.

Jumat, 24 Maret 2017

Sisi Lain Kecanggihan Handphone



@E10-Bintang 
Dibuat oleh Bintang Pamungkas

       

         Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini sangatlah pesat. Dulu seseorang harus menemui rekannya secara langsung atau menulis surat agar dapat saling berkomunikasi. Akan tetapi pada zaman sekarang ini telah tercipta teknologi komuniksi dan informasi yaitu telepon yang mampu membantu kita untuk berkomunikasi jjarak jauh tanpa harus bertemu ataupun menunggu balasan surat. Bahkan
sekarang kita bisa menghubungi seseorang dimana saja dengan bantuan handphone yang simpel, mampu dibawa kemana saja serta fungsinya sekarang yang tidak hanya untuk berkomunikasi tetapi juga mampu untuk megakses internet dan lain sebagainya.

            Handphone adalah salah satu alat komunikasi nirkabel, yang memanfaatkan gelombang radio sebagai medianya. Keunggulan memanfaatkan gelombang radio ini jika dibandingkan dengan penggunaan kabel, adalah kemampuannya untuk digunakan secara mobile, dapat digunakan dimana saja asalkan ada sinyal. Selain itu, penggunaan ponsel tidak memerlukan instalasi yang rumit seperti pada pemasangan telepon rumah yang menggunakan kabel (Ratna Idayati, 2011). Untuk mengirim informasi melalui gelombang radio, itu harus dikodekan dalam beberapa cara. Ada dua metode utama, yang dikenal sebagai modulasi amplitudo (AM), dan modulasi frekuensi (FM). Pola-pola yang berbeda atau amplitudo frekuensi yang diterjemahkan di mana mereka diterima untuk mereproduksi informasi yang asli, yang mungkin gambar, suara atau teks. Dengan cara ini, informasi yang kompleks dapat ditransmisikan jarak jauh dengan murah.
 
            Namun akhir-akhir ini banyak diberitakan bahwa paparan gekombang radio pada ponsel sangat membahayakan bagi kesehatan manusia. komunikasimenggunakan ponsel akan mengeluarkangelombang elektromagnetik, maka radiasielektromagnetik yang keluar dari emiter ponsel secara teoritis akan berdampak pada tubuh manusia, khususnya bagian kepala sekitar telinga4Beberapa penelitian yang telah dilakukan dibeberapa negara, misalnya seperti yang telah dilakukan di University of Arizona, menyatakan bahwa handpohne dianggap bisa menyebabkan tumor otak.
           
    Khawatir atas ketidakpedulian masyarakat dan industri handphone, pada tahun 1998 sebanyak 17 ilmuwan independen terkemuka menandatangani resolusi yang dikenal dengan 1998 Vienna Resolution yang menyepakati tentang dampak-dampak negatif radiasi dari handphone dan stasiun pemancarnya terhadap kesehatan. Berbagai hasil riset  tentang dampak handphone diberbagai negara telah dikumpulkan oleh Consumer Association of Penang, Malaysia yang diantaranya :

1. Memanaskan otak dan kulit manusia
Inggris. Handphone dapat membuat panas otak sehingga mengganggu fungsinya. Sebuah kajian yang telah diterbitkan di Inggris tahun lalu, mengungkapkan tingkat paparan (exposure) gelombang dari handphone yang ditempelkan di dekat telinga atau bagian badan tertentu lebih besar daripada tingkat paparan dari stasiun handphone terhadap seluruh badan.

2. sakit kepala, pusing-pusing dan kehilangan konsentrasi
Swedia. Riset yang disponsori industri handphone terhadap 11.000 pengguna handphone 4 – 5 kali sehari menghadapi risiko 3,6 kali lebih besar terkena sakit kepala daripada pengguna handphone kurang dari dua kali sehari. Para pengguna juga menghadapi risiko 2,3 kali terkena pusing-pusing dan 5,4 kali terkena kehilangan konsentrasi dibanding bukan pengguna handphone. Orang-orang muda menghadapi risiko lebih besar, mereka yang berusia dibawah 30 tahun menghadapi risiko 3 – 4 kali lebih besar dibandingkan pengguna yang lebih tua.

3. Resiko terkena kanker dan tumor
Swedia. Penggunaan handphone meningkatkan resiko terkena tumor otak sebesar 2,5 kali. Anak-anak yang tulang tengkoraknya lebih tipis dan otaknya lebih kecil menghadapi risiko lebih besar.
Australia. Tikus percobaan yang terkena radiasi handphone selama 18 bulan, menghadapi tingkat risiko dua kali lipat terkena kanker.

4. Resiko bayi cacat
USA. Radiasi handphone juga dikaitkan dengan bahaya terhadap ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Sebuah studi menunjukkan bahwa radiasi handphone menyebabkan cacat pada embrio ayam.

            Oleh sebab itu, kita harus menggunakan handphone dngan lebih bijak karena dempak negatif yang ditimbulkan sangat banyak. Gunakan handphone seperlunya karena fungsi utama dari hanyalah sarana mempermudah kita menjalin komnukiasi. Hindari terlalu sering penggunaan handphone dan jauhkan dari anak-anak karena pengaruhnya yang lebih berbahaya terhadap anak-anak.




Daftar Pustaka:
Kamal, Yully Fitriah. 2013. Perkembangan Komunikasi (Handphone). http://yurikaiizumi.blogspot.co.id/. Diakses Tanggal 22 Maret 2017

Idayati, Ratna. 2011. Pengaruh Radiasi Handphone Terhadap Kesehatan. JURNAL KEDOKTERAN SYIAH KUALA Volume 11 Nomor 2 Agustus 2011. Diunduh tanggal 22 Maret 2017

Anonim. 2017. Penelitian Tentang Bahaya Radiasi Handphone. https://solusiobat.wordpress.com/artikel-quantum-pendant/penelitian-tentang-bahaya-radiasi-hp/. Diakses tanggal 22 Maret 2017

Admin. 2013. Pengertian dan Manfaat Gelombang Radio. http://ilmualam.net/dampak-manfaat-gelombang-radio.html. diakses tanggal 22 Maret 2017

Kumala, Resi. 2012. Dampak Penggunaan Handphone. http://resikumalasari-tp-unbara.blogspot.co.id/2012/11/dampak-penggunaan-handphone.html. Diakses tanggal 22 Maret 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.