.

Sabtu, 25 Maret 2017

Mengkudu Cegah Diabetes

@E05-Donni
           
Ya, dokter penyakit dalam dari RS Cipto Mangunkusumo-Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dr Dante S. Herbuwono, SpPD-KEMD, PhD, bahkan menyebutkan jika setiap manusia pada dasarnya memiliki gen dengan diabetes.
Menurutnya, gen diabetes bersifat multigenom dan membutuhkan interaksi dengan gen lain, sehingga setiap orang punya risiko untuk terkena penyakit tersebut.

"Tidak ada orang Indonesia yang bebas dari gen diabetes. Semua dari kita punya risiko diabetes, jadi harus start dari diri sendiri. Inti mencegahnya adalah dengan mencegah obesitas. Tidak ada pengecualian atau kata terlambat," pesan dr Dante, seperti ditulis Sabtu (20/12/2014).

Diabetes atau Diabetes Mellitus (DM), dalam bahasa Yunani memiliki arti tembus atau pancuran air, dan dari bahasa latin memiliki arti rasa manis, sedang di Indonesia DM lebih dikenal dengan penyakit kencing manis, di mana kadar glukosa (gula sederhana) di dalam darah menjadi tinggi karena tubuh tidak dapat memproduksi atau mengeluarkan insulin secara cukup. Dan dari beberapa tes secara langsung, pada umumnya air seni pengidap diabetes rasanya manis karena mengandung banyak gula

Maka dari itu penanganan dan pencegah mulai dini harus lebih dijaga dan lebih preventif dalan menanggapinya adapun cara untuk pengobatan penderita ada dua cara yakni dengan Pengobatan modern atau farmasi dan alternatif atau tradisional.
Yang dimaksud pengobatan medis adalah pengobatan dengan disiplin kedokteran. Obat medis dapat dibagi dalam beberapa golongan:
Obat generik dan berpaten..
1.                  SULFONILUREA 
2.                  ACARBOSE 
3.                  INSULIN 
Sedangkan untuk pengobatan cara alami yang perlu kita lakukan hanyalah menggunakan bahan-bahan yang berasal dari alam, Obat alami mudah kita dapatkan karena mudah dijumpai dimana saja seperti dipasar ataupun toko-toko sayur. Namun, kamu harus tetap melihat faktor kesegaran dari setiap buah atau sayur tersebut ya. Berikut ini adalah jenis buah/sayur/daun yang mampu mengobati penyakit kencing manis atau diabetes ini.
1. Mengobati Dengan Kunyit
2. Buah Mengkudu Sebagai Obat Herbal Alami Diabetes
3. Menggunakan Sayur Buncis
4. Sayur Gingseng
5. Jus Sayur Pare

 Mengkudu mungkin tidak disukai oleh semua manusia, tapi manfaat buah mengkudu sangatlah banyak, terutama untuk menurunkan gula darah dalam tubuh. Rasanya yang tidak jelas serta aroma yang menyengat mungkin tidak memikat para penderita penyakit untuk meminum obat ampuh ini. Tapi, dengan secara terpaksa, kamu harus mencoba mengobati diabetes dengan mengkudu agar mengetahui hasilnya.
Kandungan mengkudu antara lain:
1.    Zat nutrisi.
Nutrisi yang terdapat dalam mengkudu seperti protein, vitamin, mineral
yang tersedia dalam jumlah cukup pada buah dan daun, salah satunya adalah
selenium yang berfungsi sebagai antioksidan.47
2.    Terpenoid.
Terpenoid merupakan senyawa hidrokarbon isometrik terdapat pada
lemak esensial, dapat membantu tubuh dalam proses sintesis organik dan
pemulihan sel-sel tubuh.
3.    Zat anti bakteri
Aktivitas antibakteri acubin, L-asperuloside, dan alizarin dalam buah
mengkudu, serta beberapa antrakinon dalam akar mengkudu, semua terbukti
sebagai agen antibakteri. Senyawa ini telah ditunjukkan dapat melawan strain
bakteri menular seperti Pseudomonas aeruginosa, Proteus morgaii,
Staphylococcus Staphylococcus, Baciillis subtilis, Escherichia coli, Salmonella,
dan Shigela. Bushnell melaporkan bahwa mengkudu secara tradisional digunakan
untuk mengobati patah tulang, luka dalam, memar, dan luka.16
4.    Scolopetin
5.    Damnacanthal
6.    Xeronine dan Proxeronine
7.    Antioksidan
8.    Polisakarida

Adapun cara mengolah mengkudu menjadi obat diabetes antara lain sebagai berikut.
1. Bisa dimakan langsung bila Anda tahan akan rasa pahit dari buah mengkudu itu
2. Mengkudu yang telah dicuci bersih,ekstrak akan mengkudu diperas dibuat minuman/jus yang dicampur dengan madu atau perasa lain untuk menghilangkan baunya yang menusuk.
Untuk bahan obat umumnya masing-masing direbus dengan air kira-kira 3 gelas sampai mendidih dan jumlah air berkurang menjadi 1 gelas, lalu airnya diminum.
3. Jika Anda tidak tahan akan rasa pahit dari buah mengkudu, inovasi lain, seperti dijelaskan ervanprasetyo13.blogspot.com, bisa digunakan dengan cara mengiris tipis-tipis kira-kira diameternya ¼ cm tebalnya.
Setelah diiris-iris kemudian dijemur kira-kira 2-3 hari di bawah sinar matahari. Pada waktu dijemur, mengkudu ditutupi kain warna hitam karena kain warna hitam menyerap panas matahari, tetapi mencegah penyerapan sinar ultra-violet sehingga zat aktif ultravioletnya tidak masuk ke dalam mengkudu.
Setelah mengkudu dikeringkan sampai kadar airnya tinggal 10%, kemudian dimasukkan ke dalam plastik dan disimpan di tempat yang kering jika belum akan diproses.
4. Mengkudu dibuat jus dan dicampur dengan gula yang rendah kalori serta diberi sedikit madu untuk menghilangkan baunya. Takaran jus mengkudu untuk penderita diabetes adalah sebanyak 15 ml/50 kg berat badan diberikan 2 kali sehari pada pagi dan malam hari kira-kira setengah jam sebelum makan nasi atau 2 jam sesudah makan nasi, agar penyerapan atau absorbsi bahan aktif dalam ekstrak buah mengkudu tersebut berjalan sempurna.

Semoga bermanfaat J



Daftar pustaka
1.                  http://health.detik.com/ diakses pada 2017-03-25
3.                  http://www.mingkem.com/obat-herbal-diabetes-untuk-mengobati-penyakit-secara-alami/ diakses pada 2017-03-25
5.                  http://eprints.undip.ac.id/37766/1/Rizka_Alviventiasari_G2A008162_Lap.KTI.pdf diakses pada 2017-03-25






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.