.

Sabtu, 18 Maret 2017

NUKLIR DAN KEGUNAANNYA



@E16-Hendrik
Oleh: Hendrik Milion Silaen


PENGERTIAN NUKLIR

Nuklir berasal dari bahasa latin yang merupakan nucleus yang berarti inti. Yang di maksud di sini adalah, dalam reaksi nuklir melibatkan inti atom dimana inti atom tersusun atas neutron dan  proton, tidak seperti reaksi kimia yang hanya melibatkan electron saja. Reaksi nuklir adalah sebuah proses dimana dua nukleus atau partikel nuklir bertubrukan, untuk memproduksi hasil yang berbeda dari produk awal. 

Reaksi nuklir itu sendiri dibagi menjadi dua, yaitu reaksi fisi dan reaksi fusi. Reaksi fusi nuklir adalah reaksi peleburan dua atau lebih inti atom menjadi atom baru dan menghasilkan energi, juga dikenal sebagai reaksi yang bersih.
Reaksi fisi nuklir adalah reaksi pembelahan inti atom akibat tubrukan inti atom lainnya, dan menghasilkan energi dan atom baru yang bermassa lebih kecil, serta radiasi elektromagnetik. Contoh reaksi fisi adalah ledakan senjata nuklir dan pembangkit listrik tenaga nuklir. Unsur yang sering digunakan dalam reaksi fisi nuklir adalah Plutonium dan Uranium (terutama Plutonium-239, Uranium-235). 
  


BAHAN PEMBUATNYA

Bahan Pembuat nuklir adalah Uranium. Uranium merupakan unsur radioaktif. Berikut ini adalah pengertian uranium dan cara kerjanya menurut Organisasi Nuklir Dunia atau World Nuclear Assosiation yang dapat dilihat di www.world-nuclear.org :
  • Uranium adalah logam yang sangat berat yang dapat digunakan sebagai sumber berlimpah energi terkonsentrasi.
  • Uranium terjadi pada sebagian besar batu di konsentrasi 2 sampai 4 bagian per juta dan adalah sebagai umum dalam kerak bumi sebagai timah, tungsten dan molybdenum. Uranium terjadi dalam air laut, dan dapat pulih dari lautan.
  • Uranium ditemukan pada tahun 1789 oleh Martin Klaproth, seorang kimiawan Jerman, dalam mineral yang disebut bijih-bijih uranium. Hal ini dinamakan planet Uranus, yang telah ditemukan delapan tahun sebelumnya.
  • Uranium rupanya dibentuk pada supernova sekitar 6,6 miliar tahun yang lalu. Meskipun tidak umum di tata surya, hari ini peluruhan radioaktif yang lambat menyediakan sumber utama panas di dalam bumi, menyebabkan konveksi dan pergeseran benua.
  • Kepadatan tinggi uranium berarti bahwa ia juga menemukan menggunakan dalam keels dari yacht dan sebagai counterweight untuk kontrol permukaan pesawat, serta untuk perisai radiasi.
  • Uranium memiliki titik lebur adalah 1.132 ° C. Simbol kimia untuk uranium adalah U.





SENJATA NUKLIR

Senjata pemusnah masal memiliki banyak ragam dan dapat dibagi menjadi tiga bagian besar, yaitu senjata nuklir, biologi, dan kimia. Tiga jenis senjata pemusnah masal ini memiliki efek yang sangat menghancurkan dan sesuai namanya mampu membunuh jutaan manusia dalam satu siklus serangan.
 

Senjata nuklir adalah senjata yang mendapat tenaganya dari reaksi nuklir yang mana adalah reaksi yang melibatkan inti atom (nuclei). Secara umum, senjata nuklir dapat dibagi menjadi tiga bagian besar; senjata nuklir fisi, senjata nuklir fusi, dan senjata nuklir kombinasi fisi dan fusi.

