.

Sabtu, 25 Maret 2017

Manfaat Teknologi Visual



 @E22-Faisal
Oleh: Faisal Ardhi H

Kita pasti tidak asing lagi melihat orang salah menerima informasi,atau bahkan kita sendiri pernah mengalaminya. Dahulu orang menyampaikan informasi hanya menggunakan kata-kata yang kadang si penerima harus mengulang beberapa kali untuk memahami informasi tersebut. Seiring dengan berkembangnya zaman orang mulai berfikir bagaimana caranya menyampaikan suatu informasi yang singkat, jelas dan mudah dipahami.

Maka dari itu, seiring majunya teknologi digital muncullah teknologi visualisasi untuk membantu manusia menyampaikan suatu informasi abstraksi menjadi informasi visual untuk memudahkan orang lain untuk menerima informasi tersebut.
Visualisasi yang efektif membantu pengguna dalam menganalisa dan penalaran tentang data dan bukti. Misalkan dengan data visualisasi yang berbentuk table atau grafik, orang dengan mudah untuk membandingkan atau memahami data yang diterimanya. Dengan begitu akan mengurangi kesalahan akan mengartikan informasi yang diterima oleh seseorang.
Visualisasi tidak hanya di gunakan untuk menyampaikan informasi saja, namun dikarenakan kemajuan teknologi yang sangat pesat. Teknologi visualisasi sekarang bias digunakan untuk metode belajar, proses evaluasi suatu pekerjaan, dan lain sabagainya. Dan juga bukan hanya table, grafik, dan diagram saja bentuk teknologi visual. Banyak sekarang teknologi visual seperti mind map, teknologi 3D/4D, dan masih banyak lagi. Berikut beberapa contoh teknologi visual :
1.       Grafik
adalah presentasi visual pada sebuah permukaan seperti dinding, kanvas, layar komputer, kertas, atau batu bertujuan untuk memberi tanda, informasi, ilustrasi, atau untuk hiburan.
Hasil gambar untuk grafik

2.       Table
sebuah alat untuk menampilkan informasi dalam bentuk matriks.
Hasil gambar untuk tabel


3.       Mind map
yaitu suatu metode untuk memaksimalkan potensi pikiran manusia dengan menggunakan otak kanan dan otak kirinya secara simultan.
Hasil gambar untuk mind map

4.       Gambar 3D/4D
3 dimensi atau bisa disingkat 3D atau 4D disebut "ruang",Adalah bentuk yg memiliki panjang,lebar,Tinggu,istilah biasanya digunakan dalam bidang seni,animasi,komputer,dan matematika.

Hasil gambar untuk apa 3d itu

Dan masih banyak lagi contoh penerapan teknologi visual lainnya.

Kesimpulannya, dengan adanya teknologi visualisasi orang akan dengan mudah menyampaikan suatu informasi. Dan orang yang menerima dengan mudah pula menerima dan memahami informasi yang telah ia terima. Dengan begitu akan meminimalis terjadinya suatu mis komunikasi.

Daftar Pustaka :
1.       Anonym. 2016. Visualisasi data. Wikipedia. Jakarta dari: https://id.wikipedia.org/wiki/Visualisasi_data
2.       Anonym. 2014. Inilah efek visualisasi kerja otak kita. Rahasia.net. Jakarta dar: http://www.rahasiaa.net/2014/11/inilah-efek-visualisasi-kerja-otak-kita.html
3.       Rahardjo,budi. 2006. Visualisasi data. Rahard.wordpress.com. Jakarta dari: https://rahard.wordpress.com/2006/06/04/visualisasi-data/
4.       Anonym. 2015. 6 plugin jquery untuk membuat grafik pada website. Jurnalweb.com. Jakarta dari: http://www.jurnalweb.com/plugin-jquery-untuk-membuat-grafik-pada-website/
    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.