.

Sabtu, 18 Maret 2017

Teknologi dan Sains di Indonesia

Seperti banyak negara berkembang lainnya, Indonesia belum dianggap sebagai negara yang terkemuka di dunia dalam perkembangan sains dan teknologi. Namun, sepanjang sejarahnya, ada prestasi penting, dan kontribusi yang dibuat oleh Indonesia untuk sains, dan teknologi. Saat ini, Kementerian Penelitian dan Teknologi adalah badan resmi yang bertanggung jawab atas sains, dan pengembangan teknologi di negara ini. Pada tahun 2010, pemerintah Indonesia telah mengalokasikan dana Rp. 1,9 triliun (sekitar $205 juta) atau kurang dari 1 persen dari total anggaran belanja negara untuk penelitian, dan pengembangan.

Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini.Karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan atau sains .Perkembangan teknologi dan sains memang sangat diperlukan

Perkembangan sains dengan perkembangan di bidang teknologi bisa dikatakan saling memiliki keterkaitan. Ada yang mengatakan bahwa perkembangan sains dan teknologi di Indonesia sudah mulai maju , karena Indonesia sudah sering membawa pulang medali-medali emas dan perak dari lomba sains dan fisika se-Asia maupun internasional .

Setiap inovasi diciptakan untuk memberi manfaat bagi kehidupan manusia, memberikan banyak kemudahan,serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia.Khusus dalam bidang teknologi ,masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini.Itu karena adanya kerja sama dan keseimbangan antara sains dan teknologi 
.Dampak perkembangan sains dan teknologi terhadap masyarakat Indonesia sangatlah  bermanfaat bagi kelangsungan hidup dan memajukan Indonesia.Seperti ,berkembangnya sarana perasarana umum, lebih mudah memperoleh informasi ,lebih cepat menempuh perjalanan dan lain-lain.Walaupun , perkembangan sains dan teknologi berdampak positif bagi masyarakat Indonesia tetapi dampak negatif bagi alam sangatlah buruk ,karena tanpa disadari manusia telah mengeksploitasi alam secara besar-besaran untuk meningkatkan perkembangan sains dan teknologi.

Dampak positi sains dan teknologi·         Informasi apapun dan dimanapun dapat diakses atau diketahui dengan mudah melalui internet.
·         Komunikasi susah tidak dapat dipisahkan dengan jarak.
·         Kemajuan ekonomi memiliki kemajuan yang pesat.
·         Mudahnya mengatur kegiatan ,keuangan atau apapun dalam hidup kita .
·         Meningkatkan rasa percaya diri.
·         Terbentuknya system pembelajaran yang lebih modern.

Dampak negatif sains dan teknologi·         Pemanfaatan teknologi internet untuk kejahatan masa kini.
·         Penyalahgunaan situs media penyebaran hal sara , porno, dan sejenisnya.
·         Kemerosotan moral masyarakat , khususnya di kalangan remaja.
·         Semakin mudahnya kebocoran rahasia.
·         Munculnya senjata baru yang dapat mengancam peradaban manusia.
·         Terorisme yang semakin banyak terjadi
      
Kemajuan yang pesat saat ini karena sains dan teknologi di berbagai bidang kehidupan manusia mungkin tidak akan terjadi bila tidak adanya keterkaitan dan keseimbngan antara sains dan teknologi.

Daftar Pustaka;
Zamroni,Mohammad.2009.Vol X, No 2, Juli-Desember 2009.Jurnal Perkembangan Teknologi Komunikasi dan dampak terhadap kehidupan . http://digilib.uin-suka.ac.id/8371/1/MOHAMMAD%20ZAMRONI%20PERKEMBANGAN%20TEKNOLOGI%20KOMUNIKASI%20DAN%20DAMPAKNYA%20TERHADAP%20KEHIDUPAN.pdf


Wikipedia.Sains dan Teknologi di Indonesia
https://id.wikipedia.org/wiki/Sains_dan_Teknologi_di_Indonesia

wordpress.2012.Sains dan Teknologi.
https://notonlypro39.wordpress.com/2012/08/22/sains-dan-teknologi/

Wordpress.2014.Perkembangan dan kemajuan teknologi.
https://beyarofat.wordpress.com/2014/06/19/perkembangan-dan-kemajuan-teknologi/

Kliktekno.2014.Sains dan Teknologi.
http://www.kliktekno.id/sains-dan-teknologi.html

Setiyadi,Aggir.2012.Perkembangan sains dan teknologi di Indonesia.
http://anggirsetiyadi.blogspot.co.id/2012/08/perkembangan-sains-dan-teknologi-di.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.