.

Sabtu, 18 Maret 2017

TV LED Menjadi Pilihan

TV LED Menjadi Pilihan
Televisi adalah sebuah media telekomunikasi terkenal yang berfungsi sebagai penerima siaran gambar bergerak beserta suara, baik itu yang monokrom (hitam-putih) maupun berwarna.

TV melalui perkembangannya yang beragam, mulai mengutamakan sisi ukuran, kualitas gambar, dan mulai peduli terhadap kelestarian lingkungan. Dimulai dari maraknya TV Tabung, lalu berkembang menjadi Plasma TV, hingga kini yang banyak beredar di pasaran modern seperti LCD TV dan LED TV dengan ukurannya yang tipis.
TV LED adalah televisi menggunakan teknologi dioda yang dapat memancarkan cahaya pada saat mendapat arus bias maju (forward bias), yang artinya LED akan memancarkan cahaya apabila diberikan tegangan listrik dengan konfigurasi forward bias. LED dibuat agar lebih efisien jika mengeluarkan cahaya. Untuk mendapatkan emisi cahaya pada semikonduktor, doping yang pakai adalah galium, arsenic dan phosporus. Jenis doping yang berbeda menghasilkan warna cahaya yang berbeda pula. Pada saat ini warna-warna cahaya LED yang banyak adalah warna merah, kuning dan hijau. LED berwarna biru sangat langka. Sebetulnya LED TV adalah pengembangan dari teknologi LCD TV, yang mana jenis TV LED ini menggunakan teknologi LED Backlight untuk mengganti cahaya fluorescent, teknologi yang selama ini digunakan untuk LCD TV. Terdapat dua macam tipe LED TV yang beredar di pasar: LED dan RGB LED yang ditaruh di bagian belakang panel display/layar, dan tipe lain yaitu EDGE-LED yang mana LED ditaruh di bagian keliling layar.

Alasan Memilih TV LED
  • ·     Modern Desain

Memiliki desain yang cantik dan dapat disesuaikan untuk ruangan, bahkan untuk ruangan yang tidak terlalu besar sekalipun. Simpel tanpa banyaknya kabel, membuat TV terlihat cantik dari sisi depan maupun belakang dan dapat diletakkan dimana saja baik di tengah ruangan atau dipajang di dinding kamar.
  • ·         Ramah Lingkungan

Lebih ramah terhadap lingkungan serta bebas radiasi.
  • ·         Hemat Energi

Konsumsi tenaga listrik yang jauh lebih rendah, yaitu sekitar 20-30% lebih kecil jika dibanding TV LCD konvensional.
  • ·         Beragam Fitur

Kaya warna, dan memiliki kedalaman detail. Memungkinkan untuk menonton berbagai konten dari USB, maupun sambungan perangkat HDMI.


Daftar Pustaka:
1.Televisi, https://id.wikipedia.org/wiki/Televisi, diakses tanggal 17 Maret 2017
2.Televisi Layar Datar, https://id.wikipedia.org/wiki/Televisi_layar_datar, diakses tanggal 17 Maret 2017
3. Perbandingan TV Tabung, Plasma, LCD, dan LED TV, https://www.arjunaelektronik.com/perbandingan-tv-tabung-plasma-lcd-dan-led-tv/, diakses tanggal 17 Maret 2017
4.http://www.samsung.com/id/tvs/full-hd-k5100/UA55K5100AKPXD/, diakses tanggal 17 Maret 2017
5.http://www.lg.com/id/tv, diakses tanggal 17 Maret 2017



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.