.

Jumat, 17 Maret 2017

Pembahasan sains dan teknologi

Pengertian sains
        Sains adalah berasal dari bahasa latin yaitu “scientia” yang artinya pengetahuan. Jadi definisi sains ialah suatu cara untuk mempelajari berbagai aspek-aspek tertentu dari alam secara terorganisir, sistematik & melalui berbagai metode saintifik yang terbakukan.
Apakah tujuan sains? Mungkin gambaran paling umum, bahwa tujuan dari sains yaitu untuk menghasilkan model yang dapat berguna tentang realitas. Pada umumnya penyelidikan ilmiah menggunakan beberapa bentuk metode ilmiah. Secara umum metode yang dipakai, yaitu:
  • Observasi
  • Hipotesis
  • Prediksi
  • Penelitian
  • Kesimpulan
Pengertian teknologi
Menurut Miarso (2007) yang mengungkapkan bahwa teknologi merupakan suatu bentuk proses yang meningkatkan nilai tambah. Proses yang berjalan tersebut dapat menggunakan atau menghasilkan produk tertentu, dimana produk yang dihasilkan tidak terpisah dari produk lain yang telah ada. Lebih lanjut disebutkan pula bahwa teknologi merupakan suatu bagian dari sebuah integral yang terdapat di dalam suatu sistem tertentu.
Menurut Read Bain. Bain (1937) mengatakan bahwa teknologi pada dasarnya meliputi semua alat, mesin, perkakas, aparat, senjata, perumahan, pakaian, peranti pengangkut dan komunikasi, dan juga keterampilan, dimana hal ini memungkinkan kita sebagai seorang manusia dapat menghasilkan semua itu.
Berdasarkan pendapat Bain tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa teknologi merupakan segala sesuatunya yang bisa diciptakan dan juga dibuat oleh seorang atau sekelompok manusia yang kemudian bisa memberikan nilai dan manfaat bagi sesama.
Hubungan Sains dan Teknologi
Pada dasarnya , sains dan teknologi merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Perkembangan sains sangat berpengaruh pada perkembangan teknologi begitu pula sebaliknya. Perkembangan sains dan teknologi juga tidak dapat lepas dari kehidupan manusia ,tidak hanya memberikan kemudahan bagi manusia namun juga dapat menimbulkan dampak negatif.
Dampak Perkembangan Sains dan Teknologi
Pada satu sisi, perkembangan sains dan teknologi memang telah membawa manfaat luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia. Pada sisi lain, pesatnya kemajuan sains dan teknologi membawa pengaruh negatif. Gejala dehumanisasi merupakan salah satu dampak negatif sains dan teknologi. Gejala dehumanisasi yaitu tergerusnya nilai-nilai kemanusiaan.
Berikut adalah dampak perkembangan sains dan teknologi dalam berbagai bidang.
1. Bidang informasi dan komunikasi
    Dampak Positif
    a. Informasi terbaru di belahan bumi bagian manapun dapat          diketahui dengan mudah  melalui internet.
    b. Komunikasi jarak jauh dapat dilakukan dengan handphone.
     Dampak Negatif
    a. Pemanfaatan jasa komunikasi oleh jaringan teroris.
    b. Penggunaan situs tertentu yang disalahgunakan oleh pihak tak          bertanggung jawab demi tujuan tertentu.

2. Bidang Ekonomi dan Industri
    Dampak Positif
    a. Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi.
    b. Terjadinya industrialisasi.
    Dampak negatif
    a. Pengangguran bagi tenaga kerja yang tidak  mempunyai kualifikasi sesuai kebutuhan.
    b. Sifat konsumtif sebagai akibat kompetisi yang ketat pada era globalisasi akan juga melahirkan generasi yang secara moral mengalami kemerosotan.

3. Bidang Sosial dan Budaya
    Dampak Positif
    a. Meningkatnya rasa percaya diri.
    b. Tekanan dan  kompetisi yang tajam di berbagai aspek kehidupan         sebagai konsekuensi globalisasi akan melahirkan generasi yang disiplin, tekun, dan pekerja keras.
    Dampak Negatif
    a. Kemerosotan moral di masyarakat, khususnya di kalangan remaja dan
        pelajar.
    b.Pola interaksi antar manusia berubah menjadi lebih tertutup.


Kesimpulan 
Jadi, sains dan teknologi adalah hal yang tak dapat lepas dari kehidupan manusia.Sains dan teknologi akan terus berkembang seiring perkembangan peradaban manusia di dunia. Pada hakikatnya sains dan teknologi merupakan dua hal yang tidak dapat terpisahkan. Perkembangan sains sangat berpengaruh pada perkembangan teknologi begitu pula sebaliknya. Perkembangan sains dan teknologi tidak hanya memberikan kemudahan bagi manusia namun juga dapat menimbulkan dampak negatif.
 Daftar Pustka
-http://www.pengertianku.net/2015/01/pengertian-sains-secara-singkat-dan-jelas.html
-http://dosenit.com/kuliah-it/teknologi-informasi/pengertian-teknologi-menurut-para-ahli
-https://code6seeker.wordpress.com/2013/03/22/sains-dan-teknologi/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.