@E23-Marselina
Dibuat Oleh: Marselina
Robot adalah
seperangkat alat mekanik yang bisa melakukan tugas fisik, baik dengan
pengawasan dan kontrol manusia, ataupun
menggunakan program yang telah didefinisikan terlebih dulu (kecerdasan buatan). Istilah robot berawal bahasa Ceko “robota” yang berarti pekerja atau kuli yang tidak mengenal lelah atau bosan. Robot biasanya digunakan untuk tugas yang berat, berbahaya, pekerjaan yang berulang dan kotor. Biasanya kebanyakan robot industri digunakan dalam bidang produksi. Penggunaan robot lainnya termasuk untuk pembersihan limbah beracun, penjelajahan bawah air dan luar angkasa, pertambangan, pekerjaan "cari dan tolong" (search and rescue), dan untuk pencarian tambang. Belakangan ini robot mulai memasuki pasaran konsumen di bidang hiburan, dan alat pembantu rumah tangga, seperti penyedot debu, dan pemotong rumput.
menggunakan program yang telah didefinisikan terlebih dulu (kecerdasan buatan). Istilah robot berawal bahasa Ceko “robota” yang berarti pekerja atau kuli yang tidak mengenal lelah atau bosan. Robot biasanya digunakan untuk tugas yang berat, berbahaya, pekerjaan yang berulang dan kotor. Biasanya kebanyakan robot industri digunakan dalam bidang produksi. Penggunaan robot lainnya termasuk untuk pembersihan limbah beracun, penjelajahan bawah air dan luar angkasa, pertambangan, pekerjaan "cari dan tolong" (search and rescue), dan untuk pencarian tambang. Belakangan ini robot mulai memasuki pasaran konsumen di bidang hiburan, dan alat pembantu rumah tangga, seperti penyedot debu, dan pemotong rumput.
Robot adalah sistem yang meniru
sistem ini. Jika pada makhluk hidup seperti hewan dan manusia disebut indra,
maka di robot disebut sensor. otak pada manusia dan hewan, maka pada robot
disebut microcontroller. otot pada manusia, actuator pada robot. sumber energi
makanan pada manusia, sumber energi listrik dari power supply seperti baterai
pada robot. rangka pada manusia, frame/platform pada robot.
Saat ini, robot sudah berperan banyak dalam kehidupan manusia mulai dari bidang pendidikan, industri, manufaktur, militer, sars, observasi, dan lain sebagainya..berikut adalah gambar beberapa contoh aplikasi robot pada kehidupan manusia. dan sangat membantu kerja manusia.
Saat ini, robot sudah berperan banyak dalam kehidupan manusia mulai dari bidang pendidikan, industri, manufaktur, militer, sars, observasi, dan lain sebagainya..berikut adalah gambar beberapa contoh aplikasi robot pada kehidupan manusia. dan sangat membantu kerja manusia.
A
robot is usually designed so that it can position its end-effector with a three
degree-of-freedom of translation and three degree-of-freedom of orientation
within its workspace. Kinematic analysis studies the relative motions, such as
the displacement, velocity, and acceleration, associated with the links of a
given robot. Although screw theory based solution methods have been widely used
in many robotic applications, the elements of screw theory can be traced to the
work of Chasles and Poinsot in the early 1800s (Mahmoud Gouasmi, Mahmoud. Ouali,
Mohammed dan Fernini Brahim. 2012)
Sebuah robot dapat saja dibuat untuk
berbagai macam aktifitas, namun sebuah robot harus dibuat dengan tujuan untuk
kebaikan manusia. Ada hukum robotika yang perlu dipegang sebelum seseorang
terjun dalam robotika, antara lain:
1. Robot tidak boleh menciderai
manusia atau dalam keadaan tanpa aksi mengijinkan manusia mendekat untuk
disakiti.
2. Robot harus menuruti perintah
yang diberikan oleh manusia kecuali jika perintah tersebut bertentangan dengan
hukum yang pertama.
3. Robot harus melindungi
eksistensinya, selama tidak bertentangan dengan hukum pertama dan kedua.
Manfaat Belajar Robotik :
- Merangsang berpikir sistematis dan terstruktur dalam menyelesaikan sebuah masalah .
- Meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak.
- Meningkatkan ketrampilan Imajinasi dalam mendesain sebuah robot, karena dalam merancang robot perlu kreativitas .
