.

Kamis, 23 Maret 2017

Otomasi Industri sebagai Bukti Majunya Sains & Teknologi Indonesia

@E04-Iqbal

Otomasi Industri adalah penggunaan mesin, sitem kontrol, dan teknologi informasi untuk optimisasi produksi dan pengiriman barang dan jasa.
Otomasi hanya dilakukan jika hasilnya lebih cepat, lebih baik secara kuantitas dan/atau kualitas dibandingkan dengan penggunaan tenaga kerja manusia. Dalam dunia industri, otomasi merupakan lanjutan dari mekanis, di mana mekanisasi masih membutuhkan operator manusia selama mesin beroperasi atau membutuhkan bantuan tenaga otot manusia agar mampu bekerja.
        Otomasi mengurangi peran manusia dalam hal tersebut.Sejarah perkembangan sistem otomasi bermula dari governor sentrifugal yang berfungsi untuk mengontrol kecepatan mesin uap yang dibuat oleh james watt pada abad ke delapan belas. Dengan semakin berkembangnya komputer maka peran-peran dari sistem otomasi konvensional yang masih menggunkan peralatan-peralatan mekanik sederhana sedikit demi sedikit memudar. Penggunaan komputer dalam suatu sistem otomasi akan menjadi lebih praktis karena dalam sebuah komputer terdapat milliaran komputasi dalam beberapa milli detik, ringkas karena sebuah PC memiliki ukuran yang relatif kecil dan memberikan fungsi yang lebih baik daripada pengendali mekanis.
Otomasi meliputi banyak elemen penting, sistem, dan fungsi pekerjaan.
Otomatisasi memberikan manfaat bagi hampir semua industri. Berikut adalah beberapa contoh:
§    Manufaktur, termasuk makanan dan farmasi, kimia dan minyak bumi, pulp dan kertas
§    Transportasi, termasuk otomotif, aerospace, dan kereta api
§    Utilitas, termasuk air dan air limbah, minyak dan gas, listrik, dan telekomunikasi
§    Pertahanan
§  Operasi fasilitas, termasuk keamanan, pengendalian lingkungan, manajemen energi, keselamatan, dan otomatisasi bangunan lainnya
§  Dan banyak lainnya

        Otomatisasi melintasi semua fungsi dalam industri dari instalasi, integrasi, dan pemeliharaan untuk merancang, pengadaan, dan manajemen. Otomasi bahkan mencapai ke pemasaran dan penjualan fungsi industri ini.
Otomatisasi melibatkan rentang yang sangat luas dari teknologi termasuk robotika dan sistem pakar, telemetri dan komunikasi, elektro-optik, Cybersecurity, proses pengukuran dan kontrol, sensor, aplikasi nirkabel, integrasi sistem, pengukuran tes, dan banyak, banyak lagi.

Contoh contoh alat otomasi Industri
1.   Plc
2. Cnc
3.  Distributed Control System (DCS) dll.
Pada Kesempatan kali saya hanya akan merengkan tentang PLC.

Pengertian PLC
Menurut Iwan setiawan (2016), Programmable Logic Controller (PLC) pada dasarnya adalah sebuah komputer yang khusus dirancang untuk mengontrol suatu proses atau mesin. Proses yang dikontrol ini dapat berupa regulasi variabel secara kontinyu seperti pada sistem-sistem servo atau hanya melibatkan kontrol dua keadaan (On/Off) saja tapi dilakukan secara berulang-ulang seperti umum kita jumpai.
 Menurut National Electrical Manufacturing Assosiation (NEMA)2015. PLC didefinisikan sebagasi suatu perangkat elektronik digital dengan memori yang dapat diprogram untuk menyimpan instruksi-instruksi yang menjalankan fungsi-fungsi spesifik seperti: logika, sekuen, timing, counting, dan aritmatika untuk mengontrol suatu mesin industri atau proses industri sesuai dengan yang diinginkan.

Jenis-Jenis  PLC
secara umum PLC dapat dibagi menjadi tiga kelompok besar:
1)  PLC mikro. PLC dapat dikatagorikan mikro jika jumlah input/ output pada PLC ini kurang dari 32 terminal
2)  PLC mini. Kategori ukuran mini ini adalah jika PLC tersebut memiliki jumlah input/output antara 32 sampai 128 terminal.
3) PLC large. PLC ukuran ini dikenal juga dengan PLC tipe rack PLC dapat dikatagorikan sebagai PLC besar jika jumlah input/ output-nya lebih dari 128 terminal. Fasilitas, kemampuan, dan fungsi yang a mesin pengeboran, sistem konveyor, dan lain sebagainya.

Komponen-komponen Utama PLC
Komponen Utama atau perangkat keras penyusun PLC adalah
(1) Catu Daya / Power Supply,
(2) CPU (Central Processing Unit) yang didalamnya terdapat prosesor, dan memori,
(3) Modul Masukan (Input Modul), dan Modul Keluaran (Output Modul), dan
(4) Perangkat Pemrograman.

Manfaat PLC
           Ada beberapa keuntungan yang dapt kita peroleh apabila kita menggunakan PLC dalam aplikasi kontrol di industri. Ini akan terlihat dengan jelas kalo kita lihat dalam beberapa segi, diantaranya :
1.      Di tinjau dari segi biaya
Jika sebuah aplikasi kontrol yang kompleks dengan menggunakan banyak relay, maka akan lebih murah apabila kita menggunakan/memasang satu buah PLC sebagai alat kontrol.
2.      Di tinjau dari segi flesibilitas
PLC dapat dengan mudah diubah ubah dari satu aplikasi ke aplikasi lain dengan cara memrogram ulang sesuai yang diinginkan.
3.      Ditinjau dari segi keandalan
PLC jauh lebih andal dibandingkan dengan relay kontrol, PLC di desain untuk bekerja dengan keandalan yang tinggi dan jangka waktu pemakain yang lama pada lingkungan industri.
4.      Mempunyai kemampuan seperti komputer
Pada dasar nya PLC adalah komputer juga, dan berarti kita dengan mengunakan PLC dapat  mengumpulkan dan memproses data, PLC dapat pula melakukan diagnosa dan menunjukan kesalahan apabila terjadi gangguan, sehingga ini dapat sangat membantu dalam melakukan pelacakan ganguan. 
Contoh Pengaplikasian PLC :
1. Conveyoor
2. Counter unit
3. Kontrol Robot dll.

Daftar isi:

Anonim. 2017. Teknik Otomasi. https://id.wikipedia.org/wiki/Teknik_otomasi  Diakses tanggal  23 Maret 2017.

Kusuma, Arya. 2013. Pengertian PLC dan Jenis-Jenis PLC. http://kusuma-w-arya.blogspot.co.id/2013/05/pengertian-plc-dan-jenis-jenis-plc.html Diakses tanggal 23 Maret 2017.

Ara, Markus. 2016. Pemanfaatan PLC Pada Indutri Otomotif & Makanan. http://arabungaran.blogspot.co.id/2016/03/pemanfaatan-plc-pada-industri-otomotif.html Diakses tanggal 23 Maret 2017.

Setiawan, Iwan. 2016. PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER dan TEKNIK PERANCANGAN SISTEM KONTROL . http://eprints.undip.ac.id/228/1/Programmable_logic_control.pdf Diakses tanggal 23 Maret 2017. 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.