.

Kamis, 30 Maret 2017

Resensi Buku : Alat Berat & Sistem Undercarriage

@D20-Ayu

Dibuat Oleh : Ayu Larasati

Judul buku : Alat Berat & Sistem Undercarriage
Penulis : Drs. Buntarto, M.Pd.
Penerbit : Pustaka Baru Press
TahunTerbit :  2016
Kota Penerbit : Yogyakarta
ISBN  : 978-602-720-762-2
Tebal  : VII + 136 Halaman
Dimensi : 23 cm x 15 cm
Harga : Rp 30.000 (Toko Buku Gramedia)

Deskripsi

Alat berat yang selama ini kita tidak terlalu hiraukan dalam sistem transportasi dan sistem kerjanya, ternyata sangatlah bermanfaat dan terdiri dari berbagai macam jenisnya.
Buku yang ditulis oleh Drs. Buntarto, M.Pd ini menyajikan pembahasan mengenai deskripsi umum beserta fungsi  dari alat berat dan sistem undercarriage, dan cara merakit serta membongkar alat tersebut.

Di dalam buku ini terdapat 3 Bab dimana setiap bab akan membahas secara berkesinambungan hingga bab terakhr. 3 Bab tersebut adalah :
Bab 1 membahas tentang Telaah Alat Berat dan Sistem Kerjanya yang terdiri dari alat berat dan ragamnya, jenis dan klasifikasi alat berat, dan sekilas komponen pada Alat berat.
Bab 2 membahas tentang Undercarriage dan Sistem Kerjanya yang terdiri dari mengenal cara kerja alat berat, dan selintas undercarriage (kerangka bawah).
Bab 3 membahas tentang Kupas Tuntas Undercarriage yang terdiri dari fungsi dan klasifikasi undercarriage, membongkar dan merakit undercarriage, kerusakan komponen undercarriage dan penyebabnya, dan langkah perawatan dan perbaikan

Pengertian Undercarriage yang terdapat di dalam buku ini. Undercarriage adalah componen yang terletak di bagian bawah chasis yang berbentuk rantai sebagai tempat pijakan suatu unit, juga sebagai rel dari final drive-nya. Fungsi utama :
Pertama traction berupa gaya dorong, gaya akibat dengan permukaan track dengan permukaan agar unit bergerak, dan kemampuan untuk mencengkram oleh luas permukaan jalan.
Kedua Floatation yaitu kemampuan mengambang unit secara keseluruhan yang di topang oleh track dan berat unit dibagi secara merata oleh luas permukaan.
Ketiga Mobility sebagai tumpuan unit untuk bergerak.
Keempat Steering sebagai component akhir yang berfungsi untuk menggerakkan unit berbelok ke kanan maupun ke kiri.

Keunggulan
Buku ini mengajarkan kita mengenal sistem alat berat  dan undercarriage dari jenis dan cara penanggulangan kerusakannya. Kata – kata dalam buku ini mudah dipahami dan berurutan baik dari nama alat, jenis, dan berbagai komponen yang ada dalam alat-alat berat tersebut.
Penulis juga membuat buku ini disertai gambar alat sehingga kita yang awam dengan jenis-jenis alat berat sangat sesuai sehingga kita dapat seperti terjun langsung melihat alat tersebut seperti bentuk nyata dengan ngambar 2D.

Kekurangan
Di dalam buku ini tidak menjelaskan secara rinci standar alat berat dan undercarriage yang baik untuk digunakan dari panjang, lebar, maupun speed yang harus digunakan oleh pekerja dengan beban yang bermacam-macam.

Kesimpulan dan Komentar
Undercarriage adalah componen yang terletak di bagian bawah chasis yang berbentuk rantai sebagai tempat pijakan suatu unit, juga sebagai rel dari final drive-nya.
Buku ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa dalam mempelajari dasar-dasar ilmu teknik otomotif maupun teknik mesin, menerapkan bagaimana penanggulangan jika ada komponen dalam alat berat dan undercarriage yang rusak dan kita dapat seperti terjun langsung melihat alat tersebut seperti bentuk nyata dengan ngambar 2D yang ada dalam buku ini.

Tetapi kelemahan dalam buku ini dalam tidak menjelaskan secara rinci standar alat berat dan undercarriage yang baik untuk digunakan dari panjang, lebar, maupun speed yang harus digunakan oleh pekerja dengan beban yang bermacam-macam.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.