikasi pemasaran bantuan, dimana bentuk-bentuk komunikasi pemasaran tersebut tidak terlihat sebagai satu kesatuan yang seharusnya saling terkoordinasi guna menghasilkan komunikasi yang efektif. Namun pada perkembangannya, perusahaan -perusahaan mulai melihat kebutuhan akan suatu kesatuan bentuk komunikasi pemasaran yang disebut dengan integrated marketing communication (IMC) atau komunikasi pemasaran terpadu (KPT), dimana terdapat koordinasi antara elemen -elemen komunikasi pemasaran dan aktivitas pemasaran lainnya yang akan dikomunikasikan pada kon sumen. KPT dilihat sebagai suatu cara untuk mengkoordinasi dan mengatur program komunikasi pemasaran, yang memastikan perusahaan-perusahaan yang menggunakan konsep ini dapat memberikan pesan yang konsisten tentang perusahaan mereka kepadakonsumen
2. Komunikasi Pemasaran Modern Pemasaran adalah proses sosial dan manajerial dimana individu dan kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan mereka dengan menciptakan, menawarkan dan menukarkan produk yang bernilai bagi orang lain (Kotler, 2008). Secara umum, tujuan sistem pemasaran adalah sebagai berikut :
a. Memaksimumkan konsumsi
b. Memaksimumkan utilitas (kepuasan) konsumsi
c. Memaksimumkan pilihan
d. Memaksimumkan mutu hidup, kualitas, kuantitas, ketersediaan, harga, lingkungan Pemasaran modern memerlukan lebih dari sekedar pengembangan produk yang baik, penetapan harga yang menarik, dan ketersediaan bagi konsumen sasaran. Perusahaan juga harus berkomunikasi dengan konsumen, dan subyek yang dikomunikasikan harus membuka peluang (Mahfoedz, 2010).
Arah baru tren pemasaran di Indonesia dapat digambarkan dengan 6 hal sebagai berikut:
a. Pelanggan semakin kritis
b. Pelanggan ingin mendapatkan layanan prima
c. Pelanggan memiliki daya beli
d. Pelanggan ingin lebih diperhatikan
e. Situasi persaingan semakin kompetitif
f. Pengguna internet terus meningkat
Jenu Widjaja Tandjung (2011) mengatakan bahwa pemasaran dan pelayanan prima tidak dapat dipisahkan, dan kedua hal tersebut saat ini dapat diakomodir oleh internet. Tandjung menambahkan pengguna internet semakin meningkat dari tahun ke tahun, khususnya kalangan anak muda, dan kondisi seperti ini harus diimbangi oleh pemasar dengan membuat website 2.0, dimana pelanggan dapat memperoleh informasi dan melakukan komunikasi dengan lebih cepat dan murah. Pemilihan media dalam melaksanakan komunikasi pemasaran sangat menentukan dalam keberhasilan pemasaran. Tahapan memilih media adalah memutuskan jangkauan, frekuensi, dan dampak yang diinginkan.
Perlu langkah perencanaan dalam menetapkan media pemasaran yang didasarkan pada beberapa keputusan penting, yaitu :
a. Khalayak sasaran (Segmentasi Pasar)
b. Wilayah demografis (Jangkauan)
c. Waktu yang tepat (Relevansi)
d. Efektifitas materi untuk dikomunikasikan


Media komunikasi pemasaran oleh Machfoedz (2010) diklasifikasikan menjadi 4, yaitu: media elektronik (televisi, radio dan internet), media cetak (surat kabar, majalah, dll.), media luar ruangan dan media lain. Televisi dianggap sebagai media yang paling tepat untuk aktivitas pemasaran (promosi dan periklanan), namun seiring dengan perkembangan teknologi informasi, internet yang merupakan jejaring informasi internasional mampu menjadi media pemasaran yang andal, bahkan dikatakan oleh Jenu Widjaja Tandjung (2011) dengan internet dapat memberikan efisiensi anggaran pemasaran, internet memiliki jangkauan yang luas, akses mudah dan biaya murah.

Daftar Pustaka :


  1. 1.http://www.pengertianahli.com/2013/07/pengertian-komunikasi-menurut-para-ahli.html
  2. http://manfaat.co.id/macam-macam-alat-komunikasi-dan-manfaatnya
  3. http://www.kompasiana.com/iisratna/perkembangan-teknologi komunikasi_574d6d3086afbdf407ec71d9
  4. http://penahati.com/perkembangan-teknologi-komunikasi/
  5. http://journal.unair.ac.id/filerPDF/06_santi_%20Kewirausahaan%20_MKP_.pdf
  6. Jurnal : “FACEBOOK MARKETING DALAM KOMUNIKASI PEMASARAN MODERN” Zainal Muttaqin1 1 Jurusan Sistem Informasi Fakultas Teknik Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum (Unipdu) Jombang Kompleks Ponpes Darul ‘Ulum Rejoso Peterongan Jombang Jatim 61481 Email: 1 dandy@unipdu.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.