- Melatih kerjasama dalam kelompok dan meningkatkan kepercayaan diri, menerima dan menghargai pendapat orang lain serta berani menyatakan atau menampilkan ide kreatifnya.
- Melatih kesabaran dan ketekunan dalam membuat suatu projek.
Pada usia anak terjadi perkembangan motorik halus . Motorik halus adalah kemampuan yang berhubungan dengan keterampilan fisik yang melibatkan otot kecil dan koordinasi mata-tangan. Saraf motorik halus ini dapat dilatih dan dikembangkan melalui kegiatan dan rangsangan yang kontinu secara rutin. Seperti, bermain puzzle, menyusun benda-benda membentuk pola yang diinginkan seperti robot , mobil, rumah , binatang dan sebagainya. Hal mempunyai pengaruh yaitu kemandirian dan rasa percaya diri anak dalam mengerjakan sesuatu, karena ia sadar akan kemampuan fisiknya (Anonim. 2015)
Pembelajaran
robotika memberikan pengetahuan secara umum tentang sistem robot, yaitu:
struktur dan mekanik robot, sensor robot, otak atau kendali robot, driver atau
catu daya sebuah robot, 2-aktuator gerak
robot, algoritma robot dan pengetahuan lainya tentang robot. Salah satu pokok bahasan
dalam robotika adalah robot vision (Setiawan, Roni. 2012)
Evolusi Robot Indonesia
Sejauh ini, belum ada
data yang dapat memberikan kepastian mengenai kapan robot, sebagai
teknologi, mulai dikembangkan di Indonesia. Namun mulai tahun 80-an, kebijakan
nasional dalam pengembangan riset teknologi telah memberikan dukungan pada
litbang permesinan otomatis dalam rangka mencermati dan menunjang Sumber Daya
Manusia Indonesia yang memiliki minat dan kemampuan untuk menguasai teknologi
robot. Salah satu wujud konkretnya adalah dikembangkannya sejumlah
laboratorium, seperti MEPPO (Mesin Perkakas Teknik Produksi dan
Otomatis) yang diprakarsai oleh BPPT bekerjasama dengan ITB,
Industri strategis, serta LET (Laboratorium Elektronika Terapan)
di LIPI. Sejak
dikembangkannya sejumlah laboratorium tersebut, beraneka macam permesinan
otomatis / robot telah berhasil dikembangkan, diproduksi, serta dikomersilkan
oleh berbagai industri, baik industri strategis maupun industri lainnya di
Indonesia. Bahkan dalam pengembangan robot terbaru saat ini, telah dikembangkan
jenis robot yang memiliki kemampuan untuk mengontrol seluruh sistem operasi
suatu pabrik (Akbar, Ridho. 2013)
Daftar
Pustaka:
Akbar, Ridho. 2013. Sejarah Robotika di Indonesia. http://ridho-ezt.blogspot.co.id/2013/12/sejarah-robot-indonesia.html. Diakses Tanggal 31 Maret 2017
Anonim. 2012. Mengenal Apa Itu Robot?. http://belajarbikinrobot.weebly.com/1-mengenal-apa-itu-robot.html. Diakses tanggal 31 Maret 2017
Anonim.
2013. Wikipedia. Robot. https://id.wikipedia.org/wiki/Robot.
Diakses tanggal 31 Maret 2017
Anonim. 2015. Manfaat belajar robotic. http://roboticsindonesia.com/blog-view.php?id=35. Diakses tanggal 31 Maret 2017
Fauzi,
Hanif. 2012. Apa Itu Robot?. http://haniffauzi17.blogspot.co.id/2012/11/apa-itu-robot.html.
Purwokerto. Diakses tanggal 31 Maret 2017
Mahmoud Gouasmi, Mahmoud. Ouali, Mohammed dan Fernini Brahim. 2012. International Journal of Robotics and Automation (IJRA) Vol. 1, No. 1, March 2012, pp. 13~30. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=5886&val=150&title=Robot%20Kinematics,%20using%20Dual%20Quaternions. Diunduh Tanggal 31 Maret 2017
Setiawan,
Roni. 2012. JURNAL SKRIPSI PENGEMBANGAN ROBOT PENDETEKSI OBJEK BERDASARKAN WARNA
DENGAN SENSOR KAMERA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN. http://eprints.uny.ac.id/6811/1/Jurnal%20Skripsi.pdf.
Diakses tanggal 31 Maret 2017
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.