1.      Senjata Nuklir Fisi
Senjata nuklir fisi biasa disebut dengan bom atom. Energi yang digunakan dalam senjata nuklir fisi murni berasal dari inti atom. Bagaimana prinsip kerjanya? Seperti namanya, senjata ini memanfaatkan reaksi fisi nuklir dimana inti atom terpecah menjadi bagian-bagian yang lebih kecil sembari melepaskan foton dan neutron dalam bentuk sinar gama, dan tentu tidak lupa energi yang sangat besar!
 


 
2.      Senjata Nuklir Fusi
Senjata nuklir fusi bekerja dengan cara yang berbeda. Perbedaannya adalah jika reaksi fisi nuklir merupakan reaksi nuklir dari pembelahan inti atom, maka reaksi fusi nuklir adalah reaksi nuklir yang berasal dari penggabungan atau peleburan dua atau lebih inti atom menjadi atom baru yang bermassa lebih kecil dari inti-inti atom penyusunnya. Senjata nuklir fusi biasa disebut dengan senjata termonuklir atau bom Hidrogen karena reaksi fusi nuklir yang digunakan adalah reaksi fusi nuklir yang menggabungkan isotop-isotop hidrogen seperti deuterium dan tritium. 
 
 
  
 3.      Senjata Nuklir Kombinasi Fisi dan Fusi
Senjata nuklir kombinasi fisi dan fusi menggunakan material nuklir non-reaktif seperti U-238 dan Th-232. Contoh terkenal dari senjata nuklir kombinasi fisi dan fusi adalah boosted fission weapon.

  





KEGUNAAN NUKLIR

Di era kemajuan teknologi yang semakin berkembang, para ahli telah mampu memanfaatkan teknologi nuklir untuk bahan bakar. Jenis energi terbarukan yang satu ini sangat efektif dan produktif, juga dikenal sebagai energi yang ramah lingkungan, bila dimanfaatkan untuk bahan bakar pembangkit listrik. Teknologi nuklir yang popular lewat penggunaannya bagi persenjataan militer ini, ternyata mempunya manfaat yang begitu besar bagi kesejahteraan umat manusia terutama dalam penyediaan kebutuhan energi listrik.
Secara harfiah kegunaan nuklir adalah untuk kepentingan publik, seperti:
  • Sumber listrik yang hemat. Sekitar tahun 1960 penggunaan sumber listrik dengan nuklir telah dilakukan, lebih dari 14% listrik di dunia dihasilkan dari Uranium dalam reaktor nuklir dan sekitar 2500 miliar kWH setiap tahun listrik dihasilkan. Besarnya kWH tersebut berasal dari beberapa 440 reaktor nuklir dengan capaian kapasitas produksi totalnya sebesar 377000 megawatt (MWe) yang beroperasi di 30 negara di dunia, dan lebih 60 reaktor lagi sedang dibangun dan sekitar 150 yang telah direncanakan.
  • Radio Isotop. Pada kehidupan sehari-hari tentunya kita membutuhkan air dan kesehatan yang baik, dan isotop radioaktif merupakan sumber yang penting sebagai teknologi yang menyediakan berbagai aspek kehidupan, misalnya pada dunia kedokteran yang digunakan untuk diagnose dan penelitian. Dan dalam hal pengawetan makanan, radioisotop juga mempunyai peranan penting sebagai penghambat tumbuh tanaman  akar setelah panen, sebagai pembunuh parasit dan hama.

DAFTAR PUSTAKA



Rubiantianggia. 2012. Artikel Nuklir.  https://rubiantianggia.wordpress.com/2012/06/07/artikel-nuklir/. Diakses tanggal 18 Maret 2017.

Reizkian Yesaya Radityatama. 2013. Batan Tenaga Nuklir Nasional. http://ssllaasshh.blogspot.co.id/. Diakses tanggal 18 Maret 2017.


MasArif . Apa Itu Nuklir. 2015. http://ciricara.com/2015/02/12/apa-itu-nuklir/. Diakses tanggal 18 Maret 2017.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.