.

Kamis, 30 Maret 2017

Resensi Buku : Pengantar Teknik Industri


@E32-Theo
di buat oleh:Yehezkiel Theo P M


Judul       :PENGANTAR TEKNIK INDUSTRI
Penulis    :Amin Syukron, S.T., M.T.
                 Ir. Muhammad Kholil, M.T.
Penerbit   :Graha Ilmu
Kota         :Yogyakarta
Tahun       :2014
Cetakan   :Kesatu
Halaman  :X+320
ISBN        :978-602-262-193-5
Harga       :Rp 129.800,00


·         Bahasan Pokok
Persaingan bisnis dimana dimulainya era pasar bebas memaksa pelaku bisnis untuk lebih cermat dan efisien dalam menjalankan bisnisnya dan mencari peluang yang ada. Dari aktivitas perencanaan, sitem penjualan, proses produksi, hingga penyampaian produk. Efektivitas, efesiensi, dan produktivitas, menjadi kunci pokok keberhasilan di dalam persaingan pasar bebas.
Buku yang ditulis oleh Amin Syukron, S.T., M.T. dan Ir. Muhammad Kholil, MT. ini menyajikan pembahasan mengenai pemahaman alur implementasi dalam industri dan juga langkah-langkah dan metode-metode dalam industri manufaktur.

Di dalam buku ini terdapat 9 Bab dimana setiap bab akan membahas secara berkesinambungan hingga bab yang terakhir, 9 Bab tersebut adalah :
        1.    Bab 1 membahas tentang Sejarah, Pengertian, dan Perkembangan Teknik Industri.
        2.    Bab 2 membahas tentang Analisis Perancangan Kerja dan Ergonomic.
        3.    Bab 3 membahas tentang Sistem Produksi.
        4.    Bab 4 membahas tentang Perencaan dan Pengendalian Produksi.
        5.    Bab 5 membahas tentang Produktivitas.
        6.    Bab 6 membahas tentang Pemodelan Sistem.
        7.    Bab 7 membahas tentang Perencanaan dan Perancangan Tata Letak Fasilitas
        8.    Bab 8 membahas tentang Operasional Riset.
        9.    Bab 9 membahas tentang Pengendalian Kualitas.

Pengertian dari teknik industri yang terdapat di dalam buku ini, Teknik Industri adalah disiplin teknik (rekayasa) dikarenakan Teknik Industri menangani pekerjaan perancangan (design), perbaikan (improvement), dan penginstalasian (instalation) dan juga menangani masalah manusia (SDM). Bidang garapan Teknik Industri adalah sistem terintegrasi yang terdiri dari manusia, material, informasi, peralatan, dan energi.

Metode teknis (Engineering Method) mempelajari secara operasi tidak langsung untuk mendapatkan perbaikan-perbaikan sistem kerja dengan tujuan suatu pekerjaan akan lebih mudah untuk dapat dilakukan dan dilakukan dengan waktu yang pendek.

Ergonomi didefinisikan sebagai ilmu antara orang dengan lingkungan kerjanya, terutama dengan hasil rancangan kerjanya.

Perencanaan dan perancangan fasilitas meliputi penentuan atau penempatan lokasi fasilitas. Tujuannya untuk mendapatkan jumlah biaya yang minimum dalam penempatan fasilitas tersebut.

Simulasi adalah suatu metodologi untuk melakukan percobaan dengan menggunakan model dari sistem nyata. Simulasi diperlukan untuk menyelesaikan masalah-masalah yang sangat sulit dilakukan dengan cara analisis.

Penanganan Material (Material Handling) dimaksudkan sebagai pemindahan material atau bahan dari satu lokasi ke lokasi yang lain, atau bahan dari satu lokasi ke lokasi lain guna meminimumkan biaya dari pemindahan material tersebut, karena seringkali perpindahan material menimbulkan biaya yang tidak sedikit.

Riset Operasional merupakan disiplin ilmu yang mempelajari masalah-masalah strategi dalam usaha untuk memenangkan perang dengan cara yang lebih efektif.

Sistem Produksi didefinisi suatu aktivitas untuk mengolah atau mengatur penggunaan sumber daya yang ada dalam proses penciptaan barang-barang atau jasa-jasa dengan tujuan dapat memperbaiki tingkat efektifitas dan efisiensi dari proses produksi.

·         Kesimpulan dan Komentar
Disiplin Teknik Industri akan memiliki kelebihan-kelebihan di dalam menangani persoalan-persoalan industri  yang lebih rumit. Dengan adanya penguasaan teknologi ataupun dasar-dasar teknis yang kuat dan dikombinasikan dengan pengetahuan ilmu-ilmu sosial, ekonomi maka ilmu Teknik Industri akan mensintesiskan industri itu sendiri.
Buku ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa dalam mempelajari dasar-dasar ilmu teknik industri, menerapkan konsep-konsep dasar ilmu teknik industri yang menggunakan pendekatan konsep, memuat contoh-contoh dalam bentuk soal dan analogi yang bervariatif.
Tetapi kelemahan dalam buku ini dalam menjelaskan suatu konsep belum mencapai sasaran sesungguhnya, sehingga sulit untuk dipahami makna yang ada serta dalam segi bahasanya sulit untuk dipahami untuk pembaca awam.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.