Virtual Reality Bagi Kehidupan
Dibuat Oleh D08-Adithya
Augmented Reality (AR) merupakan upaya
untuk menggabungkan dunia nyata dan dunia virtual secara real-time.
Sebuah objek nyata yang berfungsi sebagai penanda digunakan untuk penentuan
posisi objek virtual yang telah teridentifikasi oleh kamera. Augmented Reality
banyak digunakan diberbagai bidang yaitu
pendidikan, teknologi, game dll. Secara
sederhana AR bisa didefinisikan sebagai lingkungan nyata yang ditambahkan objek
virtual. Penggabungan objek nyata dan virtual dimungkinkan dengan teknologi display
yang sesuai, interaktivitas dimungkinkan melalui perangkat-perangkat input
tertentu.
AR merupakan
variasi dari Virtual Environments (VE), atau yang lebih dikenal dengan
istilah virtual Reality (VR). Teknologi VR membuat pengguna tergabung
dalam sebuah lingkungan virtual secara keseluruhan. Ketika tergabung dalam
lingkungan tersebut, pengguna tidak bisa melihat lingkungan nyata disekitarnya.
Sebaliknya, AR memungkinkan pengguna untuk melihat lingkungan nyata, dengan
objek virtual yang ditambahkan atau tergabung dengan lingkungan nyata. Tidak
seperti VR yang sepenuhnya menggantikan lingkungan nyata, AR sekedar menambahkan
atau melengkapi lingkungan nyata.
Tujuan utama
dari AR adalah untuk menciptakan lingkungan baru dengan menggabungkan interaktivitas
lingkungan nyata dan virtual sehingga pengguna merasa bahwa lingkungan yang diciptakan
adalah nyata. Dengan kata lain, pengguna merasa tidak ada perbedaan yang
dirasakan antara AR dengan apa yang mereka lihat/rasakan di lingkungan nyata.
Dengan bantuan teknologi AR (seperti visi komputasi dan pengenalan objek)
lingkungan nyata disekitar kita akan dapat berinteraksi dalam bentuk digital (virtual).
Informasi tentang objek dan lingkungan disekitar kita dapat ditambahkan kedalam
sistem AR yang kemudian informasi tersebut ditampilkan diatas layer dunia
nyata secara real-time seolaholah informasi tersebut adalah nyata. Informasi
yang ditampilkan oleh objek virtual membantu pengguna melaksanakan kegiatan-kegiatan
dalam dunia nyata. AR banyak digunakan dalam bidang-bidang seperti kesehatan,
militer, industry manufaktur dan juga telah diaplikasikan dalam
perangkat-perangkat yang digunakan orang banyak, seperti ada telepon genggam.
Manfaat VR sendiri dimanfaatkan oleh
salah satu perusahaan makanan asal amerika yaitu McDonald’s. Mereka membuat
iklan berjudul “Building a better McDonald’s, Just For You” dengan durasi
kurang lebih 1 menit 56 detik ini memiliki kesan iklan yang berbeda dengan
menggunakan teknologi VR. Sehingga kita bisa merasakan suasana berbeda di iklan
tersebut. Kamu dapat mengakses di chanel youtube McDonald’s.
Manfaat lain
yang dilansir oleh jalan tikus yaitu pemasaran tujuan wisata yang dikembangkan
oleh perusahaan transportasi penerbangan di Australia. Mereka merilis aplikasi
bernama Qantas VR, aplikasi tersebut dapat di download melalui appstore maupun
google playstore. Mereka menampilkan pemandangan lanskap Australia.
Aplikasi tersebut
dikembangkan oleh perusahaan virtual reality asal Australia, Start VR. CEO dan
Creative Director Start VR, Kain
Tietzel, mengatakan bahwa aplikasi ini membuka peluang baru
bagi calon wisatawan yang sedang mencari-cari informasi lebih tentang tujuan
wisata mereka.
Ada beberapa
headset VR yang memiliki harga yang relatif lebih murah dengan kualitas yang
tidak murahan tentunya. Ada 5 headset VR :
1. Google Cardboard dengan harga Rp 50.000
2. Google Cardboard Premium Edition dengan harga Rp 175.000
3. Coca-Cola VR, Coca-cola memberikan gratis VR dengan cukup membeli kemasan dus yang berisi 12 kaleng Coca-Cola kamu akan mendapatkan karton yang bisa diubah menjadi VR
4. Octogan VR Luna dibandrol dengan harga Rp 175.000
5. Samsung Gear VR dengan harga yang lebih tinggi yaitu sebesar Rp 1.499.000
1. Google Cardboard dengan harga Rp 50.000
2. Google Cardboard Premium Edition dengan harga Rp 175.000
3. Coca-Cola VR, Coca-cola memberikan gratis VR dengan cukup membeli kemasan dus yang berisi 12 kaleng Coca-Cola kamu akan mendapatkan karton yang bisa diubah menjadi VR
4. Octogan VR Luna dibandrol dengan harga Rp 175.000
5. Samsung Gear VR dengan harga yang lebih tinggi yaitu sebesar Rp 1.499.000
Selain dari
segi manfaat, terdapat beberapa dampak negatif dari penggunaan VR tersebut
seperti :
1. Kecanduan dan lupa waktu jika bermain game VR
2. Keamanan di daerah sekitar jika bermain di ruangan yang kecil dan bermain di ruang publik
3. Kesehatan mata akan terganggu
4. Terbawa sensai oleh dunia virtual dan akan menyebabkan dunia nyata menjadi lebih membosankan
5. Cyber sickness, yaitu jika diartikan adalah mabuk digital dimana ketidakseimbangan sistem sensorik antara indera 1 dengan indera lainnya.
1. Kecanduan dan lupa waktu jika bermain game VR
2. Keamanan di daerah sekitar jika bermain di ruangan yang kecil dan bermain di ruang publik
3. Kesehatan mata akan terganggu
4. Terbawa sensai oleh dunia virtual dan akan menyebabkan dunia nyata menjadi lebih membosankan
5. Cyber sickness, yaitu jika diartikan adalah mabuk digital dimana ketidakseimbangan sistem sensorik antara indera 1 dengan indera lainnya.
Daftar Pustaka
Indrawaty Youllia, Ichwan M, Putra
Wahyu. “MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF
PENGENALAN ANATOMI MANUSIA MENGGUNAKAN METODE AUGMENTED REALITY (AR)”. Jurnal
Informatik 2 Volume 4, lib.itenas.ac.id/kti/wp-content/uploads/2013/10/Jurnal-No.2-vol.4-4.pdf
Diunduh pada tanggal 25 Maret 2017.
Purwoko Aji Satria. 2017. Jangan
Berlebihan, Inilah Bahaya Penggunaan Headset VR. (Online). https://jalantikus.com/gadgets/bahaya-virtual-reality-berlebihan/ Diakses pada 25 Maret 2017
Fuller Daniel. 2016. McDonald’s Embraces
VR Advertising With New Video. (Online). https://www.androidheadlines.com/2016/11/mcdonalds-embraces-vr-advertising-new-video.html.
Diakses pada 25 Maret 2017.
Jaka. 2016. Biar Greget Eksplor Dulu
Tujuan Wisata Kamu Lewat Qantas VR. (Online). https://jalantikus.com/news/12877/qantas-virtual-reality/
Diakses pada 25 Maret 2017.
Kusnara Epi. 2016. 5 Headset VR (Virtual
Reality) Harga Kaki Lima dengan Kualitas Bintang Lima. (Online). https://jalantikus.com/gadgets/headset-vr-murah-terbaik/
Diakses pada 25 Maret 2017.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.